13 Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

October 18, 2016

Biasanya gejala penyakit maag ditandai dengan rasa nyeri pada bagian perut yang terasa sangat melilit secara terus menerus. Terkadang rasa nyeri karena maag sampat membuat perut menjadi terasa mual. Ketika maag sedang kambuh, rasa nyeri itu disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung yang drastis sehingga membuat Anda merasa ingin mual juga mengalami sakit pada bagian perut. Sakit maag ini dapat terjadi pada semua orang. Pada umumnya, penyebab sakit maag karena kebiasaan makan atau pola makan yang tidak teratur. Selain itu, memiliki kegiatan yang padat membuat orang-orang biasanya meremehkan jam makannya, karena terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk makan. Akhirnya membuat asam lambung menjadi naik dan lambung pun menjadi luka.

Cara Mengatasi Penyakit Maag

cara mengatasi maag

ilustrasi penyakit maag

Sebenarnya gejala dan penyebab penyakit maaf dapat Anda hindari, asalkan saja Anda makan dengan teratur. Jika Anda adalah seorang penderita maag dan ingin mengobati penyakit tersebut, maka Anda dapat mencoba beberapa cara alami dalam mengatasinya.

  1. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini sangat mudah ditemukan dan kunyit pun sering digunakan dalam berbagai jenis masakan Indonesia. Kandungan kurkumin yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit maag. Oleh sebab itu, ramuan sari yang terbuat dari kunyit dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara pengobatan alami dalam mengatasi penyakit maag. Anda cukup parut kunyit, lalu peras sarinya dan minum hingga sakit maag Anda sembuh.

  1. Pisang Raja

Tidak hanya pisang raja saja, sebenarnya semua jenis pisang adalah buah yang sangat baik untuk lambung, hanya saja jenis pisang raja yang memiliki kandungan pektin di dalamnya. Pektin sangat berguna untuk melindungi selaput lendir yang berada di dalam lambung. Sebagai cara alami, Anda hanya perlu mengkonsumsi pisang raja setiap hari sehingga lambung Anda menjadi lebih kebal dari luka yang terjadi karena naiknya asam lambung.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya di Indonesia sangat mudah untuk ditemukan. Karena tanaman lidah buaya dapat tumbuh di mana saja. Tanaman ini sangat dikenal sebagai bahan alami dalam menjaga keseharan rambut, tapi ternyata lidah buaya ini juga sangat baik sebagai bahan alami dalam mengatasi atah mengobati penyakit maag. Cara menggunakannya Anda hanya perlu merebus bagian lendir dari lidah buaya saja, setelah dimasak kemudian dinginkan dan minum airnya.

  1. Kacang Hijau
Baca Juga  Merasa Pusing Pada Saat Menstruasi inilah 3 Cara untuk Mengatasinya

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, contohnya bubur kacang hijau dan juga minuman sari kacang hijau. Ternyata kacang hijau ini adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag. Untuk menggunakannya sebagai obat maag, Anda dapat mengkonsumsinya sesuai dengan selera Anda seperti membuat kacang hijau menjadi bubur atau yang lainnya.

  1. Temulawak

Temulawak sama halnya dengan kunyit. Temulawak adalah salah satu rempah yang sangat baik untuk mengatasi sakit maag dengan cara alami. Cara membuatnya sebagai obat sakit maag yaitu temulawak dikupas terlebih dahulu, lalu mencucinya dan kemudian diiris tipis-tipis. Setelah mengirisnya tipis-tipis, temulawak lalu direbus menggunakan air sebanyak 2 gelas, tunggu sampai mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Rebusan temulawak itu yang harus Anda minum sebagai obat sakit maag.

  1. Biji Pala

Biji pala juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag dengan cara alami. Cara membuat biji pala sebagai obat maag yaitu yang pertama Anda butuhkan adalah biji pala yang sudah dibuat menjadi bubuk. Setelah itu seduh biji pala tersebut menggunakan air matang, kemudian tambahkan pisang lalu minum airnya.

cara mengatasi maag

Ilustrasi penyakit maag

  1. Daun Jambu Biji

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, ternyata daunnya pohon jambu biji pun bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit maag. Anda hanya perlu mengumpulkan 8 lembar daun jambu biji, kemudian direbus dengan air sebanyak 1,5 liter, saat sudah mendidih, lalu air rebusan tersebut dibagi menjadi 3 untuk diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Daun Salam

Daun salam adalah cara alami yang bisa Anda gunakan dalam mengobati sakit maag. Daun salam ini selalu digunakan di berbagai masakan, sehingga mudah didapatkan. Cara menggunakannya yaitu rebus daun salam sebanyak 20 lembar dengan 1,5 liter air, lalu minumlah air rebusan daun salam setiap hari sampai sakit maag Anda sudah tidak terasa sakit lagi.

  1. Daun Keji Beling

Obat tradisional lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit maag adalah daun keji beling. Caranya yaitu rebus 3 lembar daun keji beling dengan 2 gelas air hingga matang, kemudian minumlah air rebusan tersebut untuk mengobati sakit maag.

  1. Daun Alpukat Kering
Baca Juga  Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Menurut Dunia Medis

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda menderita sakit maag, Anda bisa menggunakan daun alpukat yang kering sebagai obat alami mengobati sakit maag. Caranya yaitu cuci daun alpukat yang telah kering dengan menggunakan air matang, kemudian minum airnya setiap hari.

  1. Jahe

Kita sudah mengetahui, bahwa jahe memiliki banyak manfaat hang baik untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah dapat digunakan untuk mengobati sakit maag dengan cara yang alami. Caranya cukup Anda minum wedang jahe yang masih hangat setiap hari. Seiring waktu berjalan, Anda akan merasakan sakit maag yang Anda derita mulai berkurang. Selain itu, jika sakit maag tidak segera diatasi sangat berbahaya karena akan membuat asam lambung mengalami kenaikan yang berlebihan.

  1. Jeruk Nipis

Banyak orang yang beranggapan, bahwa orang yang menderita sakit maag harus menghindari konsumsi makanan yang memiliki rasa asam, karena hal tersebut akan menyebabkan asam lambung menjadi naik. Tetapi, jika Anda mencampurkan madu dengan perasan air jeruk nipis dalam segelas air hangat, karena hal tersebut biaa menjadi salah satj pengobatan tradisional dalam mengatasi penyakit maag.

  1. Susu Kambing

Untuk mengatasi sakit maag selanjutnya, Anda bisa menggunakan susu kambing. Meskipun susu kambing tidak memiliki kandungan protein seperti susu sapi pada umumnya, tapi susu kambing mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan lambung, maka tidak ada salahnya Anda mencoba susu kambing untuk mengobati sakit maag yang Anda derita. Cukup minum susu kambing setiap hari, luka pada lambung Anda bisa disembuhkan secara total dengan cara yang alami. Selain itu, Anda juga bisa sembuh tanpa mengalami efek samping apapun karena bahan alami memiliki kandungan yang alami juga aman sebagai pengobatan alternatif.

Tags: ,

Related to: 13 Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi