3 Jenis Warna Cairan Keputihan dan Penyebab Keputihan

August 20, 2016

3 Jenis Warna Cairan Keputihan dan Penyebab Keputihan – Penyakit keputihan adalah salah satu penyakit yang diderita oleh kaum perempuan.

Mengalami keputihan tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, karena cairan yang keluar berlebihan membuat vagina menjadi lembab, hingga menimbulkan bau tidak sedap dari keputihan tersebut.

Keputihan sering disebut pektay. Keputihan merupakan ereksi vaginal abnormal yang terjadi pada wanita. Keputihan yaitu cairan yang keluar dan berasal dari rahim, lalu ke vagina, atau ke leher rahim.

Biasanya pada saat terjadi keputihan, vagina akan menjadi gatal dan juga bau. Jika keputihan terjadi dalam batasan yang normal, tentu keputihan tidak akan membuat kesehatan Anda terganggu.

Namun ada beberapa kasus di mana kondisi keputihan adalah tanda dari terjadinya penyakit seksual.

Pada umumnya keputihan terjadi pada masa subur, sebelum dan setelah menstruasi, saat sedang hamil, ketika mendapatkan rangsangan seksual, atau ketika banyak melakukan aktivitas fisik,

yang tidak menimbulkan keluhan seperti bau, menjadi terasa gatal, atau terjadinya perubahan warna pada cairan yang keluar.

Penyebab Keputihan

Penyebab Keputihan

Keputihan terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, berikut ulasannya :

  • Keputihan di sebabakan oleh bakteri gardnerella dan pada keputihan biasanya disebut bacterial vaginosis.
  • Keputihan disebabkan oleh virus yang biasanya terjadi ditimbulkan oleh penyakit kelamin, seperti penyakit condyloma, penyakit herpes, hingga HIV/AIDS.
  • Keputihan disebabkan oleh jamur candida albicans yang dapat menimbulkan rasa gatal pada vagina.
  • Keputihan disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis yang biasanya ditularkan melalui hubungan seks, dari perlengkapan mandi, sering pinjam meminjam pakaian, atau dari bibir closet.
Baca Juga  ABCDE: Cara Mudah Identifikasi Kanker Melanoma

Namun selain penyebab keputihan seperti yang telah dijelaskan di atas, ada tiga jenis keputihan yang harus Anda ketahui, apakan keputihan yang Anda alami termasuk kepada golongan keputihan yang normal atau tidak.

3 Jenis Keputihan Yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah tiga jenis keputihan yang harus Anda ketahui, seperti yang dilansir dari Livestrong :

  1. Cairan Keputihan Dengan Warna Putih

Cairan keputihan dengan warna putih adalah hal yang normal yang umumnya terjadi pada wanita, ketika awal atau akhir dari siklus menstruasi.

Tetapi, jika Anda merasakan gatal bersama dengan keluarnya keputihan tersebut, mungkin hal itu merupakan tanda-tanda dari terjadinga infeksi ragi, dan harus segera mendapatkan perhatian dari medis untuk penanganannya.

  1. Cairan Keputihan Dengan Warna Kuning

Dalam tubuh Anda, ada organisme tertentu yang hidup. Dan, salah satunya adalah kuman. Dari hubungan seksual, biasanya kuman sering membuat jalannya sendiri untuk masuk ke dalam tubuh.

Ketika Anda mengalami keputihan dengan warna kuning, tentu hal tersebut harus Anda waspadai. Karena ini adalah gejala yang umumnya terjadi dari adanya infeksi yang menular dari seksual gonore, trichomonas, dan klamidia.

  1. Cairan Keputihan Dengan Warna Jernih Dan Melar
Baca Juga  Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Setelah masa periode menstruasi selesai, Anda akan melihat mukosa (keputihan) ini, yang pada awalnya dengan warna yang lebih pekat.

Pada saat itu terjadi, Anda dapat mengambil cairan tersebut dengan meregangkannya, di antara dua jari Anda dengan maksimal. Maka lendir akan menjadi lebih jelas.

Jika hal tersebut yang terjadi, itu merupakan tanda bahwa Anda sedang mendekati masa ovulasi.

Dengan mengetahui tiga jenis keputihan yang Anda alami, tentu hal tersebut membuat Anda menjadi lebih waspada dan segera untuk mendapatkan perhatian medis, jika jenis keputihan tersebut adalah jenis keputiha yang membahayakan kesehatan Anda.

Mulailah hidup sehat dan menjaga serta merawat daerah kewanitaan Anda, agar selalu bersih sehingga dapat terhindar dari penyakit keputihan.

Dan gunakanlah obat keputihan yang hanya diberikan oleh dokter dengan teratur, meskipun gejala penyakit keputihan sudah mulai hilang, karena infeksi kemungkinan masih terjadi.

Tags: , ,

Related to: 3 Jenis Warna Cairan Keputihan dan Penyebab Keputihan