5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Tepat, Dan Cepat

April 24, 2016

Cara Menghilangkan Komedo – Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menjadi tonjolon kecil berwarna putih dan juga berwarna hitam pada sekitar kulit atau wajah.

Biasanya, tempat yang paling sering menjadi sasaran munculnya komedo adalah wajah, area sekitar hidung dan juga pada sekitar mata. Jerawat adalah salah satu komedo yang telah berkembang, yang dikenal dengan sebutan papul atau pustule.

Jika Anda memiliki masalah dengan komedo dan ingin mengatasinya, jangan khawatir. Karena kami akan memberikan solusinya di sini dengan menjabarkannya secara jelas cara untu menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Cepat Alami

Cara Menghilangkan Komedo

Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami, yang dapat Anda terapkan di rumah tanpa harus pergi melakukan perawatan di klinik kecantikan.

1. Buah Pepaya: Khasiat dari buah pepaya untuk perawatan kulit sudah sangat terkenal, dan salah satu keunggulan dari buah pepaya adalah dapat mengatasi masalah komedo.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuat masker pepaya. Langkah pertama, lembutkan terlebih dahulu buah pepaya hingga menjadi seperti bubur, lalu oleskan dengan merata pada bagian wajah yang terdapat komedo.

Setelah itu, diamkan untuk beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air yang bersih. Anda dapat melakukan cara ini saat bangun di pagi hari dan saat menjelang tidur di malam hari.

2. Lidah Buaya: Gel atau lendir yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki khasiat untuk mengatasi dan menghilangkan komedo.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup siapkan 1 batang tanamah lidah buaya, lalu diiris menjadi dau bagian, kemudian Anda ambil lendir atu gelnya, lalu oleskan pada bagian hidung maupun pada bagian wajah Anda yang terdapat komedo.

Baca Juga  Jus Buah Penurun Kolesterol Jahat Dengan Cepat

Lakukan cara ini dengan rutin 1 hingga 2 kali dalam sehari, hingga komedo Anda tidak kembali terlihat. Jika Anda merasakan hasil yang kurang dari gel tersebut, Anda dapat membuat juice dari potongan lidah buaya tersebut.

3. Uap Air Panas : Saat Anda sedang merebus air, maka Anda dapat menggunakan uap air panas tersebut untuk menghilangkan komedo di wajah Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan cara efektif yang lainnya, yaitu dengan memberikan sedikit garam pada rebusan air tersebut, lalu tunggu hingga air mendidih, kemudian uapi wajah Anda atau area yang terdapat komedo selama 5 hingga 10 menit.

Uap Air Panas

Uap Air Panas

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menutup kepala dengan menggunakan handuk, lalu duduklah dan hadapkan wajah Anda ke depan air panas yang ditaruh di dalam baskom. Selain itu, metode ini juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan flu.

4. Jus Lemon : Cara selanjutnya adalah menggunakan jus lemon. Lemon dapat dengan efektif menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Cara menggunakannya yaitu siapkan jus lemon terlebih dahulu, lalu campurkan dengan minyak almond dan juga gliserin.

Setelah ketiga bahan tersebut dicampur, lalu haluskan dengan menggunakan blender, kemudian oleskan pada bagian yang berkomedo dengan merata, biarkan selama 10 menit, lalu bilas menggunakan air yang bersih.

Selain itu Anda juga dapat membuat scrub dengan menggunakan campuran air lemon, air garam, madu dan juga yoghurt. Campurkan semua bahan tersebut, lalu gosokkan pada bagian yang berkomedo.

5. Putih Telur : Untuk mengatasi masalah komedo, Anda cukup mengambil putihnya saja dari telur. Caranya sangat mudah, yaitu Anda cukup membalurkan putih telur pada bagian yang berkomedo secara merata.

Baca Juga  Berbagai Macam Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Atau Anda juga dapat menambahkannya dengan memberikan satu sendok madu. Kemudian diamkan selama 25 hingga 30 menit atau hingga terasa mengering, dan selanjutnya basuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Selain cara menatasi komedo yang telah dijelaskan di atas, yang paling penting adalah dapat menjaga dan mecegah agar komedo tidak kemabali lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari komedo terjadi lagi.

  • Dalam sehari mencuci wajah hingga dua kali dengan menggunakan sabun atau pembersih minyak atau pembersih jerawat.
  • Pakailah masker saat berada di luar untuk menghindai rokok dan juga polusi yang berlebihan.
  • Sebelum tidur, hapus hingga bersih make-up Anda dengan menggunakan air hangat.
  • Kurangilah mengkonsumsi jenis makanan yang berminyak, seperti cokelat, goreng-gorengan dan fastfood.
  • Konsumsilah jenis makanan yang memiliki kandungan beta-karoten.
  • Jangan pernah Anda mencoba meremas komedo, karena akan menyebabkan terjadinya penyebaran bakteri sehingga menimbulkan komedo yang baru dan juga bekas luka.

Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami dan cepat. Anda dapat mencoba menerapkan tips di atas di rumah tanpa harus pergi ke klinik dan tanpa harus menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Selamat mencoba, semoga Anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang Anda harapkan.

Tags: , , ,

Related to: 5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Tepat, Dan Cepat