10 Makanan Penurun Kolesterol Untuk Menjaga Kesehatan

November 12, 2016

10 Makanan Penurun Kolesterol – Banyak sekali orang yang mempunyai kadar kolesterol melebihi normal yang sekarang ini sangat mudah sekali dijumpai.

Ini karena, masyarakat sekarang lebih menyukai makanan yang instan dan tentunya sering melakukan kebiasan buruk.

Contoh makanan yang dapat menyebabkan meningginya kadar kolesterol adalah makanan yang digoreng dan berlemak.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Sedangkan untuk kebiasaan buruk seperi merokok, meminum minuman keras, begadang dan masih banyak yang lainnya. Perlu anda ketahui kadar kolesterol yang tinggi merupakan cikal bakal dari penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, ketika seseorang telah memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka harus sesegera mungkin menurunkannya.

Buah Sehat

Buah Sehat

Terdapat 10 makanan penurun kolesterol yang cukup efektif. Beriku adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Blueberry

Sebuah penelitian mengatakan buah blueberry adalah buah yang ampuh dan sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk menurunkan kadar kolestelor yang paling efektif.

Di dalam buah blueberry banyak mengandung senyawa Petrostilbene. Senyawa ini dapat merangsang protein reseptor yang ada di dalam sel tubuh, senyawa ini berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dan lemak tubuh lainnya.

(Baca Juga : buah Penurun Kolesterol ini sudah terbukti menurunkan kolesterol berdasarkan penelitian )

Senyawa Petrostilbene ini terbukti sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol. Senyawa ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Ciprofibrate yaitu obat kimia yang berguna untuk menurunkan kolesterol yang cukup efektif.

Baca Juga  Tanaman Herbal Penurun Kolesterol Sebagai Alternatif Obat Kolesterol

Bedanya adalah blueberry bekerja bekerja lebih akurat dengan target reseptor sel hati. Lebih menguntungkan lagi buah blueberry tidak menimbulkan efek samping yang dihasilkan sementara Ciprofibrate menimbulkan efek samping yang dapat membuat penggunanya merasa nyeri oto dan mual.

Untuk mendapatkan khasiat buah blueberry secara optimal, sebaiknya buah blueberry ini dikonsumsi dalam keadaan segar. Pir dan strawberry juga memiliki kandungan khasiat yang hampir mirip dengan buah blueberry.

  1. Apel

Banyak penelitian mengatakan bahwa apel dianggap mempunyai banyak kandungan yang dapat menyehatkan tubuh.

Dari berbagai penelitian bahwa mengkonsumsi buah 2 buah apel setiap hari mampu menurunkan kadar LDL di dalam darah hingga 40%, lebih efektif dan lebih ampun dari pada obat-obatan yang mengandung polifenol.

Selain mampu menurunkan kadar LDL buah apel juga mengandung banyak beta glucan yang berkhasiat untuk mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh.

  1. Kacang Kedelai

Semua makanan yang berasal dari kacang kedelai, seperti tempe dan tahu ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dengan cukup baik.

Tidak hanya itu, kacang tersebut juga memiliki zat yang bernama isoflavon yang memiliki manfaat untuk menekan LDL agar tidak berkembang.

Penurun Kolesterol

Penurun Kolesterol

  1. Ikan Salmon

Ikan ini banyak mengandung asam lemak Omega 3 yang cukup bermanfaat untuk menurunkan atau mengurangi LDL dan trigiserida. Tidak hanya itu, asam lemak tersebut juga dapat meningkatkan kadar HDL.

  1. Alpukat
Baca Juga  10 Sumber Makanan Yang Mengandung Magnesium Tinggi

Buah hijau ini dapat meningkatkan kadar HDL karena mengandung lemak tak jenuh.

  1. Bawang Putih

Manfaat bawang tersebut untuk menurunkan kadar kolesterol sudah cukup terkenal sejak ribuan tahun silam. Selain itu, salah satu bumbu masakan tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan stamina.

  1. Bayam

Sayuran ini mengandung zat lutein yang dapat mencegah menempelanya lemak pada pembuluh darah, sehingga dapat menjaga serta melindungi kesehatan jantung.

  1. Teh

Minuman ini mengandung flavonoid yang sangat baik dalam mencegah oksidasi yang dapat mengakibatkan penimbunan LDL di dalam pembuluh darah.

  1. Cokelat

Seperti halnya teh, cokelat juga mengandung flavonoid. Akan tetapi hanya coklat murni atau coklat hitam yang berasa pahit saja yang cukup baik untuk menurunkan kadar LDL.

  1. Buah Zaitun

Kandungan hydroxytyrosol dalam buah ini dapat mengurangi kadar LDL, tetapi tidak mengurangi kadar HDL.

(Baca Juga : Manfaat Buah Nanas Sebagai Obat Dari Penyakit Berbahaya )

Itulah 10 makanan penurun kolesterol Semoga artikel ini dapat membantu anda bagi penderita kolesterol ataupun yang hanya sekedar menjaga kesehatannya saja

Tags: , , ,

Related to: 10 Makanan Penurun Kolesterol Untuk Menjaga Kesehatan