5 Cara Menghilangkan Komedo Inilah Cara Alami Dan Cepat

October 15, 2016

Cara Menghilangkan Komedo. Komedo merupakan sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit sehingga menimbulkan tonjolan kecil yang berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam disebut blackhead. Dan terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Sasaran utama yang menjadi tempat tumbuhnya komedo adalah area hidung, wajah, dan sekitar mata. Komedo dapat tumbuh menjadi jerawat. Komedo biasanya muncul ketika akan dan sesudah masa pubertas, saat kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.

cara menghilangkan komedo

CARA MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI

Berikut ini akan dijelaskan mengenai 5 cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan.

1. PEPAYA

Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama menggunakan buah pepaya. Khasiat dari buah pepaya untuk perawatan juga kecantikan kulit wajah sudah sangat terkenal. Keunggulan dari pepaya yaitu dalam mengatasi komedo. Pepaya memiliki kandungan papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan proteolitik yang berfungsi untuk mencegah juga menghilangkan jerawat dan komedo.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu buatlah masker dari pepaya. Potongan buah pepaya dilembutkan sehingga mirip seperti bubur secukupnya, lalu dioleskan pada area wajah yang terdapat komedo dengan merata. Kemudian dibiarkan dalam beberapa saat lalu dibilas menggunakan air yang bersih. Lakukan cara ini ketika bangun pagi dan saat menjelang tidur malam.

2. LIDAH BUAYA

Gel lidah buaya sangat berkhasiat dalam mengatasi komedo. Lidah buaya memiliki 2 jenis kandungan hormon, yaitu Auksin dan Giberelin, hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang dapat membantu untuk meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga merupakan pelembab alami yang baik untuk kulit.

Cara menggunakannya yaitu sediakan 1 batang lidah buaya, lalu diiri menjadi dua bagian. Kemudian ambil lendir atau gel yang tersimpan di dalam lidah buaya lalu dioleskan pada bagian hidung maupun wajah Anda yang terdapat komedo. Lakukan cara menghilangkan komedo ini dengan rutin sebanyak 1-2 kali dalam sehari sampai komedo Anda tidak terlihat kembali. Jika Anda merasa hasil dari gel kurang memuaskan,  Anda juga dapat membuat jus lidah buaya.

Baca Juga  22 Gay Terinfeksi HIV Di Sukabumi

3. JUS LEMON

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah dengan memanfaatkan jus lemon. Lemon memiliki khasiat yang sangat efektif dalam menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah. Lemon memiliki kandungan asam alpha-hydroxy yang sangat bagus untuk mencegah komedo, jerawar serta masalah kulit yang lainnya. Selain itu, asam sitrar yang dimiliki lemon juga dapat membantu mengencangkankan pori-pori yang memiliki fungsi untuk mencegah munculnya jerawat.

Cara menggunakannya yaitu sediakan jus lemon, lalu dicampur dengan gliserin dan minyak almond. Kemudian ketiga campuran bahan tersebut dihaluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu dioleskan pada bagian yang berkomedo dengan merata, lalu tunggu sekitar 10 menit baru dibilas menggunakan air bersih. Selain itu, cara ini juga ampuh dalam menghilangkan noda-noda flek hitam di wajah. Anda juga dapat membuat scrub dengan menggunakan campuran air lemon, madu, air garam, dan yoghurt. Lalu bahan-bahan tersebut dicampur dan kemudian digosokkan dengan lembut pada area yang terdapat komedo.

4. MASKER PUTIH TELUR

Untuk cara menghilangkan komedo yang satu ini, cukup bagian putih telurnya saja diambil. Putih telur memiliki khasiat yang bagus untuk membersihkan kulit, menyerap minyak berlebih, mengangkat sel kulit yang mati, dan mengencangkan pori-pori.

Cara menerapkannya yaitu balurkan putih telur (Anda juga dapat menambahkan satu sendok madu) pada bagian wajah yang terdapat komedo atau hidung dengan merata, lalu biarkan hingga terasa kering kurang lebih 25-30 menit. Setelah itu basuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam Akibat Sering Ngopi dan Ngrokok

5. MADU DAN SUSU

Pada madu dan susu terdapat beberap sifat yang sangat bermanfaat untuk kulit. Pada susu terdapat asam laktat yang berfungsi untuk membuat kulit lembut. Sedangkan madu bersifat antibakteri. Keduanya sangat bagus untuk menghilangkan komedo dalam waktu yang cepat.
Caranya yaitu sediakan susu sebanyak 1 sendok teh, madu (sebaiknya usahakan madu yang murni) sebanyak 1 sendok makan, dan 1 lembar kapas kecantikan. Madu dan susu dicampurkan, lalu dihangatkan selama 5-10 detik sampai menjadi pasta. Kemudian tunggu sampai agak dingin, setelah itu pasta diusapkan pada bagian yang berkomedo. Lalu kapas ditempelkan pada area tersebut. Tunggu sampai kering sekitar 20 menit, setelah itu kapas dikupas dengan bantuan air bersih. Lakukan cara menghilangkan komedo ini secara teratur setiap hari.

6. UAP AIR PANAS

Nah, biasanya pada saat Anda sedang merebus air, maka gunakan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo di area wajah Anda. Selain itu, cara efektif yang lainnya yaitu dengan memberikan sedikit garam sebagai tambahan pada air rebusan tersebut, lalu tunggu hingga mendidih, kemudian uapi wajah atau area yang terdapat komedo selaman 5-10 menit. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, tutup kepala Anda menggunakan handuk, kemudian duduk dan wajah Anda dihadapkan ke depan air panas yang ditarus di dalam baskom. Dan metode ini juga sangat baik untuk memperlancar sirkulasi darah juga untuk meredakan batuj flu.

Naha, itulah cara menghilangkan komedo dengan cara alami. Tentu dengan cara alami selain aman, juga membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan kecantikan. Selain itu, Anda juga harus telaten melakukannya di rumah agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tags:

Related to: 5 Cara Menghilangkan Komedo Inilah Cara Alami Dan Cepat