10 Tanda Ciri Ciri Memiliki Gizi Baik Di Tubuh

August 10, 2016

Hal yang paling penting dalam masa tumbuh kembang anak adalah asupan gizi yang cukup. Dengan terpenuhinya asupan gizi pada anak maka pertumbuhan fisik dan psikologi dari si anak akan sangat optimal. Anda bisa melihat sendiri perbedaan dari anak yang mendapat asupan gizi baik dan anak yang mengalami masalah kekurangan gizi. Jika anda penasaran apakah putra putri anda mendapatkan asupan gizi yang cukup maka 10 hal ini bisa menjadi indikator bagi anda tentang kecukupan gizi dari buah hati anda.

 Gizi baik

Tinggi badan dan berat badan ideal

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan gizi cukup maka pertumbuhannya akan optimal. Mereka akan memiliki tinggi dan berat badan yang ideal sesuai usianya. Konsultasikan pada dokter anak mengenai angka tinggi dan berat badan yang ideal.

Tubuh kuat dan otot padat

Indikator berikutnya adalah tubuh si anak yang kuat dan memiliki otot yang padat. Gizi yang cukup akan membuat tubuh dan ototnya berkembang lebih optimal dan kuat. Hal ini sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Kulit lembab dan sehat

Ciri seorang anak yang memiliki gizi cukup adalah kulitnya yang bersih, lembab dan sehat. Kulit yang seperti ini menandakan bahwa anak anda mendapatkan asupan vitamin A dan vitamin E yang cukup.  Berikan makanan yang bergizi tinggi seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian bagi anak anda agar mendapatkan asupan gizi yang baik pula.

Baca Juga  Gizi Buruk Anak Akibat Kelalaian Orang Tua Atau Pemerintah ?

Postur baik dan tegap

Indikator berikutnya bagi anak yang bergizi baik adalah memiliki postur tubuh yang baik dan tegap. Berikanlah anak anda makanan yang mengandung protein, kalsium dan vitamin D cukup banyak agar tubuhnya bisa tumbuh optimal dan sehat selalu.

Rambut hitam berkilau

Indikator berikutnya adalah rambut anak yang hitam dan berkilau. Nutrisi yang dikonsumsi oleh anak-anak ternyata akan sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut si anak. Jika nutrisi yang mereka dapatkan cukup baik maka rambut mereka pun akan tampak lebih cerah, hitam dan juga berkilau. Rambut kusam sendiri merupakan tanda bahwa anak kekurangan gizi yang cukup.

Selalu aktif dan ceria

Anak yang mendapatkan gizi cukup juga akan menjadi anak yang selalu aktif dan ceria. Mereka aktif dimanapun mereka berada, baik di rumah, sekolah ataupun saat bermain dengan teman-temannya. Anak yang mendapatkan gizi baik juga akan tumbuh menjadi anak yang ceria. Hal ini terkait dengan masalah anemia dan asupan zat besi. Anak yang mendapatkan gizi cukup tidak mudah lelah, letih dan lesu karena sel darah merahnya tak pernah dalam jumlah yang rendah.

Mata bening dan tidak kusam

Baca Juga  Dokter Indra Melanggar Hukum Polisi Sebut Karena Beli Vaksin Langsung dari "Sales"

Gizi yang cukup juga bisa dilihat dari kondisi mata si anak. Jika seorang anak memiliki mata yang sehat, bening dan terlihat selalu segar berarti anak tersebut mendapatkan asupan gizi yang cukup. Asupan yang paling berpengaruh untuk kesehatan mata adalah vitamin A.

Buang air besar lancar dan teratur

Tanda berikutnya adalah buang air besar yang lancar dan teratur. Kebutuhan serat dan air yang tercukupi akan membuat anak anda selalu buang air besar secara lancar dan teratur setiap harinya.

Tidur selalu nyenyak

Indikator berikutnya adalah anak akan mendapatkan tidur yang nyenyak setiap malamnya. Anak yang rewel setiap malam bisa saja karena anak tersebut tidak mendapatkan asupan gizi yang baik.

Nafsu makan tinggi

Anak yang memiliki gizi baik, nafsu makannya tinggi dan baik. Biasakan anak anda untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Nutrisi anak yang tercukupi akan membuat mereka memiliki nafsu makan yang tinggi dan baik.

Tags:

Related to: 10 Tanda Ciri Ciri Memiliki Gizi Baik Di Tubuh