10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat

October 20, 2016

Untuk mengatasi masalah bau mulut cukup mudah, Anda hanya perlu menggosok gigi setiap kali mandi, dan berkumur saat menjelang tidur dan bangun tidur. Tetapi untuk lebih jelasnya mengei cara menghilangkan bau mulut, Anda dapat menyimak tips di bawah ini yang merupakan hasil rangkuman dari beberapa situs kesehatan yang terpercaya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut

Ilustrasi bau mulut

  1. Menggosok Gigi Dengan Rutin

Menggosok gigi dengan rutin adalah hal yang paling mendasar yang harus Anda lakukan sebagai cara menghilangkan bau mulut, setidaknya menggosok gigi dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Saat sedang menggosok gigi jangan terlalu agresif karena hal tersebut dapat menghancurkan enamal, sehingga membuat gigi Anda menjadi lebih rentan pada kerusakan.

  1. Jika Perlu, Menggunakan Benang Gigi

Setelah usai makan tentu ada banyak sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi yang akhirnya membentuk plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi adalah tempat yang sangat disukai oleh bakteri untuk bisa bertahan hidup di dalam mulut. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang pertama harus dilakukan tentu menggosok gigi dan jika perlj, Anda dapat menggunakan benang gigi lebih sering untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelil di sela-sela gigi.

  1. Menggunakan Obat Kumur Anti Bakteri

Setiap habis bangun tidur, usahakan untuk segera berkumur dengan menggunakan obat kumur anti bakteri selama beberapa detik. Karena kebiasaan dapat membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut Anda menjadi berkurang dan plak pun juga ikut berkurang saat Anda tidur.

  1. Mengangkat Kotoran Dan Bakteri Di Lidah

Tidak hanya pada karang gigi saja bakteri menempel, tetapi di lidah adalah tempat tinggal yang dianggap cocok oleh kumpulan bakteri. Secara tidak langsung, maka akan terbentuk lapisan pada lidah yang nantinya akan menimbulkan bau busuk karena bakteri tersebut.

Baca Juga  Waspadai Inilah Gejala Kanker Otak Priksa Sedini Mungkin Sebelum Terlambat

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggosok lidah dengan perlahan ke seluruh permukaan lidah. Apabila perlu, Anda bisa membeli alat khusus pembersih lidah yang sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama pada permukaan lidah.

cara mencegah bau mulu

cara mencegah bau mulu

  1. Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok 100% memang sangat sulit. Tetapi jika Anda tidak ingin orang-orang di sekitar menjauhi Anda karena bau napas, lebih baik memotivasi diri sendiri untuk mengurangi kebiasaan merokok dan nantinya kebiasaan tersebut dapat berhenti total. Jika Anda membutuhkan sedikit bantuan, Anda bisa membeli nikotin tempel yang dijual di apotek. Karena hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi keinginan merokok.

[xom-related]

  1. Ganti Permen Yang Manis Dengan Permen Karet Tanpa Gula

Setelah selesai makan malam, jangan mengkonsumsi permen manis. Karena hal ini akan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang akan berdampak pada timbulnya bau mulut. Sebaiknya, ganti permen manis dengan permen karet tanpa gula. Seperti yang dikatakan oleh salah satu dokter gigi terkemuka, bahwa permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan bau mulut dengan memberikan rangsangan pada produksi air liur menjadi lebih banyak.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih dapat menbuat mulut Anda menjadi terjaga dari masalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena kekurangan air liur di dalam mulut bisa menimbulkan bau tidak sedap. Maka dari itu, dalam sehari usahakan agar mulut Anda tidak kering, yaitu dengan cwra minum air putih yang banyak. Jika cara ini Anda rasa tidak berhasil, Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi seputar masalah yang sedang Anda alami.

  1. Waspada Pada Penyakit Gusi

Periodontal atau yang biasa disebut penyakit gusi sangat membantu dalam menimbulkan bau yang kurang enak dari mulut Anda. Hal ini terjadi karena pada dasarnya gigi atau gusi ada banyak bakteri yang tidak pernah dibersihkan. Jika keadaannya terbilang parah, Anda dapat mengunjungi periodontist, yaitu dokter yang secara khusus menangani pasien penyakit gusi.

  1. Bersihkan Kawat Gigi Secara Berkala

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini adalah khusus untuk Anda yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan medis, bukan karena mengikuti trend. Kawat gigi adalah alat penahan yang menempel pada gigi. Setiap kali menggosok gigi, alat ini harus dibersihkan secara menyeluruh dan pastikan agar semua celah serta bagian sudut sudah dibersihkan.

  1. Bertatap Muka Dengan Dokter

Jika Anda ingin benar-benar memiliki mulut yang sehat dan terhindar dari segal masalah, maka luangkan waktu 6 bulan sekali untuk bertatap muka dengan dokter spesialis gigi. Lalu minta kepada dokter tersebut untuk melakukan spa pada gigi Anda setidaknya dalam sebulan dua kali dilakukan.

Baca Juga  Angin Duduk - Penyebab, Gejala, Mencegah & Mengobati
Tags: , ,

Related to: 10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat