11 Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh yang Wajib Untuk Anda Ketahui

December 26, 2015

11 Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh – Bagi umat muslim, puasa adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Puasa sendiri berarti menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa dari mulai terbitnya sampai tenggelamnya matahari.

Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh

Jenis puasa juga ada bermacam-macam, mulai dari puasa senin kamis, daud, rajab, serta Ramadhan. Diantara jenis-jenis puasa tersebut, hanya puasa Ramadhan yang merupakan puasa wajib, dan yang lainnya adalah puasa sunnah.

Selain merupakan bentuk ibadah, puasa ternyata juga memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Namun salah satu alasan puasa baik untuk kesehatan adalah karena ketika berpuasa organ pencernaan akan berhenti bekerja serta terhindar dari berbagai minuman serta makanan berbahaya yang sering kita konsumsi.

Selain itu, puasa juga masih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, untuk lebih mengetahuinya silahkan simak 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh berikut ini.

  1. Puasa mampu menenangkan pikiran

Ketika sedang berpuasa, kita juga diwajibkan untuk menahan emosi atau amarah. Karena hal tersebut bisa mengurangi pahala dari puasa itu sendiri.

Oleh sebab itu puasa akan berdampak bagi psikologis seseorang sehingga pikiran bisa menjadi lebih tenang dan terhindar dari stress yang bisa menimbulkan banyak penyakit.

  1. Puasa berdampak baik bagi kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang menjadi ancaman tersendiri bagi setiap orang yang tidak memperhatikan kesehatannya.

(Baca Juga: 9 manfaat jambu biji merah yang jarang diketahui )

Oleh sebab itu kita harus memperhatikan kesehatan jantung, salah satunya dengan berpuasa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Chronobiological, puasa dapat meningkat HDL atau kolesterol baik serta menurunkan LDL atau kolesterol jahat didalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit jantung dan stroke.

  1. Puasa menyehatkan ginjal
Baca Juga  Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat Meningkatkan Kekebalan

Ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh karena berfungsi sebagai penyaring berbagai zat beracun yang masuk ke dalam tubuh.

(Baca Juga : Agar Puasa Lancara Bagi Penderita Maag)

Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan ginjal semaksimal mungkin, salah satunya dengan cara berpuasa. Hal ini disebabkan karena ketika berpuasa konsumsi air bisa meningkatkan konsentrasi urin pada organ ginjal serta mampu meningkatkan osmosis pada urin.

Sehingga pada saat kondisi tertentu hal ini mampu melindungi kesehatan organ ginjal.

  1. Puasa mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Hal ini dapat terjadi karena berpuasa mampu meningkatkan limfosit dalam tubuh hingga mencapai 10 kali lipat. Peningkatan limfosit tersebut akan memiliki dampak yang signifikan terhadap sistem imun dalam tubuh.

  1. Puasa mampu mendetoksifikasi racun

Manfaat selanjutnya dari berpuasa yaitu mendetoksifikasi tubuh dari berbagai macam racun yang terdapat didalam tubuh. Ketika berpuasa, detoksifikasi akan terjadi pada hati, usus besar, paru-paru, ginjal, serta kulit dan akan dilepaskan melalui urin, keringat, dan juga faces.

  1. Puasa menyerap banyak nutrisi

Puasa menjadikan metabolisme tubuh semakin baik sehingga mampu menyerap nutrisi secara maksimal. Hal ini terjadi disebabkan oleh meningkatnya hormon adiponectin didalam tubuh

  1. Puasa mengurangi pola hidup tidak sehat

Ketika sedang tidak berpuasa tentu kita sering kali melakukan kebiasaan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya merokok.

Dengan puasa tentunya hal ini dapat dikurangi karena dari terbit hingga tenggelamnya matahari kita dilarang melakukan segala hal yang bisa membatalkan puasa tak terkecuali merokok.

  1. Puasa mengontrol berat badan
Baca Juga  Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Manfaat lainnya dari berpuasa yakni mampu menurunkan berat badan. Sehingga anda tidak perlu melakuak diet yang cukup ekstrem untuk menurunkan berat badan.

  1. Puasa mencegah diabetes

Puasa juga mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti halnya diabetes. Hal ini bisa terjadi karena selama puasa lemak dan kadar gula jauh lebih terkontrol bahkan dikurangi.

(Baca Juga : Inilah menu makanan sehat untuk penderita diabetes)

Sehingga bisa meningkatkan kesehatan tubuh seiring dengan seimbangnya kolesterol dan juga kadar gula.

  1. Puasa meningkatkan ketajaman dalam berfikir

Hal ini dapat terjadi karena ketika berpuasa akan terjadi peningkatan hormon endorfin. Hormon ini sendiri berperan penting bagi ketajaman berfikir seseorang.

  1. Puasa mampu mengatasi nyeri sendir

Manfaat yang terakhir dari puasa yakni mampu mengurangi rasa nyeri pada daerah persendian. Para peneliti menyimpulkan jika terdapat suatu kolerasi yang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sel penetral yang menjadi penyebab utama nyeri pada sendi.

(Baca Juga : Ramuan Obat penumbuh Rambut Tradisional)

Itulah 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh yang wajib untuk anda ketahui. Puasa akan memiliki banyak manfaat ketika dilakuakn dengan benar serta mengonsumsi makanan yang bergizi selama sahur dan berbuka puasa.

Tags: , ,

Related to: 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehata Tubuh yang Wajib Untuk Anda Ketahui