19 Obat Untuk Mengobati Gusi Bengkak Secara Tradisional

October 24, 2016

Gusi bengkak merupakan salah satu penyakit yang terjadi di dalam mulut dan membuat pederitanya menjadi tersiksa karena merasakan denyut yang menyakitkan dari gusi yang mengalami peradangan hingga terasa sampai di kepala. Gusi bengkak dapat menyebabkan sakit gigi, hal ini disebabkan karena gusi merupakan jaringan kokoh yang menempel pada bagian bawah gigi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

gusi bengkak

Dalam menangani penyakit gusi bengkak harus tepat. Berikut ini adalah rekomendasi dari para ahli untuk meredakan rasa sakit karena gusi bengkak.

  • Untuk membersihkan gigi, gusi, dan rongga mulut dari bakteri dengan menggunakan obat kumur yang dibuat sendiri yaitu larutan garam pada air hangat.
  • Basahi ronggo mulut dengan cara minum air yang bangak, tujuan utamanya yaitu untuk membantu merangsang pembuatan air liur guna membunuh bakteri yang menyebabkan gusi bengkak.
  • Menggosok gigi dengan cara yang tepat dan benar agar tidak terjadi iritasi pada gusi.
  • Menghindari penggunaan obat kumur dengan zat yang dapat membuat gusi bengkak parah.
  • Mengehntikan kebiasaan menghisap rokok karena tembakau dapat membuat kondisi ini menjadi buruk, saat gusi masih dalam keadaan bengkak juga janga minum alkohol.
  • Lakukan pijatan secara perlahan pada gusi adalah alternatif paling mudah.
  • Yang terakhir, kompres menggunakan kain yang sudah dicelupkan dalam air hangat pada bagian terluar gusi (pipi) untuk meringankan rasa sakit pada gusi.

Obat Gusi Bengkak

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa memgkonsumsi obat gusi bengkak yang biasa diberikan oleh dokter, seperti berikut ini.

Obat penghilang rasa sakit

  • Yang pertama, Anda dapat minum obat untuk meredakan serta menghilangkan rasa sakit yang terjadi karena gusi bengkak, yaitu analgesik yang mudah ditemukan, contohnya adalah metampiron (antalgin), libuprofen, dan asam mefenamat.
  • Antibiotik berfungsi untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi gusi, Anda dapat minum sesuai saran yang diberikan dokter.
  • Obat antiradang dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada gusi bengkak serta area lain di dalam mulut. Sebelum mengkonsumsi obat ini, sesuaikan terlebih dahulu dengan perunjuk dari dokter.
Baca Juga  Obat Sakit Gigi Dengan Bahan-Bahan Tradisional

Apabila Anda tertarik dengan menggunakan cara tradisional sebagai obat gusi bengkak, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

  • Bayam Duri

Cara menggunakan : Tanaman bayam duri dibakar dengan menggunakan alas dari genteng, lalu setelah itu ditumbuk sampai halus. Kemudian dioleskan pada gusi yang sakit.

  • Asam Jawa (Untuk Menghilangkan Karang Gigi Penyebab Gusi Bengkak)

Bahan yang digunakan : Biji asam jawa (secukupnya).

Cara membuat obat gusi bengkak : Bahan disangrai selama beberapa menit, setelah itu ditumbuk sampai hancur juga halus. Kemudian gosokkan pada gigi yang dilapisi oleh karang menggunakan kain atau sikat gigi.

  • Kulit Andong

Bahan yang digunakan : Kulit andong dan garam secukupnya saja.

Cara membuatnya : Kulit andong dibersihkan dengan air, lalu dikupas dan ditambahkan sedikit haram. Kemudian ramuan diaduk, setelah itu obat gusi bengkak dioleskan pada tempat yang terasa sakit.

  • Krokot

Bahan yang digunakan : Tanaman krokot sebanyak 200 gram dan air 3 gelas.

Cara mengobati : Kulit krokot dicuci, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Lalu tunggu sampai dingin dan minum obat gusi bengkak hingga habis.

  • Gambir

Bahan yang digunakan : 3 potong gambir, 1/2 jari empu kunyit, dan 2 gelas air matang.

Baca Juga  Kenali Apa Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak Sedini Mungkin

Cara meracik obat gusi bengkak : Gambir dan empu kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Kemudian direbus ke dalam panci yang sudah terisi 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Setelah itu air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur setelah hangat. Metode pengobatan ini dilakukan 3-4 kali dalam satu hari.

 Cara Mencegah Gusi Bengkak (Lagi)

Obat gusi bengkak

gusi bengkak

  • Rajin-rajinlah menggosok gigi atau flossing setelah makan, menjelang tidur, juga saat bangun tidur.
  • Berkunjunglah ke dokter gigi setiap enam bulan sekali guna membersihkan kotoran yang menempel pada gigi yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggosok gigi (plak dan karang gigi).
  • Jika mulut Anda sering kering, tanyalah kepada dokter tentang obat kumur juga pasta gigi yang tidak membahayakan keadaan ini.
  • Mengkonsumsi buah atau suplemen yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin C, juga asam folat untuk mencegah gusi bengkak.

Pada beberapa kasus, gusi bengkak bisa juga disertai dengan nanah (abses gingiva). Saat keadaannya sudah separah itu, tindakan yang harus dilakukan adalah insia dan drainase yaitu mengeluarkan nanah dengan cara sedikit menyayat gusi agar nanah tersebut keluar dan dibersihkan sesuai dengan prosedur.

Perlu Anda ketahui, jika gusi bengkak sudah lebih dari dua minggu, maka Anda wajib berobat ke dokter dan ceritakan masalah yang sedang Anda hadapi. Demikianlah artikel tentang obat gusi bengkak, semoga isi dari artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah gusi bengkak.

 

Tags: , ,

Related to: 19 Obat Untuk Mengobati Gusi Bengkak Secara Tradisional