5 Cara ini Dapat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mengorok

October 24, 2016

5 Cara ini Dapat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mengorok – Tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dan juga pikiran kita setelah seharian melakukan aktivitas, dengan cara ini kita bisa mengumpulkan tenaga untuk keesokan harinya guna melakukan aktivtas selanjutnya.

Selain itu dengan tidur kita juga bisa membuat seluruh anggota badan kita lebih rileks dan lebih tenang serta dapat menghilangkan stress.

Menjaga kualitas tidur kita agar selalu nyaman juga sangat perlu dan berkaitan dengan produktifitas kita saat bekerja atau beraktivitas, kebanyakan orang mempermasalahkan saat kondisi tidur adalah tidur dengan mengorok atau mendengkur.

Secara tidak sadar kemungkinan kita bisa tidur sambil mengorok tanpa kita ketahui. Mengorok adalah suatu kondisi dimana pangkal lidah dan langit-langit lunak jatuh ke belakang dinding tenggorokan yang membuat suara bergetar saat kita tidur.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Kondisi dimana kita tidur sambil mengorok adalah kondisi yang tidak nyaman bagi sebagian orang karena membuat kebisingan saat tidur.

Tetapi kondisi tidur sambil mengorok tidak menyebabkan gangguan pada kesehatan kita.

 

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Sambil Mengorok

  1. Atur Posisi Saat Tidur

Memang posisi tidur semua orang berbeda-beda bahkan kita tidak mengetahui saat kita tidur juga selalu berubah posisi dalam tidur.

Posisi tidur juga bisa menyebabkan tidur dengan mengorok atau mendengkur karena bisa saja pangkal lidah yang menutup bagian belakang tenggorokan yang membuat suara bergetar dan menyebabkan mengorok.

Baca Juga  6 Penyebab Timbulnya Komedo di Wajah, Salah Satunya Karena Stress

Sebaiknya untuk menghindari tidur dengan mengorok ubah posisi tidur semua yang semisal dari posisi terlentang dengan mengganti posisi dengan berbaring karena dengan tidur posisi tengkurap dapat membuka saluran nafas yang ada dihidung dan mencegah tidur sambil mendengkur.

  1. Turunkan Berat Badan

Kebanyakan orang yang memiliki tubuh gemuk atau obesitas lebih berpontensi tidur sambil mengorok atau mendengkur tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang memiliki badan yang kurus juga bisa tidur dengan mendengkur.

Jika saat sebelum mengalami kenaikan berat badan tidak tidur dengan mendengkur tetapi saat berat badan naik tidur kita malah semakin mendengkur sebaiknya turunkan berat badan untuk dapat mengatasi kebiasaan tidur sambil mendengkur.

 

  1. Hindari Minuman Alkohol

Alkohol memang minuman yang tidak baik bagi kesehatan dan bahkan dapat menimbulkan berbagai racun di dalam tubuh, maka dari itu jika ingin memiliki kualitas tidur yang bagus dan nyaman sebaiknya hindari minum minuman beralkohol,

karena alkohol dapat mengurangi waktu istirahat otot-otot yang ada dibelakang tenggorokan yang dapat berpotensi besar tidur dengan mengorok atau mendengkur.

Penelitaian juga mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohil sebelum tidur akan membuat kebiasaan mengorok saat tidur yang sangat parah.

  1. Atur Pola Tidur dengan Baik
Baca Juga  Berikut Ini Adalah 7 Selebitis Yang Meningal Akibat Serangan Jantung

Mengatur pola tidur adalah hal yang sangat penting bagi kebanyakan orang karena dengan kita mengatur pola tidur kita maka kita juga bisa mengatur kinerja tubuh kita sehingga organ-organ tubuh kita dapat beristirahat dengan baik.

Selain itu hindari juga bekerja terlalu lama atau sampai larut malam dan tanpa istirahat karena itu akan membuat badan lebih lelah dan dapat menimbulkan mendengkur saat kita tidur.

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Hidung

Saluran hidung adalah organ yang sangat berperan dalam tidur kita karena jika saluran hidung kita terhambat maka itu yang menyebabkan kita tidur sambil mendengkur.

Sebaiknya menjaga kesehatan saluran hidung juga sangat penting untuk mengurangi kebiasaan tidur dengan mengorok.

Cukup dengan membilas atau mandi dengan air hangat saat sebelum tidur karena uap yang dikeluarkan dapat membuka saluran hidung lebih lebar dan udara yang masuk akan semakin lancar.

Itulah 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Sambil Mengorok, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tags: , ,

Related to: 5 Cara ini Dapat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mengorok