10 Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Gangguan Tiroid

February 5, 2016

Gangguan tiroid terjadi pada kelenjar tiroid yang ada di tubuh, letak dari kelenjar tiroid adalah dibagian bagian sekitar leher yang lebih tepatnya adalah dibagian bawah jakun.

Kelenjar tiroid berperan penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Di dalam dunia kedokteran gangguan pada tiroid dibagi bemjadi 2 tipe yaitu hipertiroid dan hipotiroid.

Kelenjar tiroid

Hipertiroid adalah dimana kondisi tubuh yang terlalu banyak memproduksi hormon tiroid, sedangkan hipotirod adalah dimana kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid.

Semua kerja dari hormon tersebut diatur oleh otak, jadi ketika kita kekurangan atau kelebihan hormon tiroid maka otak akan merangsang kinerja hormon tersebut untuk mengatur agar tetap seimbang.

Salah satu penyebab dari timbulnya gangguan yang terjadi di kelenjar tiroid adalah akibat pengaruh obat litium. Di bawah ini adalah gejal-gejala yang dirasakan bagi penderita gangguan kelenjar tiroid.

  1. Berat Badan yang Naik dan Turun Secara Derastis

Gejala yang dapat dikenali saat terjadi gangguan pada tiroid adalah terjadinya kenaikan dan turunnya berat badan secara derastis.

Berat badan naik dengan derastis itu menandakan bahwa kandungan hormon tiroid dalam tubuh rendah, sedangkan jika berat badan menurun dengan derastis itu menandakan kebalikan dari naiknya berat badan yaiti kandungan hormon tiroid yang semakin meningkat.

  1. Pembengkakan Dibagian Leher

Gejala ini mungkin bisa sedikit terlihat oleh mata karena tampak dibagian leher yang terjadi pembengkakan. Benjolan yang ada dibagian samping leher ini tumbuh karena adanya kelenjar tiroid yang meningkat dan membuat benjolan itu semakin membesar jika dibiarkan.

  1. Rambut Rontok
Baca Juga  Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Fase Penyembuhannya

Gejala awal yang sering terjadi adalah rambut pelahan akan mengalami kerontokan secara tiba-tiba. Gejala ini bisa dipastikan bahwa hormon tiroid yang ada di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Rambut rontok ini terjadi pada gejala hipertiroid dan juga hipotiroid. Maka dari itu setelah mengetahui rambut rontok seperti ini segeralah cepat untuk konsultasi ke dokter.

  1. Perubahan Mood

Berubahnya suasana hati yang terjadi pada gejala gangguan tiroid ini dapat kita amati dengan teliti dan juga energi tubuh yang semakin melemah.

Kebanyakan orang yang menderita gangguan tiroid mempunyai emosi yang berubah ubah. Pada penderita hipertiroid gejala yang timbul adalah tubuh merasa lemah, sedangkan hipotiroid adalah sering merasakan insomnia (gangguan tidur) dan juga sering merasa gelisah.

  1. Kedinginan atau Kepanasan

Pada penderita hipotiroid akan merasakan perubahan suhu tubuh yang menjadi dingin, sedangkan hipertiroid meraskan perubahan tubuh yang menjadi panas.

  1. Berbagai Masalah Pada Tubuh

Pada pendreita gangguan tiroid biasanya akan mengalami banyak masalah tubuh sepeti tangan dan kaki sering kesemutan, kulit menjadi kering, kuku berubah menjadi rapuh, dan tampaknya bagian kulit yang membengkak.

  1. Sering Merasa Lelah
Baca Juga  Menguak Fakta Gejala Awal Dan Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu

Bagi penderita gangguan tiroid kebanyakan sering merasakan kelelahan, padahal istirahat dan tidur setiap harinya sudah termasuk cukup. Saat siang hari lebih sering tidur siang bahkan tidur siangnya lebih dari satu kali dalam sehari.

  1. Siklus Menstruasi Terganggu

Bagi kaum wanita gejala yang dapat dirasakan dan paling menonjol adalah siklus menstruasi yang tidak teratur itu termaksud gejala hipertiroid sedangkan untuk gejala yang dialami penderita hipotiroid adalah menstruasi yang terjadi dan sangat menyakitkan bagi penderita.

  1. Masalah Pencernaan

Untuk gejala masalah pencernaan yang dialami hipotiroid adalah sering terjadinya sembelit yang berkepanjangan, sedangkan gejala pencernaan bagi penderita hipertiroid adalah sering merasakan diare.

  1. Nyeri yang Terjadi pada Bagian Otot dan Tulang

Sering merasakan nyeri yang terjadi pada otot maupun pada tulang walaupun tidak sedang melakukan aktivitas yang berat. Nyeri otot dan juga nyeri tulang di disebabkan karena ketidakseimbangannya tiroid dalam tubuh.

Itulah 10 Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Gangguan Tiroid, Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , ,

Related to: 10 Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Gangguan Tiroid