5 Tips Penting untuk Wanita Hamil yang Bekerja

February 16, 2016

Seringkali timbul rasa gelisah untuk wanita karir yang menjalani kehamilannya sambil melakukan aktifitas kerja. Sebab aktifitas selama bekerja dapat menguras energi sehingga bisa menyebabkan kelelahan. Jika ini terjadi maka bisa berdampak buruk bagi bayi yang berada dalam kandungan.

Jika Anda dapat menyeimbangkan antara bekerja dan menjaga kehamilan, maka tak perlu khawatir bekerja saat hamil. Bekerja saat hamil tetap bisa dilakukan asal Anda tahu kondisi kehamilan sendiri. Hal apa saja yang harus diperhatikan jika Anda ingin bekerja saat hamil? Berikut ulasannya.

Hal yang harus diperhatikan oleh wanita hamil yang bekerja

Tips untuk Wanita Hamil yang Bekerja

Asupan makanan

Karena wanita hamil harus berbagi makanan dengan bayi dalam kandungan, maka sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda makan ketika hamil. Konsumsi 3 sampai 5 jenis makanan sehat setiap harinya.  Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat seperti yoghurt, keju, kecambah, kedelai, irisan sayuran, buah-buahan, susu dan produk dari telur. Makanan tersebut merupakan makanan ideal bergizi yang diperlukan oleh wanita hamil, apa lagi bagi mereka yang tetap bekerja. Paling tidak konsumsi  empat porsi kalsium dalam sehari, makanan dengan kandungan Folat dan Omega 3 juga sangat penting untuk pertumbuhan janin. Wanita hamil juga harus menjaga kesehatan mental dan fisik.

Baca Juga  Makanan Ibu Hamil Muda agar Tidak Mual

Makan cemilan sehat

Orang yang sedang hamil sebaiknya jangan sampai kelaparan. Jika Ibu hamil sampai kelaparan, maka kadar gula dalam tubuh akan turun sehingga menyebabkan mual. Karena itu selalu siapkan cemilan sehat ketika di kantor seperti telur rebus atau buah segar.

Pola tidur yang baik

Wanita yang sedang hamil jangan sampai kelelahan. Sebaiknya jaga pola tidur lebih baik dan jangan terlalu sering melakukan aktifitas terlalu berat. Wanita hamil yang bekerja perlu waktu tidur sepuluh atau sebelas jam pada malam hari Hal ini penting karena bertujuan agar sirkulasi darah dari Ibu ke janin lancar dan mencegah pembengkakan yang mungkin terjadi.

Minum suplemen jika perlu

Pastikan Ibu hamil yang bekerja mendapat asupan nutrisi yang cukup, termasuk vitamin, protein dan kebutuhan tubuh lain. Jika perlu, konsumsi suplemen khusus kehamilan.

Lakukan olahraga ringan

Wanita hamil juga harus olahraga. Cukup jalani olahraga ringan, bukan olahraga berat. Jika Anda tidak sempat melakukannya, Anda juga bisa berjalan-jalan kecil saat berada di tempat kerja. Dengan berjalan santai, Anda sudah mencegah kemungkinan terjadinya varises pada kaki dan pembengakan.

Baca Juga  Jenis Anemia Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Tips untuk wanita hamil yang bekerja tersebut semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Tetap jalani hari dengan semangat agar buah hati Anda nanti dapat terlahir dengan sehat.

Tags: , ,

Related to: 5 Tips Penting untuk Wanita Hamil yang Bekerja