5 GEJALA KANKER HATI, no 1 nya Banyak Orang Mengabaikan

November 12, 2016

Pada umumnya, penderita kanker hati adalah lansia. Kanker hati terbagi menjadi dua jenis, yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Kanker hati primer merupakan kanker hati yang berawal dari organ hati  dan jenis kanker hati primer adalah jenis kanker yang berpotensi fatal.

Sedangkan kanker hati sekunder merupakan kanker hati yang bermula dari bagian tubuh lain, seperti bagian usus, sebelum akhirnya menyebar ke bagian hati. Kanker hati adalah tipe kanker yang paling umum sering terjadi pada kelima orang laki-laki, dan ketujuh di antara wanita. Kasus kanker hati lebih sering terjadi di negara-negara berkembang sekitar 85%.

Situasi yang menyebabkn terjadinya kanker hati adalah memiliki banyak kesibukan dalam bekerja, sehingga menyebabkan kurang waktu untuk beristirahat, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, sering melakukan hiburan di malam hari tanpa istirahat dan sebagainya. Hal ini adalah yang sering muncul, dan mengingatkan kita bahwa kanker hati begitu dekat dengan kebiasaan sehari-hari.

Biasanya mereka sering melakukan kesalahan dalam mendiagnosis kanker hati, sebagai penyakit lain saat muncul gejala kanker hati. Mungkin hal ini karena gejala yang muncul sangat umum, seperti sakit perut, kembung, tidak mau makan, dan beberapa orang mengeluhkan rasa sakit pada perut, sehingga menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam kolesistitis.

Ketika fisik menjadi tidak nyaman, dibutuhkan kecermatan untuk membedakan gejala fisik tesebut. Dengan pergi ke rumah sakit untuk melakukan diagnosis kanker hati sedini mungkin adalah cara yang tepat, agar mengetahui gejala tersebut, untuk menghindari kemungkinan terjadinya misdiagnosis.

Baca Juga  Metode Terapi Medis untuk Mengobati Penyakit Kanker Otak

Gejala Kanker Hati

Kanker Hati

Dokter ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou mengatakan, gejala yang khas dari kanker hati dini, seringkali mudah diabaikan. Berikut ini adalah gejala-gejala terjadinya kanker hati, sebagai referensi untuk Anda mengetahuinya.

  1. Secara signifikan nafsu makan menjadi menurun : perut menjadi terasa penuh, mengalami gangguan pada pencernaan, dan terkadang menjadi rasa mual dan muntah. Jika Anda menduga ini adalah masalah yang ditimbulkan dari hati, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan USG hati yang dilakukan pada jaringan tubuh, karena pemeriksaan ini memiliki tanpa efek samping.
  2. Merasakan rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan atas : kemungkinan pada hati akan mengalami rasa sakit secara terus-menerus atau mengalami inteermiten, dan kadang-kadang metastasis juga merasakan nyeri yang intesif. Jika Anda merasakan pada hati, maka diperlukan pemeriksaan CT-Scan, karena Anda dapat melihat ukuran hati yang ditunjukkan, jumlah, bentuk, lokasi, batas, tingkat suplai darah pada tumor, serta hubungan dengan bagian saluran intrahepatic.
  3. Mengalami pendarahan, seperti terjadi mimisan, dan pendarahan pada bagian bawah kulit.
  4. Mengalami kelelahan, terjadinya penurunan berat badan, mengalami demam yang tidak jelas dan terjadi edema.
  5. Mengalami penyakit kuning, asites dan pruritus.

Biasanya gejala kanker hati pada permulaan, sulit untuk diketahui, sekalipun telah mengatasinya dengan cara operasi. Oleh sebab itu, diperlukan pemeriksaan medis secara berkala pada orang yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit kanker hati.

Baca Juga  Lebaran Usai, Saatnya Kolesterol Tinggi Yang Datang

Seorang ahli dari Modern Cancer Hospital Guangzhou mengatakan, ketika Andat datang terlambat untuk melakukan diagnosis kanker hati, maka gejala yang khas dari kanker hati sudah berkembang, dan akan kehilangan kesempatan untuk melakukan operasi, sehingga pemeriksaan kanker hati sejak dini sangatlah penting.

Ketika Anda merasa lelah, dan rasa kelelahan Anda tidak mendapatkan remisi yang berkelanjutan, pada bagian perut kanan atas mengalami rasa sensasi seperti tumpul atau membosankan, seperti mengalami tekanan pada perasaan dan menjadi tidak nyaman, penurunan berat badan, dan demam tidak jelas juga penyakit kuning, kemungkinan itu merupakan gejala dari kanker hati.

Ketika Anda mengalami gejala di atas, tetapi bukan gejala dari penyakit kanker hati dan masih saja sering pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kanker hati sedini mungkin, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan yang relevan untuk menentukan kondisi Anda, dan melakukan pengobatan terkait gejala tersebut secepat mungkin, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat waktu dan juga efektif.

Tags: , , ,

Related to: 5 GEJALA KANKER HATI, no 1 nya Banyak Orang Mengabaikan