5 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Makanan Kaya Magnesium

March 17, 2015

Magnesium merupakan mineral penting agar tubuh tetap sehat. Mineral ini dibutuhkan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia didalam tubuh. Beberapa manfaat kesehatan dari magnesium meliputi transmisi impuls saraf, pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi, dan pembentukan tulang dan gigi.

Wanita dari segala usia memperoleh manfaat yang sangat besar dari asupan magnesium. Selain menjaga osteoporosis di pangkal tulang, manfaat magnesium bagi kesehatan pada wanita termasuk membantu mereka terhadap gejala menopause dan sindrom pramenstruasi (PMS). Pada ibu hamil, magnesium juga bermanfaat untuk meminimalkan risiko persalinan prematur.

5 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Makanan Kaya Magnesium

Manfaat magnesium bagi kesehatan lainnya yang juga penting adalah untuk sintesa protein, membantu peengerutan saluran udara didalam paru-paru, dan peningkatan fungsi paratiroid. Magnesium membantu meningkatkan ketersediaan bio vitamin B6, fungsi otot yang lebih baik, pencegah osteoporosis, insomnia, sembelit, serangan jantung, hipertensi, sembelit, migrain, batu ginjal, dan batu empedu.

Sumber makanan dengan muatan magnesium yang besar bisa diperoleh dari kacang-kacangan (terutama almond), biji-bijian, gandum, ikan, dan sayuran berdaun hijau.

5 Manfaat Utama Magnesium bagi Kesehatan:

1. Magnesium bermanfaat untuk Mengatasi osteoporosis

Baca Juga  Tips Cepat Kurus Remaja Tanpa Olah Raga dan Obat

Beberapa studi penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kalsium yang dilengkapi dengan magnesium dapat meningkatkan kepadatan mineral pada tulang. Kekurangan magnesium dapat mengubah metabolisme kalsium dan hormon yang mengatur kalsium, sehingga mengakibatkan osteoporosis. Olehkarenanya sangat disarankan untuk memenuhi kecukupan asupan magnesium seperti yang disarankan.

2. Magnesium mencegah penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat paling penting dari magnesium adalah kaitannya dengan kemampuan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sejumlah survei juga menunjukkan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat mengurangi kemungkinan terkena stroke. Sementara sebaliknya kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko detak jantung abnormal, yang meningkatkan risiko komplikasi setelah terkena serangan jantung. Oleh karenanya, mencukupkan asupan magnesium sesuai rekomendasi kesehatan tentu bermanfaat untuk  memperbaiki sistem kardiovaskular.

3. Magnesium membantu mengatur tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Magnesium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah secara alami. Asupan suplemen magnesium yang memadai disertai dengan diet sehat seperti banyak mengkonsumsi buah-buahan juga sayuran, yang merupakan sumber yang baik dari potasium dan magnesium, terbukti benar mampu membantu penurunan tekanan darah.

4. Magnesium bermanfaat untuk Menjaga Diabetes

Baca Juga  8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan magnesium memiliki risiko terkena diabetes tipe-2 dan retinopati diabetes yang parah. Magnesium dalam hal ini membantu dalam metabolisme karbohidrat dan berpengaruh terhadap proses pembuangan kotoran serta aktivitas insulin. Dengan demikian kadar gula darah juga dapat terkendali. Telah terbukti bahwa untuk setiap 100 miligram kenaikan asupan magnesium setiap hari, bisa menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe-2 hingga 15 persen.

5. Magnesium membantu mengobati sakit kepala (migrain),insomnia, serta depresi

Berbagai manfaat kesehatan dari magnesium juga mencakup pengobatan sakit kepala migrain, penyakit susah tidur (insomnia), serta gejala depresi. Magnesium juga dikenal dapat membantu menyembuhkan disfungsi kejiwaan  yang parah termasuk kepanikan, rasa cemas akut, agitasi yang tidak semestinya serta stress. Suplemen magnesium dapat mengurangi meredakan penyakit-penyakit diatassekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Tags:

Related to: 5 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Makanan Kaya Magnesium