5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Prematur

February 16, 2016

Tidak ada orang tua yang menginginkan bayinya lahir prematur. Kelahiran prematur yaitu bayi yang lahir saat usia kandungan kurang dari 37 minggu dan berat badan bayi sangat rendah yaitu kurang dari 2,5 kg. Hal ini dapat menjadikan organ tubuh bayi tidak berfungsi dengan normal dan memiliki risiko tinggi untuk mengalami masalah kesehatan.

Sebenarnya apa sih penyebab bayi lahir prematur? Penyebabnya bisa datang dari si Ibu sendiri atau bisa juga karena faktor tertentu dari luar. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab bayi lahir prematur, mari simak terus artikel ini.

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Ibu yang kurang sehat

Faktor kesehatan Ibu yang mengandung sangat menentukan kesehatan janin. Misalnya untuk wanita hamil yang mengalami preeklamsi yaitu hipertensi saat hamil, dan eklamsi atau kehamilan yang disertai kejang dan hipertensi berat. Demikian juga dengan wanita hamil yang terkena diabetes, juga beresiko melahirkan bayi prematur. Bukan hanya itu, masalah kesehatan pada organ reproduksi juga bisa beresiko bayi lahir sebelum waktunya.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki-laki

Ibu hamil merokok

Gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Wanita hamil sebaiknya tidak merokok, minum minuman keras atau konsumsi obat terlarang. Meskipun Anda tidak merokok, sebaiknya juga hindari berada di dekat perokok (perokok pasif). Ini karena kandungan nikotin pada rokok bisa mengurangi asupan oksigen yang diterima oleh bayi. Jika demikian, pertumbuhan bayi dalam kandungan jadi kurang sehat.

Riwayat kehamilan

Riwayat kehamilan sebelumnya juga bisa menjadi faktor pemicu bayi lahir prematur. Misalnya untuk Ibu hamil yang pernah keguguran, pernah melakukan aborsi atau pernah melahirkan prematur sebelumnya.

Kondisi janin dalam kandungan

Faktor lain yang bisa menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya yaitu kondisi janin. Misalnya pertumbuhan janin terhambat, adanya infeksi pada kandungan, atau karena simpul tali pusat yang dapat menghambat pertumbuhan sang bayi.

Kondisi psikologi ibu hamil

Kondisi psikologi ibu hamil juga dapat menyebabkan lahirnya bayi prematur. Jika sang Ibu sering  merasa stres, cemas, hingga depresi maka dapat beresiko melahirkan bayi prematur.

Baca Juga  Menangani Diare Pada Bayi, Penyebab, Gejala dan Mendeteksi

Faktor lain yang bisa mempengaruhi kelahiran prematur yaitu karena Ibu hamil masih terlalu muda atau belia. Kebanyakan, wanita hamil yang belum cukup umur beresiko lebih besar dengan kelahiran prematur.

Sebaiknya perhatikan faktor-faktor di atas untuk mencegah kelahiran bayi prematur. Namun kelahiran prematur juga bisa diprediksi sejak  awal, misalnya, jika pada anak pertama si ibu melahirkan  prematur, maka kelahiran kedua pun memiliki resiko yang sama.

Tags: , ,

Related to: 5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Prematur