15 Cara Menghilangkan Bau Badan : Berikut ini Cara Ampuh Agar Tidak Kembali Lagi

September 27, 2016

Bau badan yaitu bau yang tidak sedap yang berasal dari lepitan ketiak. Menurut medis bau badan disebabkan karena adanya bakteri atau kuman walaupun persentasenya hanya 1%. Protein akan dipecahkan oleh bakteri tersebut sehingga menjadi asam yang memiliki bau yang tidak sedap.

Bau badan adalah masalah klasik yang sering kali dikeluhkan oleh sebagian orang. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu stress dengan masalah bau badan, karena menurut salah satu dokter mengatakan, bahwa tekanan emosi dapat memicu bau badan menjadi semakin tidak sedap. Pada saat tejadi tekanan emosi, akan menghasilkan lebih banyak keringat.

Cara Menghilangkan Bau Badan

ramuan obat bau badan

Hasil ramuan obat bau badan

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cepat.

  1. Sehari Mandi Dua Kali

Mandi dua kali dalam sehari adalah hal yang paling utama yang harus Anda lakukan jika ingin bau badan benar-benar menghilang. Karena dengan mandi, semua keringat atau bakteri yang melekat di tubuh dapat hilang, tubuh Anda juga menjadi lebih bersih dan segar kembali. Setidaknya dengan mandi dua kali dalam sehari, lama kelamaan bau badan pasti akan menghilang.

  1. Gunakan deodorant atau antiperspirant

Saat ini kedua jenis produk ini tengah ramai menjadi pilihan produk untuk mengatasi masalah keringat. Walaupun terkesan sama, sebenarnya fungsi kedua produk ini berbeda. Konsumen banyak yang tidak menyadari dan bahkan tidak mengetahuinya secara benar mengenai produk yang digunakan apakah benar-benar membantu atau tidak.

Penggunaan deodorant adalah untuk mencegah bau badan, dan tidak bisa membantu mengurangi keluarnya keringat. Sedangkan antiperspirant adalah produk yang dapat menghambat keluarnya keringat yang berlebih. Jika Anda ingin memilih salah satu produk, disarankan untuk memilih dan menggunakan deodorant saja. Karena antiperspirant adalah produk yang memiliki resiko tinggi pada terjadinya peradangan dj kulit dan dapat memperburuk kondisi seperti munculnya masalah biang keringat.

  1. Menghindari makanan penyebab bau

Jika Anda tidak ingin dihantui bau badan dalam keseharian, segera atasi dengan membatasi konsumsi yang menyebabkan bau seperti di bawah ini.

  • Rempah-rempah

Jenis rempah yang dapat mengeluarkan aroma bau keringat yang menyengat adalah bawang merah, bawang putih, juga bumbu kari.

  • Daging merah

Untuk mencerna daging merah, usus membutuhkan waktu beberapa jam bahkan bisa satu hari untuk mencernanya. Saat terjadinya proses pencernaan yang berlangsung lama, pasti akan menyisakan makanan sehingga menghasilkan racun dan gas yang berbau busuk yang siap dilepaskan menjadi keringat dengan bau yang tidak sedap.

  1. Alkohol dan kafein

Ketika menghabiskan waktu bersantai di malam hari, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan ngopi atau ngeteh. Dalam hal ini, banyak orang yang tidak menyadari bahwa bau badan disebabkan oleh kedua minuman tersebut. Jika Anda ingin terbebas dari masalah bau badan, sebaiknya batasi konsumsi minuman yang di dalamnya memiliki banyak kandungan kafein dan alkohol. Tapi, bagaimanapun juga jangan jauhkan minum kopi karena manfaatnya pun harus diperhatikan.

  1. Makanan olahan dan cepat saji

Walaupun banyak makanan olahan dan cepat saji memiliki cita rasa yang nikmat, tetap saja tubuh tidak dapat meresponnya dengan kurang baik. Ada banyak jenis makanan olahan dan cepat saji yang membusuk di dalam perut karena disebabkan oleh bahan penyusunnya. Otomatis akan membuat napas dan keringat menjadi bau.

  1. Tembakau

Apakah Anda suka merokok? Jangan heran jika Anda diterpa oleh masalah klasik ini. Bau badan lebih mudah hadir pada seorang perokok. Hal ini disebabkan karena asap rokok yang terkontaminasi dengan unsur lainnya akan keluar melalui kelenjar keringat yang baunya tidak sedap. Bau ini akan tetap ada pada tubuh hingga beberapa minggu ke depan, walaupun Anda sudab berhenti merokok beberapa hari, minggu, maupun bulan.

  1. Perbanyak menhkonsumsi buah dan sayuran segar

Makanan yang memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral adalah buah juga sayuran, di mana buah dan sayuran dapat membantu mengurangi bau badan. Beberapa jenis buah segar yang dapat Anda coba adalah apel, jeruk, pir, melon, dan pisang.

  1. Menggunakan Daun Sirih

    Menghilangkan bau badan dengan daun sirih

    obat bau badan dengan daun sirih

Banyak orang yang telah mencoba mencegah dan menghilangkan bau badan dengan menggunakan daun sirih, dan upaya mereka berhasil.

Jika Anda tertarik ingin mencoba salah satu metode alami ini, berikut caranya :

  • Siapkan beberapa lembar daun sirih, dibersihkan lalu tumbuk sampai halus.
  • Kemudian hasil tumbukkan daun sirih digosokkan pada kulit ketiak sebelum mandi, dan biarkan selama 10 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air.

Pilihan yang lainnya Anda juga dapat merebus senggenggam daun sirih, kemudian airnya diminum secara rutin setiap hari. Dalam sehari cukup minum satu gelas saja.

6 . Menggunakan Cuka Putih

Jika tanggapan Anda pada cuka putih yang rasanya asam dan membuat keringat menjadi bertambah bau, mungkin tanggapan Anda ini perlu dibuktikan.

Memang benar adanya, cuka putih itu asam. Namun sebenarnya itu tidak mempengaruhi keringat yang keluar. Jika Anda kurang senang dengan metode ini, Anda mencoba cara yang lain.

Bila Anda penasaran dengan metode ini, berikut cara menggunakannya :

Metode 1 :

  • Tuangkan cuka putih sedikit saja pada kapas.
  • Lalu oleskan pada ketiak yang kering

Metode 2 :

  • Teteskan sedikit cuka putih secara langsung pada lempitan tubuh yang merupakan sumber bau, seperti lipatan ketiak, bawah lutut, dan lain sebagainya.
  1. Daun kemangi

Nama daun kemangi sudah tidak asing lagi, baik bentuknya, bahkan rasa daun kemangi yang biasa dijadikan sebagai lalapan pada beberapa jenis makanan, seperti pecel ayam atau pecel lele.

Manfaat daun kemangi di sini dapat Anda gunakan untuk membantu menghilangkan bau badan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi beberapa lembar daun kemangi yang segar setiap hari.

  1. Menggunakan Mentimun

Mentimun atau ketimun juga biasa dijadikan sebagai lalapan. Mentimun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membuat wajah menjadi lebih bersih juga dalam mengatasi bau keringat yang tidak sedap.

Berikut cara penggunaannya :

  • Siapkan 1 buah mentimun, lalu dipotong menjadi beberapa bagian.
  • Kemudian tempelkan atau gosokkan dengan lembut potongan mentimun tersebut pasa kulit ketiak setelah mandi
  • Selain itu, mentimun bisa juga dijadikan krim kental yang dicampur dengan madu. Tetapi ini untuk memutihkan kulit ketiak.
  1. Daun beluntas

Seperti halnya daun kemangi. Daun beluntas juga biasa dijadikan sebagai lalapan, atau dapat dikonsumsi dengan rutin saat keseharian Anda menjadi terganggu karena masalah bau badan.

10 . Jeruk nipis

Menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis

obat bau badan dengan jeruk nipis

Berikut ini adalah cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan jeruk nipis.

  • Siapakan 2 buah jeruk nipis, kemudian diperas dan airnya ditampung dalam mangkuk kecil.
  • Lalu taburkan kapur sirih pada air perasan jeruk nipis di dalam mangkuk, aduk dengan rata.
  • Setelah itu oleskanlah pada kulit ketiak juga pada bagian lepitan kulit yang merupakan sumber bau lainnya sehabis mandi pagi dan sore. Bersihkan ketiak menggunakan air dingin.
  1. Cengkih

Cengkeh direndam pada air biasa, lalu gunakan air rendaman tersebut untuk mengoles ke seluruh daerah yang merupakan sumber bau badan. Apabila Anda ingin mencoba jenis perawatan ini, untuk merendam cengkeh gunakan air matang. Kemudian tambahkan sedikit gula sebelum diminum.

  1. Jahe

Anda dapat membuat wedang jahe dan meminumnya setiap malam. Jahe memiliki banyak manfaat, yaitu dapat menghangatkan tubuh, pusing jadi hilang, dan bau badan menjadi berkurang.

  1. Kecombrang

Gunakan bunga kuncup tanaman kecombrang dengan mengoleskannya pada kulit ketiak, lipatan lengan, lipatan bawah lutut, dan jika perlu bagian leher juga dioleskan. Diamkan selama 10 menit, kemudian lap dengan menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi.

Oleskan bunga kuncup tanaman kecombrang pada kulit ketiak, lipatan bawah lutut, lipatan lengan, dan leher (kalau perlu). Setelah 10 menit, lap dengan kain bersih yang sudah dibasahi.

  1. Sesuaikan pakaian

Sudah pasti keringat yang keluar menempel pada pakaian yang Anda gunakan. Pakaian tersebut bisa jadi sebagai sumber utama penyebab baun badan yang selama ini Anda alami. Oleb sebab itu, maka gunakan bahan yang nyaman juga dapat menyerap keringat dengan baik pula. Karena kita berada di Indonesi yang memiliki iklim tropis, sebaiknya gunakan bahan katun dan hindaei menggunakan pakaian yang sempit dan berbahan fiber sintetis atau barbahan polyester.

  1. Laser

Jika Anda merasa semua upaya sudah dijalankan, tetapi hasilnya belum terasa sama sekali atau masih nihil, maka Anda dapat melakukan pengobatan laser dengan dokter yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini. Tujuan utama dari tindakan pengobatan ini yaitu membunuh bakteri yang menyebabkan terjadinya bau badan.

Dalam melakukan beberapa cara di atas untuk menghilangkan bau badan, ketika Anda sedang beraktifitas gunakan parfum oles atau semprot untuk membantu melenyapkan bau badan. Pilihlah bau parfhm yang disukai oleh semua orang, agar Anda tidak dikatakan norak atau lain sebagainya.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Permanen
Tags:

Related to: 15 Cara Menghilangkan Bau Badan : Berikut ini Cara Ampuh Agar Tidak Kembali Lagi