11 Cara Membersihkan Telinga Kotoran yang Berlebihan

August 2, 2016

Saat membersihkan kotoran di lubang telinga, ada beberapa hal 6ang harus diperhstikan. Menggunakan cotton bud adalah salah satu kebiasan kebanyakan orang yang digunakan dalam membersihkan telinga.

Perlu Anda ketahui, bahwa fungsi dari cotton bud sebenarnya untuk mengusir kotoran yang melekat di daun telinga juga di permukaan lubang telinga, bukan saluran lubang telinga yang berada di bagian dalam, karena hal tersebut malah berbahaya.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa kotoran telinga akan keluar secara alamiah ke arah luar. Tetapi, jika selama ini Anda menggunakan cotton bud untuk membantu mengeluarkan kotoran telinga biar bisa lebih cepat keluar, justru itu malah sebaliknya. Karena kotoran telinga akan terdorong ke dalam munuju arah gendang telinga. Bahaya serta dampak negatifnya yaitu terjadinya penumpukkan kotoran pada gendang telinga yang dapat mengurangi kemampuan Anda dalam mendengar.

membersihkan telinga

Maka dari itu, agar Anda tidak lagi salah dalam membersihkan telinga, sebaiknya Anda ikuti beberapa tips aman membersihkan kotoran pada telinga di bawah ini :

1. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki infeksi pada telinga
Berdasarkan beberapa literatur, jangan memaksa mengeluarkan kotoran di dalam telinga ketika megalami infeksi, karena itu sangat berbahaya. Agar dapat menghindari dampaknya, Anda tidak diperbolehkan membersihkan kotoran telinga seorang diri. Anda harus mengunjungi klinik THT untuk mendapatkan solusi terbaiknya.
Berikut gejala telinga yang mengalami infeksi atau masalah :

  • Mengalami demam.
  • Muntah atau diare.
  • Ada cairan kuning atau hijau di dalam telinga yang mengeluarkan bau.
  • Rasa nyeri pada telinga

2. Minyak Zaitun
Ada banyak manfaat dari minyak zaitun, baik untuk perawatan kulit hingga untuk kesehata tubuh. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran di telinga.

Minyak buah zaitun memiliki banyak kegunaan. Mulai dari perawatan kulit hingga kesehatan tubuh. Kabar baiknya, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran pada telinga.
Cara membersihkan telinga dengan minyak zaitun:

  • Tuangkan beberapa ml minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil.
  • Lalu selembar kapas dibentuk menjadi bulat, kemudian celupkan ke dalam minyak zaitun hangat.
  • Peras di atas mangkuk yang sama agar tidak menyimpam cairan yang berlebih.
  • Setelah itu tempelkan kapas tersebut di telinga Anda, tunggu hingga 15 menit dan keluarkan. Ulangi cara ini sampai kotoran di telinga Anda berkurang.

3. Baby Oil
Tidak disangka, ternyata baby oil memiliki banyak manfaat yang sangat membantu berbagai macam kebutuhan manusia (dewasa). Beberapa manfaatnya yaitu untuk menghilangkan make-up pada mata, membersihkan kuas make-up, membuat kulit menjadi lembab, membuat kuku menjadi berkilau dengam cara menghidrasinya, menata rambut yang mudah kering, membantu proses eksfoliasi, menghilanhkan tato kontemporer, serta untuk membersihkan kotoran telinga. Cara menggunkannya untuk membersihkan telinga sama seperti menggunakan minyak zaitun.

Baca Juga  Berikut ini adalah 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Dengan Alami

4. Cuka Putih dan Alkohol
Sediakan cuka putih dan alkohol atau isopropol 70%. Kemudian campur kedua bahan alami pembersih telinga tersebut ke dalam gelas atau ke dalam mug. Kedua cairan tersebut biasa digunakan oleh perenang untuk membersihkan telinganya yang mengalami infeksi pada liang telinga bagian luar karena sisa air yang terjebak di dalam telinga setelah berenang. Alkohol dapat membantu sisa air yang terperangkap tersebut menguap.
Cara pemakaiannya:

  • Bola kapas direndam di dalam mug atau gelas yang berisi campuran cuma dan alkohol.
  • Kemudian miringkan kepala Anda sesuai dengan sisi atau telinga yang akan dibersihkan.
  • Lalu dengan tenang peras bola kapas sampai larutan ciaran kedua bahan tersebut masuk ke dalam telinga Anda dengan bantuan gravitasi.
  • Tunggu hingga Anda dapat merasakan cairan cuka membasahi kotoran dan terasa hangat karena alkohol. Jika sudah, kepala Anda dimiringkan ke arah yang berlawanan dan biarkan sisa larutan tersebut keluar.

5. Larutan Garam
Pilihan terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga adalah garam sebagai cairan obat pembersih. Caranya yaitu larutkan garam dengan air secukupnya, lalu gunakan kapas untuk meneteskan cairan tersebut ke bagian telinga yang akan dibersihkan, jika proses pembersihan pada telinga yang pertama sudah selesai, ganti dengan telinga yang satunya yang akan dibersihkan.

6. Air Hangat
Jika Anda tidak ingin repot, Anda cukup menggunakan air hangat dengan meneteskannya ke dalam lubang telinga. Lakukan cara mebersihkan telingan dengan metode ini setelah mandi.

7. Minyak Kelapa
Cara menggunakan minyak kelapa di sini cukup unik. Karena Anda harus menuangkan minyak kelapa pada satu buah sendok, lalu panaskan sendok dengan api lilin. Tunggu hingga sendoknya menjadi agak hangat, kemudian celupkan bola kapas, peras agar minyak yang berlebih menghilang, lalu pasang kapas pada kedua telinga Ansa. Mekanisme pembersihan ini dapat terjadi karena panas yang diberikan minyak kelapa dapat merontokkan kotoran telinga.
8. Gliserin
Gkiserin ini merupakan cairan kental tidak berwarna yang terdapat rasa manis bila dicicip. Anda dapat langsung mempraktikkan resep rumahan dengan cairan ini. Cukup teteskan cairan gliserin ke dalam telinga sebanyak 2 hingga 3 kali, setelah itu gunakan kapas kecil untuk membersihkannya. Ulangi cara ini sampai telinga Anda bersih.
9. Cuka Apel
Cara menggunakan cuka apel untuk membersihkan telinga yaitu campurkan cuka apel dengan air hangat secukupnya. Kemudian bola kapas direndam hingga airnya menetes ke dalam telinga. Lalu biarkan cairan tersebut bekerja dengan sendirinya. Jika cara ini cukup efektif dan memberikan dampak positid pada telinga Anda, maka Anda dapat mengulangi proses ini.
10. Gunakan Ear Pick
Ear pick adalah salah satu produk pembersih telinga yang mudah digunakan. Selain untuk membersihkan telinga, ear pick juga dapat menghindari segala bahaya yang bisa saja timbul ketika sedang membersihkan telinga dengan menggunakan produk yang lain. Ear pick ini cocok digunakan untuk bayi, balita, maupun dewasa. Anda dapat membelo ear pick ear pick di apotek terdekat dan harganya cukup terjangkau.
11. Konsumsi Vitamin C
Serperti yang dilansir dari Wikihow, bahwa mengkonsumsi vitamin C dengan teratur dapat meminimalisir tumpukkan kotoran telinga dengan cara alami. Ini mungkin merupakan salah satu
cara internal untuk membersihkan telinga, untuk membuktikan cara ini efektif atau tidak, Anda dapat mencobanya sendiri.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Yang Wajib Diketahui

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Telinga

Saar membersihkan telinga, ada beberapa hal yang harus Anda hindari dan tidak boleh dilakukan.

  1. Jangan menggunakan benda runcing yang panjang untuk mengeluatkan cerumen dari dalam telinga.
  2. Dokter sudah melarang penggunaan cotton bud untuk mengorek cairan keringa di dalam telinga.
  3. Seperti yang disampaikan oleb FDA pada tahun 2010, jangan menggunakam treatment ear candling karena dapat menyebabkan telinga mengalami cedera yang serius.

Jika memang sudah banyak produksi cerumen yang terperangkap sehingga Anda menjadi kesulitan untuk mendengar, maka segera berkonsultasi dengan dokter THT.

Related to: 11 Cara Membersihkan Telinga Kotoran yang Berlebihan