4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Badan Meriang

February 25, 2016

4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Badan Meriang – Salah satu penyebab dari meriang adalah karena badan yang tidak fit diikuti dengan terlalu beratnya aktivitas sehari-hari sehingga menyebabkan kecapekan dan daya tahan tubuh menurun.

Penyebab lain dari merian adalah karena pergantian musim dari kemaru ke hujan juga sebaliknya hujan ke kemarau,

kondisi ini menyebabkan bakteri yang ada bertumbuh dengan pesat dan dapat menyerang sistem imun di dalam tubuh jika kondisi kita tidak membaik.

Memag meriang adalah kondisi yang sepele dan dapat sembuh dengan sendirinya tetapi jika biarkan begitu saja tanpa ada pengobatan maka kondisi ini akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan juga akan semakin parah dan membuat segala penyakit akan datang seperti demam, tipes, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Gejala yang disebabkan dari meriang antara lain adalah flu diikuti dengan batuk dan tenggorokan sakit, badan merasakan kedinginan walaupun pada siang hari. Maka dari itu kenali semua gejala meriang dan menjaga kondisi badan agar tetap fit dan tidak mngalami drop.

Untuk mencegah datangnya meriang adalah perbanyak olahraga agar tubuh bisa diajak bergerak, mengatur pola makan yang seimbang, jangan melupakan sarapan,

bekerjalah dengan waktu yang sudah ditentukan jangan memaksakan untuk bekerja lebih lama, dan yang paling penting adalah mengatur istirahat yang cukup dengan tidur 8 sampai 9 jam dalam sehari.

Tips Cara Mengatasi Sakit Meriang

Tips Mengatasi Badan Meriang

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengadung Zat Zinc

Dengan kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat zinc maka akan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Makanan yang banyak mengandung zat zinc seperti sayur bayam, jamur, kepiting dan udang yang dimasak dengan cara direbus.

Dengan kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc makan akan membantu fungsi tubuh berjalan dengan normal.

  1. Istirahat yang Cukup

Mengatasi meriang yang dipercaya banyak orang adalah dengan cara beristrirahat yang cukup, dengan kita istirahat maka tubuh juga akan ikut istirahat dan dapat megambalikan stamina yang hilang.

Saat kita sudah merasakan gejala akan timbulnya meriang segeralah istirahat di rumah untuk mencegah meriang agar tidak lebih parah.

Sebaiknya mengatur ulang semua jadwal aktivitas agar tidak terlalu padat dan jangan lupa beri waktu untuk istirahat agar badan dapat pulih kembali dengan cepat.

  1. Banyak Mengkonsumsi Air Putih dan Teh
Minum teh hangat

Minum teh hangat

Memang benar khasiat yang diberikan air putih bagi tubuh, selain bisa membuat pencernaan lancar air putih juga bisa dijadikan sebagai diet alami yang sangat efektif.

Baca Juga  Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan

Saat kita mengalami kondisi tubuh seperti meriang sianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan dapat segera memulihkan kondisi tubuh.

Hindari minum minuman yang manis dan bersoda jika tubuh merasakan meriang. Selain air putih bisa juga mengkonsumsi teh hangat atau teh panas karena teh memang sangat bagus bagi kesehatan dan memulihkan badan yang terkena meriang agar bisa segera normal.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Dengan berkumur dengan air garam dapat menyembuhkan flu dan mencegah flu akibat meriang, selain itu juga bermanfaat untuk mengencerkan lendir akibat flu. Berkumur juga bisa meringankan radang tenggorokan yang diakibatkan meriang.

Maka dari itu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit memang penting apalagi saat pergantian musim yang berubah-ubah.

Untuk mnghindari meriang sebaiknya istirahatkan tubuh dengan teratur agar tubuh bisa lebih rileks dan bisa menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang gejala-gelaja meriang.

Obat Meriang Alami

Obat Meriang Alami

Obat Meriang Alami

Meriang adalah di mana kondisi antibiotik pada tubuh mengalami penurunan atau sedang lemah. Biasanya meriang terjadi karena masuk angin, seperti setelah kehujanan membuat tubuh menjadi basah kuyup.

Kondisi tubuh yang sedang mengalami meriang tentu tidak mengenakan, dan membuat Anda menjadi tidak nyaman dengan keadaan tubuh yang panas dingin sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meriang adalah salah satu gejala akan terkena penyakit flu. Penyebab meriang selain kehujanan yaitu karena sering bergadang atau sering keluar malam, karena kondisi tubuh yang terlalu capek dan kurang isitriahat, sehingga mudah terkena masuk angin yang akhirnya saat pagi hari tubuh  akan menjadi meriang.

Kondisi meriang sangat identik dengan keadaan tubuh yang menjadi panas dingin atau demam. Saat meriang biasanya membuat kondisi tenggorokan menjadi terasa perih dan juga gatal, kadang membuat sakit saat menelan makanan, juga bersin-bersin yang disertai dengan kondisi hidung yang meler atau pilek.

Meskipun meriang dapat sembuh dengan sendirinya, tentu Anda tidak ingin menunggu waktu terlalu lama untuk dapat sembuh dari meriang. Meriang atau kondisi tubuh yang panas dingin dapat diatasi dengan menggunakan obat yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Bahan Alami Untuk Obat Meriang

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat meriang :
Siapkan segenggam daun pepaya, setengah genggam kencur, 3 buah jeruk nipis, lalu siapkan 4 gelas air putih.
Cara Membuatnya :

  • Semua bahan diiris kecil-kecil.
  • Masukan ke dalam panci yang telah berisi 4 gelas air putihh.
  • Rebus hingga tersisa menjadi 2 gelas air putih.
  • Lalu air rebusan disaring,  tunggu hingga airnya menjadi hangat, dan dapat diminum menjadi 2 kali sehari, masing-masing diminum 1 gelas.
Baca Juga  Asupan Kalsium Bisa Membantu Menurunkan Resiko Obesitas

Siapkan 1 butir telur ayam kampung, air kunyit 10 sendok makan, dan madu lebah 1 sendok makan.
Cara Membuatnya :

  • Kocok/kopyok kuning telur ayam kampung sampai mengembang.
  • Campurkan air kunyit pada telur ayam kampung yang sudah dikocok/dikopyok.
  • Lalu campurkan madu lebah pada kedua bahan yang telah dicampur terlebih dahulu.
  • Dan, ramuan obat tradisional alami pun siap diminum.

Jamu Kencur Jahe
Karena masuk angin sering diiringi dengan keadaan tubuh yang menjadi panas dingin atau meriang, serta perut yang kembung, maka jahe sangat cocok untuk dijadikan obat penghangat.
Cara Membuatnya :

  • Jahe dan kencur dihaluskan terlebih dahulu dengan bersamaan.
  • Lalu ambil airnya untuk direbus.
  • Setelah direbus, tunggu hingga menjadi hangat lalu diminum.

Menggunakan Bawang Merah
Bawang merah yang dapat menyebabkan mata berair, ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami untuk obat meriang.

Cara menggunakannya, cukup dengan menggosokan bawang merah pada kulit ketika masuk angin, maka hasil gogosokan akan meninggalkan bekas merah yang akan hilang setelah 2 hari.

Cara ini hingga sekarang dapat dipercaya bisa mengeluarkan gas yang ada pada dalam tubuh, selain itu bawah merah dapat dipercaya untuk meningkatkan panas pada tubuh, sehingga tubuh tidak menjadi kedinginan lagi.

Menggunakan Kunyit Putih
Anda dapat menggunakan kunyit putih sebagai obat alami untuk menyembuhkan masuk angina atau meriang.
Cara Membuatnya :

  • Haluskan kunyit putih terlebih dahulu.
  • Ambil airnya.
  • Lalu hangatkan, dan beri tambahan  madu agar lebih nikmat.
  • Dan diminum selagi masih hangat.

Itulah informasi mengenai obat meriang tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami yang dapat Anda coba saat sedang meriang. Bahan-bahan alami tentu tidak mengandung efek samping dari zat kimia apapun. Dan, disarankan untuk terus meminumnya selama kondisi tubuh Anda masih dalam keadaan meriang.

 

Tags: , , ,

Related to: 4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Badan Meriang