22 Gay Terinfeksi HIV Di Sukabumi

August 3, 2016

HIV sedang menyerang Sukabumi Jawa Barat, dikabarkan sekitar 22 lelaki penyuka lelaki (LSL) atau disebut juga gay mengidap penyakit HIV, semuanya tersebar di beberapa kecamatan di Sukabumi.

“Lelaki suka lelaki atau yang disebut kelompok LSL itu rawan tertular HIV, bahkan sejak tahun 2013 jumlah gay yang ada di Kabupaten Sukabumi yang tertular HIV terus meningkat,” ucap Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi, Asep Surahman, Selasa (2/8/2016).

HIV Gay sukabumi

Ilustrasi HIV AIDS

Menurut Asep, dalam mengantisipasi penyebaran HIV khususnya bagi para LSL, pihaknya akan secara rutin memberikan pembinaan dari segi moral ataupun dari segi agama. Hal itu dikarenakan LSL merupakan penyakit kelainan seks meskipun masih dapat disembuhkan melalui beberapa metode pendekatan.

Dari data yang dimiliki, di Kabupaten Sukabumi terdapat ribuan LSL yang tersebar hampir di seluruh kecamatan. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan berbagai upaya dalam pencegahan sehingga tidak ada lagi  atau seminimalnya dapat menurunkan jumlah guy yang tertular HIV.

Baca Juga  Indonesia Akan Menjadi Yang Terbaik Untuk Operasi Plastik Dunia

“Sosialisasi yang dilakukan secara rutin serta pembinaan diharapkan dapat mengubah gaya hidup LSL, sehingga dapat kembali berperilaku seksual normal, meskipun agak sulit namun kami akan terus berupaya,” tambahnya.

Asep juga mengatakan usaha yang dilakukan tidak hanya dengan memberikan sosialisasi saja, namun LSL juga diberdayakan seperti dengan memberikannya pelatihan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, contohnya membuka salon, pedagang dan lain-lain.

Dengan dilakukannya pemberdayaan, mereka akan lebih banyak melakukan kegiatan yang positif sehingga tidak lagi turun ke jalan yang memiliki resiko terhadap penyebaran atau penularan HIV.

Tags: ,

Related to: 22 Gay Terinfeksi HIV Di Sukabumi