3 Gejala Kanker Ginjal Yang ke 4 Mudah Terinfeksi

November 12, 2016

Kanker ginjal adalah penyakit yang terjadi pada bagian ginjal karena disebabkan oleh tumbuh dan berkembangnya sel kanker pada bagia tersebut. Ginjal merupakan dua organ yang terdapat di dalam tubuh manusia, ginjal memiliki bentuk seperti kacang, dan letak ginjal di dalam tubuh manusia berada di atas pinggang pada kedua sisi tulang belakang. Ginjal memiliki fungsi utama sebagai penyaring darah dan menghasilkan urine, yang merupakan hasil proses pembersihan dari limbah di dalam tubuh, air dan racun yang berlebih.

Gejala kanker ginjal dapat mengakibatkan proses kinerja ginjal menjadi berbeda, tergantung dari penyebabnya. Keluhan dan manifestasi yang terjadi pada penderita sangat bervariasi, sehingga mudah untuk didiagnosa. Urine adalah bagian dari ginjal posisi rahasia, yang melakukan kontak utama dengan dunia luar. Sehingga urine menjadi salah satu gejala yang umum pada kanker ginjal, tetapi jika yang terjadi urine terdapat di luar panggul setelah invasi tumor, itu bukanlah gejala awal dari kanker ginjal.

Gejala Kanker Ginjal

kanker ginjal

Berikut ini adalah gejala dari kanker ginjal :

1. Kanker ginjal tidak memiliki gejala yang jalas. Saat ini terdapat 40% dari pasien yang memiliki ginjal sehat secara klinis, dengan sengaja melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan gejala atau tanda-tanda kanker ginjal yang sehat, sehingga dari tahun ke tahun tingkat deteksi kanker ginjal sejak dini menjadi meningkat.

2. Adanya gejala yang khas pada area setempat. Pada kanker ginjal memiliki gejala yang khas, seperti hematuria, nyeri punggung, dan massa abdomen. Ketika ketiga gejala tersebut yang dialami oleh pasien, meskipun untuk memprediksi terjadinya penyakit ini telah dikembangkan, tetapi gejala tersebut jarang terjadi. Pasien lebih sering mengalami pada satu atau dua dari gejala tersebut.

Baca Juga  Mengetahui Ciri-Ciri Kanker Usus dan Cara Penanganannya
  • Hematuria : Ketika seorang pasie mengalami hematuria atau tidak mengalami rasa sakit, kejang intermiten, hematuria urine, terlihat periode intermiten atau yang dipesingkat lesi. Terjadinya pendarahan pada ginjal dalam waktu yang lama dapat berhubungan dengan bagian kolik ginjal, dan hal tersebut disebabkan oleh terjadinya penggumpalan darah melalui ureter. Dan ini adalah salah satu gejala ginjal yang umum terjadi. Jika Anda mengalam gejala tersebut, maka Anda harus segera pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan urin secara rutin atau pemeriksan KUB.
  • Nyeri : Pada kasus gejal kanker ginjal, nyeri merupakan salah satu gejala yang terjadi, hampir 50% rasa nyeri itu ada, dan gejala rasa nyeri pun dapat maju. Hal ini terjadi karena kompresi tumor yang menyebakan rasa nyeri tumbuh di dalam kapsul ginjal atau pelvis ginja, atau dapat juga disebabkan karena pinggang parsisten menjadi tampak kusam akibat dari invasi tumor dan organ psoas sekitar ginjal.
  • Tumor ginjal pada retroperitoneal jauh dari bagian palpasi perut dan tidak bisa menyentuh, hanya sekitar 10%-40% tumor pada ginjal perut pasien dapat teraba dengan tumor yang besar atau saat tumor belum terletak atau mendarat pada ginjal. Dan menyebabkan gejala awal terjadinya kanker ginjal menjadi terlambat muncul. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan CT scan atau MRI di rumah sakit, agar dapat mendiagnos penyakit tersebut sejak dini.
Baca Juga  Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomina Secara Alami

3. Manifestesi sistemik : Sekitar 10% sampai 40%, pasien akan mengalami sindrom paraneoplastik, yang ditandai dengan tekanan dara menjadi tinggi, anemia, mengalami penurunan berat badan, cachexia, demam, polisitemia, dan terjadi abnormal pada fungsi hati.

4. Gejala pengalihan : Kemungkinan rasa sakit yang dialami oleh pasie dapat disebabkan oleh metastasis tumor, patah tulang, batuk, hemoptysis, dan pengobatan gejala lainnya. Gejala ini terjadi karena sekitar 10% pasien mengalami gejala transfer atau menemukannya saat menjalani pengobatan. Saat terjadinya pengalihan gejala yang curugai muncul, maka pasien dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui penyakit tersebut.

Ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou telah mengingatkan, manifestasi yang terjadi pada kanker ginjal, setelah munculnya gejala yang dicurigai, maka segera pergi ke rumah sakit atau melakukan pemeriksaan pada dokter professional untuk mendapatkan diagnosa dan penganan yang tepat.

Tags: , , ,

Related to: 3 Gejala Kanker Ginjal Yang ke 4 Mudah Terinfeksi