17 Efek Samping Fluoride yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

February 16, 2016

Setiap orang tentunya sudah sangat akrab dengan kata “fluoride”. Unsur kimia ini ditemukan pada hampir setiap merek pasta gigi dan obat kumur karena dipercaya efektif menjaga kesehatan gigi. Selain ditambahkan ke dalam pasta gigi, fluoride juga seringkali dicampurkan ke dalam air minum publik. Fluoride juga diminum untuk mengobati osteoforosis dan mencegah tulang keropos pada penderita rheumatoid arthritis dan penyakit Crohn.
17 Efek Samping Fluoride yang Mungkin Tidak Anda Ketahui
Fluoride membantu melindungi gigi dengan menghentikan atau bahkan membalikkan proses kerusakan gigi. Hal ini membuat enamel gigi kuat dan solid. Lubang gigi disebabkan oleh bakteri tertentu dalam mulut. Ketika seseorang makan gula dan karbohidrat olahan lainnya, bakteri ini memproduksi asam yang menghilangkan mineral dari permukaan gigi. Fluoride membantu memineralisasi kembali permukaan gigi dan mencegah terbentuknya gigi berlubang.

Dibalik manfaatnya menjaga kesehatan gigi, ternyata fluoruide memiliki banyak efek samping yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Lebih dari seratus penelitian memaparkan dampak negatif unsur kimia ini terhadap berbagai jaringan tubuh.  Berdasarkan hasil penelitian, fluoride termasuk disruptor endokrin— bahan kimia yang dapat mengganggu kerja sistem endokrin tubuh— yang bisa membawa dampak negatif terhadap tulang, otak, kelenjar tiroid, kelenjar pineal, dan level gula darah.

Di samping itu, lebih dari 40 studi menunjukkan bahwa fluoride berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan. Berikut tujuh belas masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh fluoride:

Baca Juga  Langkah - langkah mengobati penyakit jantung secara alami
  • Meningkatkan penyerapan lead
  • Mengganggu sintesis kolagen
  • Hiperaktif
  • Gangguan otot
  • Penyakit tiroid
  • Arthritis
  • Demensia
  • Patah tulang
  • Fungsi tiroid rendah
  • Kanker tulang (osteosarkoma)
  • Menonaktifkan 62 enzim dan menghambat pembentukan pada lebih dari 100 enzim tubuh
  • Menghambat pembentukan antibodi
  • Kerusakan genetik dan kematian sel
  • Meningkatnya risiko tumor dan kanker
  • Mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh
  • Merusak sperma dan meningkatkan infertilitas
  • Memicu kerusakan otak

Tidak hanya itu, fluoride yang berlebihan, misalnya ketika ditambahkan ke dalam air minum publik dalam kadar di atas 1,2 miligram per liternya, bisa menimbulkan lubang pada enamel gigi, penumpukan fluoride dalam tulang, sementara paparan fluoride dalam kadar 2 hingga 10 mg per hari bisa menyebabkan fluorosis pemicu lumpuh pada tulang, disertai sakit perut, mual, muntah, kejang dan kejang otot. Dan fluoride yang berlebihan pada anak-anak bisa mengakibatkan fluorosis gigi. Fluorosis gigi adalah perubahan dalam penampilan enamel gigi. Hal ini dapat terjadi ketika anak-anak secara teratur mengkonsumsi fluoride dalam jumlah yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan selama masa pertumbuhan gigi, usia 8 atau lebih muda. Fluorosis gigi dalam bentuk yang parah, yang kurang umum, menyebabkan perubahan enamel yang lebih luas, dan bahkan bisa menyebabkan lubang di gigi.

Baca Juga  Penyebab Sakit Kepala dan Daftar Obat Sakit Kepala

Selain itu, paparan fluoride dalam kadar tinggi bisa membahayakan tubuh, menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diobati. Sedangkan toksisitas (keracunan) fluoride bisa menyebabkan gejala seperti kekurangan gizi, penyakit ginjal dan diabetes. Masih banyak lagi efek negatif dari fluoride yang diekspos oleh berbagai riset kesehatan dan lingkungan dan dipublikasikan pada situs-situs kesehatan ternama semisal The Center for Disease Control and  Preventions dan The EPA’s National Health and Environmental Effects Laboratory.
 
Untuk mengingatkan bahaya paparan fluoride yang berlebihan, organisasi kesehatan dunia sudah mulai mengkampanyekan penghentian penggunaan fluoride dan memasukkan unsur kimia ini ke dalam daftar bahan kimia yang secara ilmiah terbukti dapat merusak perkembangan saraf dan bisa bersifat racun. Jadi, kami pun menyarankan Anda untuk lebih berhati-hati memilih pasta gigi ataupun air minum. Pastikan Anda bebas dari risiko toksisitas fluoride.

Tags: ,

Related to: 17 Efek Samping Fluoride yang Mungkin Tidak Anda Ketahui