10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

March 4, 2015

Terkadang kita sering saja lupa untuk menjaga kesehatan mata, padahal mata termasuk organ yang paling penting dari lima indera tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat betapa indahnya dunia dan wajah orang-orang disekitar kita. Untuk memastikan agar mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut 10 tips menjaga kesehatan mata untuk Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata adalah wortel. Wortel ini sarat dengan kandungan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Dimana beta karoten adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam

Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama dapat mengganggu kenyamanan mata anda bahkan bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Sebaiknya juga disarankan tidak memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Untuk mengatasai iritasi atau mata merah memang bisa dilakukan dengan meneteskan secukupnya obat tetes mata, akan tetapi jika berlebihan bisa benar-benar merusak kesehatan mata Anda.

Baca Juga  Ketahui 1000 Manfaat Jahe Alami

 

4. Gunakan mentimun

Anda bisa mencoba terapi mata menggunakan irisan mentimun. Gunakan irisan mentimun untuk mengkompres mata Anda. Letakkan diatas kelopak mata selama 10 menit menjelang tidur di malam hari untuk mencegah pembengkakan.

 

5. Kenakan kacamata pelindung UV

Kacamata pelindung UV dibutuhkan untuk menangkan paparan sinar matahari. Gunakan lensa terpolarisasi, bukan sekedar lensa gelap.

6. Hindari menatap komputer terlalu lama

Agar kesehatan mata Anda tetap terjaga, maka sangat disarankan untuk tidak terlalu lama berada di depan layar komputer karena akan membuat mata lelah. Lakukan jeda dan istirahat yang cukup selang waktu tertentu.

 

7. Pakai kacamata pelindung saat dibutuhkan

Ditempat-tempat tertentu pastikan Anda memakai kacamata pelindung seperti misal saat bekerja diarea dekat bahan kimia atau pada tempat yang banyak partikel udara berbahaya.

 

8. Hindari membaca dalam cahaya redup

Sangat penting untuk Anda perhatikan agar tidak membaca di ruangan dengan pencahayaan yang redup. Suasana demikian akan mnenyebabkan mata Anda tegang dan cepat lelah.

Baca Juga  6 Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin E Dan Mudah Di Dapat

 

9. Jangan menatap cahaya terlalu terang secara langsung

Menfokuskan penglihatan langsung pada  cahaya yang terlalu terang tidak baik untuk kesehatan mata, contohnya menatap langsung pada sinar matahari tanpa memakai kaca pelindung mata.

 

10. Lakukan olahraga mata dan buatlah agar mata Anda relaks.

Olahraga mata yang cukup sederhana bisa Anda coba dengan cara memfokuskan mata Anda pada objek yang dekat. Tutup mata anda denga kedua telapak tangan selama kurang lebih 10 detik lalu bukalah. Lakukan proses ini beberapa kali secukupnya.

Itulah 10 tips menjaga kesehatan mata. Ingatlah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jagalah mata Anda agar Anda dapat selalu mensyukuri keajaiban dunia. Semoga tips sederhana ini bermanfaat untuk Anda.

Tags:

Related to: 10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata