6 Cara Agar Tidak Terkena Dampak Buruk Makan Daging Kambing

October 23, 2016

6 Cara Agar Tidak Terkena Dampak Buruk Makan Daging Kambing – Buat sebagian orang mengkonsumsi daging kambing adalah cara ampuh untuk menangani penyakit tekanan darah rendah atau anemia.

Tetapi tidak demikian dengan sebagian orang lain, mengkonsumsi daging kambing dapat memberikan efek atau dampak buruk bagi kesehatan.

6 Cara Agar Tidak Terkena Dampak Buruk Makan Daging Kambing

Pada saat hari raya idul adha, daging kambing adalah salah satu menu makanan utama yang diolah.

Berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari daging kambing sangat berlimpah dengan berbagai jenis masakan.

Hampir semua orang dari berbagai kalangan dapat menikmati olahan tersebut.

Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik dan juga mudah diserap atau dicerna oleh tubuh karena memiliki nilai biologi yang cukup tinggi.

Kandungan Di Daging Kambing

Daging juga memiliki banyak mineral-mineral yang sangat penting untuk proses dalam tubuh. Zat yang terkandung pada daging yaitu zat besi (Fe), seng (Zn), dan mangan (Mn).

Selain itu daging pun tidak hanya kaya dengan kandungan mineralnya saja, tetapi juga daging memiliki kandungan vitamin yang sangat penting untuk tubuh, seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3).

Kandungan Daging Kambing

Banyaknya kebaikan yang terdapat pada daging, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi daging. Tapi jangan khawatir,

mengkonsumsi daging tidak akan memberikan dampak buruk pada kesehatan, jika mengkonsumsinya dalam batasan sewajarnya saja.

Pola hidup yang sehat pun dapat membantu Anda dalam mencegah dari berbagai serangan dan gangguan kesehatan yang disebabkan karena mengkonsumsi daging kambing.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan, agar tetap sehat dan dapat terhindar dari berbagai bahaya jenis penyakit dan efek buruk bagi kesehatan yang disebabkan karena mengkonsumsi daging kambing :

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

 

 

  1. Pilih Olahan Daging Kambing Yang Tepat

Daging kambing dapat diolah menjadi sate atau sup. Pasalnya, daging kambing yang diolah menjadi sate memiliki lemak yang sedikit karena proses pembakaran saat membuat sate dan penggunaan bumbu-bumbu rempah yang dicampur saat proses pengolahan tersebut,

dapat menetrlisir kadar lemak yang berlebih pada daging kambing. Sementara dengan membuat olahan sup daging kambing, jumlah kalorinya menjadi lebih sedikit karena pada sup ada tambahan air dan juga sayuran.

  1. Mengkonsumsi Sayur Dan Buah

Buah-Buahaan

Buah-Buahaan

Setelah mengkonsumsi daging kambing, sangat disarankan untuk mengkonsums sayuran dan juga buah. Beberapa jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi setelah makan daging kambing adalah seperti kubis, mentimun, wortel, tomat, dan daun kemangi dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk dikonsumsi.

Buah-buahan disarankan untuk dikonsumsi setelah makan daging kambing karena dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh , sehingga dapat menyeimbangkan dengan kadar kolesterol yang masuk ke tubuh.

  1. Menghindari Makanan Berlemak Dan Manisan

Lemak dan kalori pada tubuh akan meningkat setelah mengkonsumsi daging kambing. Oleh karena itu, maka dianjurkan untuk menghindari makanan berleman dan juga makanan yang manis. Seperti sirup yang manis, kue tart, dan sebagainya.

 

 

  1. Pilihlah Minuman Yang Sehat Dan Juga Hangat

Pilihlah minuman air hangat atau air jeruk hangat karena sangat baik untuk dapat membantu membersihkan kerongkongan, dan sebaiknya hindari meminum teh atau kopi setelah mengkonsumsi daging kambing.

Baca Juga  Ini Dia, Manfaat Olahraga Yang Luar Biasa Untuk Tubuh Anda

Karena minuman seperti teh atau kopi dapat melarutkan kandungan zat besi yang ada pada jenis makanan yang baru saja Anda makan. Beri jarak 1 jam, jika memang diperlukan untuk minum kopi atau teh setelah mengkonsumsi daging kambing.

  1. Melakukan Olahraga Yang Ringan

Lakukanlah olahraga yang ringan untuk mengurangi kadar lemak dan kalori dalam tubuh Anda setelah mengkonsumsi olahan daging kambing. Olahraga ringan yang dapat Anda coba seperti bersepeda atau lari-lari kecil.

  1. Hipertensi = Tidak Boleh Mengkonsumsi Daging Kambing

Jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau darah tinggi, sebaiknya jangan mengkonsumsi daging kambing, apapun jenis olahannya.

Karena mengkonsumsi daging kambing sangat dipercaya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menjadi naik atau meningkat drastis.

Pada dasarnya semua jenis makanan sangat baik untuk tubuh, jika dikonsumsi dalam batasan wajar dan tidak berlebihan. Selamat mencoba tips di atas, semoga tetap sehat apapun jenis makanan yang dikonsumsi.

 

 

Tags: , ,

Related to: 6 Cara Agar Tidak Terkena Dampak Buruk Makan Daging Kambing