11 Gejala Penyakit Ginjal Awal yang Harus di Ketahui

September 13, 2016

Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh yang termasuk sebagai alat eksresi. Ginjal berada di sebelah kiri dan kanan ruas tulang belakang di daerah rongga perut. Setiap manusia memiliki dua ginjal, yaitu berada di sebelah kiri yang lebih tinggi dari ginjal yang berada di sebelah kanan. Ginjal memiliki ukuran tidak lebih dari 10 cm, bentuk ginjal seperti kacang merah, jika bagian tengah dari kacang merah diiris maka bentuknya terlihat seperti sepasang ginjal.

Meskipun ginjal memiliki ukuran kecil, tetapi ginja memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan sisa metabolisme yang memicu terjadinya racun yang berbahaya bagi tubuh dalam bentuk urin.

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal

gejala Penyakit ginjal

Penyakit ginjal disebut juga silent killer atau pembunuh tanpa tanda, karen orang tidak mengalami gejala apapun sebelum terdeteksi. Namun, ada gejala yang bisa langsung dirasakan saat kondisinya sudah kroni dan kemungkinan untuk dapat pulih cukup sulit.

Oleh sebab itu, maka ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa gejala penyakit ginjal yang paling umum dialami oleh pasien sebelum dinyatakan positif terkena penyakit ginjal.

Kepala Pusing dan Sulit Untuk Konsentrasi

Panyakit ginjal dapat berpotensi anemia karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup, efeknya yaitu kepala menjadi pusing sehingga membuat otak sulit digunakan untuk berpikir. Bahkan, ada juga yang sampai hilang keseimbangan saat berjalan karena kondisi anemia yang dialami semakin parah

Perubahan Pada Urin

Gejala awal dari penyakit ginjal yang paling sering dialami oleh pasien yaitu terganggunya proses buang air kecil, seperti mengalami peningkatan atau penurun kadar urin yang dikeluarkan, terutama saat di malam hari. Selain itu, warna air seni pun terlihat gelap, dan saat proses mengeluarkan air urin atau air seni terasa sakit.

Baca Juga  3 Gejala Kanker Ginjal Yang ke 4 Mudah Terinfeksi

Gejala penyakit ginjal ini akan menjadi semakin parah oleh infeksi saluran kemih, seperti muncul rasa sakit atau seperti terbakar saat buang air kecil. Jika kerusakan ini sampai menjala ke ginjal, maka akan menyebabkan demam serta nyeri pada bagian punggung pasien.

Urin Bercampur Dengan Darah

Saat Anda buang air kecil dan melihat bercak darah yang bercampur dengan air seni, kemukinan besar itu adalah salah satu gejala penyakit ginjal yang harus diwaspadai.

Tubuh Merasakan Lelah dan Lemah Ekstrem

Kondisi ini berkaitan dengan poin di nomor satu, ginjal berpotensi anemia karena menghasilkan hormon yang bernama eritropoietin, dengan terciptanya hormon ini menyebabkan terjadinya penurunan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah membuat menjadi semakin lemah juga lelah dalam level yang ekstrem.

Terjadi Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Ginjal memiliki fungsi utama yaitu menciptakan sekaligus untuk mengeluarkan urin yang tersusun dari berbagai substansi seperti limbah serta cairan dari sisa metabolisme. Saat ginjal mengalami kerusakan, otomatis limbah serta cairan tersebut tidak berhasil untuk dikeluarkan. Efek sampingnya akan dirasakan oleh kaki, pergelangan kaki, dan wajah yang mengalami pembengkakan.

Tubuh Merasa Kedinginan

Walaupun hidup pada daerah tropis, membuat penderita penyakit ginjal tetap tubuhnya merasakan kedinginan. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari menurunnya kadar sel darah merah sehingga membuat tubuh menjadi demam di sepanjang waktu.

Timbul Rasa Gatal Yang Berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak berfungsinya ginjal dapat menyebabkan kotoran sisa metabolisme menumpuk, sehingga beberapa bagain tubuh mengalami pembengkakan. Selain itu, penumphkan kotoran dapat memberikan pengaruh buruk pada kulit, seperti timbul rasa gatal yang berlebihan dan jika terus digaruk akan menyebabkan luka atau pendarahan ringan.

Baca Juga  Penyakit Demam Berdarah - Ciri Ciri, Gejala dan Cara Mencegahnya

Mual dan Muntah

Penyakit ginjal disebut silent killer karena gejalanya yang sulit untuk diketahui, seperti mual dan muntah. Karena banyak sekali penyakit ringan yang memiliki gajela mual dan muntah, seperti penyakit maav juga vertigo. Sebenarnya, gejala ini juga merupakan gejala penyakit ginjal. Penyebabnya yaitu karena menumpuknya sampah di dalam darah yang tidak berhasil dikeluarkan oleh tubuh.

Sesak Napas

Ginjal yang tidak berfungsi membuat cairan masuk ke dalam paru-paru lewat darah. Sedangkan anemia merupakan dampak dari tidak cukupnya kandungan oksigen di dalam tubuh. Kedua penyebab ini mengakibatkan penderita menjadi kesulitan dalam mengatur napas.

Sakit Pada Bagian Pinggang

Pada daerah sekitar pinggang menjadi terasa sakit  Keadaan ini memiliki kaitan dengan penyakit batu ginjal. Meskipun terkadang penyakit batu ginjal tidak menghadirkan gejala, tetap saja kemungkinan besar pasien mengalami sakit pada bagkan pingga karena batu ginjal terjepit di dalam ureter. Pada mulanya rasa nyeri hanya sesekali saja, tetapi jika tidak diberikan penanganan medis akan berlangsung lama. Jika Anda mengalami hal ini, maka tidak ada salahnya untuk sedikit lebih waspada, bisa saja yang Anda alami adalah salah satu dari gejala penyakit ginjal.

Intersititial Cystitis

Intersititial Cystitis adalah peradangan kronia yant terjadi di dinding kantong kemih, yang menyebabkan timbulnya rasa sakit disertai dengan ketidaknyamanan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gejala penyakit ginjal, dengan mengetahui gejala dari penyakit ginjal tentu membuat kita menjadi lebih waspada lagi dan tidak mengabaikannya jika salah satu gejala tersebut dialami oleh tubuh Anda sendiri.

Tags: ,

Related to: 11 Gejala Penyakit Ginjal Awal yang Harus di Ketahui