10 Manfaat Daun Kelor Cek Yuk Obat Herbal Dengan Sejuta Khasiat

August 23, 2016

Daun kelor adalah jenis daun yang tidak begitu familiar di telinga banyak orang. Daun ini juga belum begitu mudah untuk ditemukan di beberapa tempat. Biasanya, daun kelor tumbuh di tempat-tempat tertentu yang sengaja ditanam oleh orang yang suka dengan dunia hidroponik.

Manfaat Daun Kelor

Manfaat daun kelor

Daun kelor

Mengapa orang menyukai dunia hidroponik yang biasa menyiapkan tanaman ini masuk ke dalam daftar tumbuhan mereka? Jawabannya yaitu karena tanaman ini memiliki banyak manfaat yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan atau pengobatan. Daun yang memiliki warna hijau tua dan memiliki bentuk yang lebih kecil jika dibandingkan dengan daun lainnya yang memiliki berbagai kandungan zat yang Anda gunakan untuk kesehatan dalam tubuh.

Walaupun daun kelor kurang begitu familiar karena tidak banyak tumbuh diberbagai tempat, tetapi sebenarnya tanaman ini dapat dengan mudah untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan tanaman ini terbiasa tumbuh di tempat tropis.

Antioksidan Yang Terkandung

Di dalam daun kelor terdapat kandungan antioksidan yang mampu untuk membersihkan berbagai kotoran yang ada di dalam tubuh Anda. Kotoran yang disebabkan karena debu serta polusi udara pada perkotaan akan menimbulkan berbagai gejala gangguan pada kesehatan Anda yang tidak dapat disepelekan. Dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor tersebut dapat meminimalisir serta mencegah berbagai hal yang dapat menggangu kesehatan Anda.

Selain itu, kandungannya juga memiliki fungsi lain yaitu seperti menurunkan berat badan serta melancarkan sistem pencernaan. Lalu, apa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari daun kelor selain beberapa manfaat daun kelor di atas? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Teh Yang Menyehatkan

Manfaat daun kelor pertama yaitu sebagai teh yang menyehatkan. Sudah banyak yang mengetahui, bahwa daun kelor dapat menjadi minuman teh yang memberikan banyak manfaat. Beberapa kalangan mengatakan, bahwa minum teh daun kelor jauh lebih baik juga lebih segar dibandingkan mengkonsumsi daun kelor dalam kondisi yang masih segar. Ekstrak daun kelor mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dan, akan lebih baik jika daun tersebut dibuat sampai benar-benar kering agar bisa mendapatkan kandungan ekstrak daun yang lebih tinggi.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Selain itu, daun kelor juga berfungsi untuk melakukan rangsangan terhadap metabolisme sehingga mampu membakar kalori. Fungsi ini tentu sangat baik bagi Anda yang membutuhkan program diet terlalu mengeluarkan banyak biaya dan pastinya tidak mengandung bahan kimia. Maka dengan begitu, Anda tidak perlu cemas pada efek samping yang sering ditimbulkan dari dari banyak obat diet yang beredar di pasaran.

Baca Juga  Ternyata Inilah Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Sebagai Penambah Energi

Fungsi dari teh yang Anda minum tidak hanya baik untuk kesehatan saja. Tetapi memiliki fungsi lain untuk tubuh yaitu dapat memberikan energi tambahan bagi aktifitas keseharian Anda. Jika Anda ingin mencobanya, gantilah kebiasaan Anda meminum kopi di pagi hari dengan teh tubruk dalam bentuk sajian teh daun kelor.

Atau Anda juga bisa mencampurkannya dengan minuman lain sebagai jamu untuk menambah energi. Ini sangat baik untuk Anda yang memiliki aktifitas yang menguras energi. Dengan begitu, Anda pun bisa merasakan manfaat daun kelor sebagai penambah energi.

Sebagai Nutrisi Bagi Otak Dan Mata

Fakta terbaru mengatakan, bahwa nutrisi yang tersimpan di dalam daun kelor sangat baik untuk perkembangan sel saraf otak juga mata. Mungkin, selain membiasakan diri Anda untuk minum teh daun kelor pada pagi hari, Anda juga mulai membiasakan memberikan asupan daun kelor pada anak Anda. Sedangkan pendapat lain mengatakan, bahwa manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah mampu meningkatkan keakuratan dalam menentukan keputusan ketika mendesak.

Dapat Melancarkan Fungsi Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa daun kelor mampu membantu memberikan kesehatan pada Anda serta melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan, dapat membuat program kesehatan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan mengggunakan daun kelor sebagai bahannya secara rutin.

Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Rambut

Manfaat daun kelor selanjutnya yaitu dapat merangsang pertumbuhan rambut agar menjadu lebih lebat juga lebih sehat. Tidak hanya dapat memberikan rangsangan pada pertumbuhan rambut saja, tetapi juga dapat membuat rambut yang kering menjadi mengkilap. Jika Anda tidak menginginkan olahan daun kelor yang disajikan dalam bentuk makanan atau minuman, Anda dapat membuat daun kelor menjadi minyak rambut dengan beberapa cara tertentu untuk membuatnya.

Sebagai Pencegahan Penyakit Jantung

Kandungan yang tersimpan di dalam daun kelor sudah terbukti mampu memberikan pencegahan pada penyakit jantung. Diterbitkan pada studi hewan melalui laboratorium pada tahun 2009, kemudian di “Journal of Medicinal Food” yang menunjukkan, bahwa daun kelor dapat mencegah kerusakan pada jantung juga menghasilkan kandungan antioksidan.

Baca Juga  Manfaat Makan Telur Bagi Kesehatan

Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan dosis sebanyak 2000 mg perkilogram pada berat badan yang akan mengkonsumsinya dalam waktu jangka waktu 30 hari. Di dalam hal tersebut ditunjukkan, bahwa dapat memberikan perlindungan yang baik untuk jantung. Dengan demikian, maka kesimpulannya daun kelor mampu memberikan efek yang signifikan untuk kesehatan serta perawatan jantung. Sedangkan dalam kasus yang lebih lanjut penelitian terus dikembangkan demi kesehatan jantung manusia.

Sebagai Pencegahan Penyakit Kanker

Sudah jelas, bahwa daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker. Kondisi tubuh yang sering berinteraksi dengan daerah perkotaan yang kotot, tentu dapat menimbulkan berbagai resiko terkena kanker. Selain itu, sering mengkonsumsi junk food juga dapat mempengaruhi menumpuknya zat perusak kesehatan tubuh sehingga serangan kanker pun semakin mengancam seseorang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kandungan di dalam daun kelor mampu membunuh sel-sel penyebab kanker.

Sebagai Pencegahan Diabetes

Pada daun kelor terdapat kandungan seng dan mineral yang tinggi. Kandungan tersebut sangat diperlukan oleh penghasil insulin di dalam tubuh. Hal tersebut dijelaskan dalam penelitian di University La Crosse, bahwa dengan daun kelor dapat menyembuhkan penyakit diabetes yang signifika serta akurat.

Sebagai Penahan Rasa Sakit

penahan rasa sakit

Ilustrasi Ronaldo kesakitan

Seperti fungsi karbohidrat pada nasi, daun kelor juga dapat meminimalisir rasa nyeri dan sakit yang dialami oleh seseorang. Di dalam hasil penelitian yang terdapat pada “Journal of Chinese Integrative Medicine” mengatakan, bahwa hewan yang diberikan ekstrak daun dan akar kelor dapat meredakan tingkah laku kepekaan mereka pada rangsangan rasa sakit dan rematik di persendian.

Agara dapat mengkonsumsinya secara rutin dan mudah dalam penyediaannya, Anda bisa mencoba menyediakan tanaman ini pada pekarangan rumah Anda. Untuk menyediakannya, Anda cukup memetiknya pada bagian yang telah tuda yang berada di batang-batangnya. Dan pilihlah daun kelor yang berwarna hijau bukan putih.

Lalu diambil dan daun kelor kemudian dikeringkan dalam suhu kamar yang tidak berubah. Agar mendapatkan daun kelor yang bagus, disarankan agar tidak mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung.

Demikianlah ulasan mengenai 10 manfaat daun kelor, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tags: , , , , , ,

Related to: 10 Manfaat Daun Kelor Cek Yuk Obat Herbal Dengan Sejuta Khasiat