5 Cara Ini Bantu Atasi Sakit Gigi Seketika

August 2, 2016

Ketika sakit gigi, bukan hanya rongga mulut saja yang terasa nyeri, tetapi juga dapat menyebabkan sakit kepala serta emosi yang berlebihan.

Sebenarnya penyebab utama sakit gigi yaitu karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Sisa-sisa makanan di antara sela-sela gigi pun semakin menumpuk, lalu secara perlahan bakteri yang membuat permukaan gigi Anda membusuk pun muncul.

Obat gigi trandisonal

Obat gigi trandisonal

Sebelum Anda melakukan pemeriksaan gigi ke dokter, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi rasa sakit gigi dengan cepat, seperti yang dilansir dari India Times.

1. Garam dan Lada

Tips yang pertama Anda dapat menggunakan garam yang dicampur dengan lada. Campuran garam dan lada adalah obat yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi ekstrem. Kedua bahan ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi juga analgesik.

2. Cengkeh

Selain garam dan lada, cengkeh juga bersifat antibakteri dan memiliki anti-inflamasi, bahkan anestasi yang mampu mengatasi masalah sakit gigi ekstrem dan melawan infeksi. Cara menggunakannya yaitu oleskan bola kapas dalam minyak cengkeh, lalu langsung digosok pada gigi yang berlubang. Atau, Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dengan setengah gelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga  Memilih Obat Sakit Kepala Tradisional

3. Air Garam Hangat

Cara berikutnya untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan menggunakan air garam hangat. Karena segelas air garam hangat adalah cara yang paling mudah juga yang tercepat untuk meringankan rasa sakit gigi. Cara ini juga dapat membantu meredakan peradangan juga melawan bakteri penyebab infeksi.

4. Hindari Suhu ekstrem

Saat sikat gigi menggunakan air hangat, sebaiknya jauhkan diri Anda dari suhu ekstrem. Rongga bisa menyebabkan gigi Anda menjadi sangat sensitif, maka dari itu hindari es krim, kopi panas juga minuman lainnya yang akan membuat gigi menjadi lebih sakit lagi.

5. Ambil Obat Batuk

Di dalam obat batuk biasanya terdapat sejumlah kandungan kecil anestesi (mentol dan kadang-kadang benzocaine) yang akan membantu meredakan sakit gigi yang Anda alami.

6. Gunakan Balsam dan Sejenisnya

Cara yang ini Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam mulut, tetapi cukup menggunakannya di luar pipi, tepatnya pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu berbaringlah di satu sisi. Trik ini bisa memberikan bantuan dengan cepat dan sementara untuk Anda mengatasi sakit gigi.

Baca Juga  Tips Cara Menyikat Gigi yang Baik Dan Benar

Demikianlah 5 cara dalam mengatasi sakit gigi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda meredakan sakit gigi yang mungkin saat ini sedang Anda alami. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat gigi Anda dengan baik, lakukan pemeriksaan gigi minimal 6 bulan sekali pada dokter gigi Anda.

 

Tags:

Related to: 5 Cara Ini Bantu Atasi Sakit Gigi Seketika