6 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata dan terhindar dari penyakit

March 6, 2015

Mata adalah salah satu indera yang paling berharga namun juga rentan terhadap banyak pengaruh buruk diluar sana, seperti misal pengaruh akibat pola hidup. Memang berkurangnya daya penglihatan sering dianggap sebagai efek samping alami akibat bertambahnya usia, namun sejatinya masih terdapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata kita tetap baik untuk jangka waktu yang lebih lama.

Seperti misalnya berhenti merokok, menjaga jarak yang cukup dari layar komputer atau memakai kacamata yang tepat yang mampu melindungi mata kita dari paparan sinar UVA maupun UVB. Semua contoh usaha-usaha ini sangat baik untuk menjaga mata tetap sehat dan aman. Akan tetapi tahukah Anda bahwa diet yang sehat, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penyakit pada mata. Dan berikut 6 Makanan yang baik untuk Menjaga Kesehatan dan terhindar dari penyakit Mata.

Makanan yang Baik untuk Mata :

6 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata dan terhindar dari penyakit

 

1. Kuning telur

Sebagian orang lebih suka membuang kuning telur karena khawatir kadar kolesterol akan naik, namun menurut salah seorang pakar medis di Amerika Serikat, kuning telur sebenarnya adalah sumber utama lutein, antioksidan berpigment kuning yang bertindak layaknya filter dan membantu memerangi radikal bebas bersama-sama dengan senyawa lainnya yaitu zeaxanthin. Selain itu juga mengandung zat seng. Dan kedua senyawa ini mampu membantu memperlambat degenarasi makula seiring bertambahnya usia, penyebab utama hilangnya penglihatan bagi orang-orang tua diatas usia 65 tahun. Dan cara terbaik untuk mengkomsusinya adalah pada kondisi masih mentah, sebab kuning telur dalam keadaan mentah mengandung lebih banyak lutein dibandingkan yang sudah dimasak. Namun jika tidak memungkinkan, masih ada sumber lain yang juga mengandung banyak lutein seperti pada sayuran hijau. Dan untuk penyerapan yang lebih baik, Anda dapat gabungkan bahan kaya lutein dengan minyak zaitun atau kelapa.

Baca Juga  Manfaat Bawang putih Bagi Kesehatan

 

2. Bayam (dan sayuran hijau lainnya)

Anda sebaiknya tidak lupa untuk mengkonsumsi banyak sayuran. Sayuran seperti bayam, kangkung, serta lobak mengandung zat lutein dan zeaxanthin dalam jumlah yang cukup besar. Sayuran-sayuran ini terbukti dapat mengurangi resiko penyakit mata kronis seperti degradasi makula dan katarak. Meskipun penyerapan senyawa yang terkandung pada sayuran tidak semudah seperti halnya pada kuning telur, akan tetapi sayuran ini adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan antioksidan yang dibutuhkan mata agar lebih sehat. Jangan lupa untuk memasak sayuran dengan minyak zaitun atau minyak kelapa berkualitas agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Salmon (dan lemak ikan lainnya)

Salmon, tuna atau bahkan ikan asin bukan hanya lezat, tapi juga kaya akan asam lemak omega-3 DHA, yang mana ditemukan juga pada retina kita. Zat ini memiliki peran penting untuk mencegah sindrom mata kering serta secara drastis membantu mengurangi resiko degenerasi makula. Dua sampai empat porsi ikan berlemak ini sudah cukup untuk memastikan kesehatan seluruh mata. Namun bila Anda tidak suka makanan laut, Anda masih bisa memperoleh asupan DHA yang cukup dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan atau bisa juga minyak nabati yang mengandung minyak biji rami atau minyak biji blackcurrant.

 

4. Buah Berry dan Jeruk

Buah berry terutama blueberry dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat untuk mata Anda. Ini karena buah berry mengandung vitamin A, E, C dan zinc dalam jumlah yang tinggi. Vitamin A sendiri adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah peradangan pada mata sekaligus dapat memerangi radikal bebas. Sementara vitamin C berperan dalam melawan tekanan intraokular (tekanan didalam mata), yang jika dibiarkan dapat meningkatkan potensi berkembangnya glukoma. Vitamin E dapat membantu mencegah pembentukan katarak, sedangkan seng (zinc) adalah mineral kuat yang membantu melindungi mata terhadap resiko kebutaan malam (degenerasi makula). Sementara buah jeruk merupakan sekutu lainnya dalam memerangi penyakit mata, karena kandungan vitamin C yang dimiliki buah ini sangatlah tinggi

Baca Juga  11 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh Kita, Hidup Sehat

5. Wortel (dan produk berwarna orange lainnya)

Makanan yang baik untuk mata dan sudah umum dikenal yaitu Wortel dan juga produk  berpigmen orange seperti ubi jalar, labu, dan mangga yang dapat membantu kesehatan mata secara umum. Buah-buahan dan sayuran ini juga mengandung lutein.

6. Almond

Almond dan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya, kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin ini telah terbukti memperlambat degenerasi makula dan melindungi mata Anda terhadap pembentukan katarak. Dan untuk kesehatan, Anda cukup nikmati segenggam kacang almond setiap hari untuk mendapatakan kira-kira setengah dari dosis yang disarankan dilengkapi dengan buah beri dan makanan kaya vitamin E lainnya.

Dengan 6 makanan yang baik untuk mata ini, semoga indera penglihatan Anda selalu sehat selamanya dan tak lekang dengan usia.

Tags:

Related to: 6 Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata dan terhindar dari penyakit