6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah Berikut ini adalah Penjelasannya

August 16, 2016

Bibir kering dan pecah-pecah memang menjadi masalah tersendiri dari rasa perih hingga mengganggu penampilan seseorang. Biasanya bibir yang pecah disebabkan karena kurangnya asupan mineral dan air yang cukup dan terkadang efek terparahnya bibir menjadi lebih kering. Bibir kering ini akan rawan sekali untuk terluka atau terkena sariawan. Banyak orang yang tidak sadar bahwa bibir yang kering bisa menjadi indikasi suatu penyakit sedang menyerang tubuh.

bibir kering dan pecah

Ilustrasi bibir kering dan pecah

Menurut Boldky menerangkan ada efek tersendiri dari penyakit yang menyerang sehingga bibir menjadi pecah-pecah dan kering tidak normal. Berikut ini akan menjelaskan kepada Anda beberapa penyebab dan cara menanggulangi bibir kering dan pecah tersebut.

Demam

Penyebab yang pertama adalah demam yang dirasakan oleh tubuh secara tiba-tiba. Efek ini karena tubuh merasakan kurangnya cairan yang lebih atau dehidrasi maka dari itu bibir menjadi pecah atau kering. Untuk menanggulanginya cukup mudah, konsumsi minuman isotonik yang bisa menambah hidrasi tubuh ditambah bibir yang kering bisa di atasi dengan mengoleskan madu pada bibir.

Muntah

Penyebab lain disebabkan oleh muntah, sama halnya dengan demam karena saat muntah cairan tubuh menjadi lebih berkurang. Kondisi ini juga menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah apalagi menjadi kering total. Salah satu cara penanggulangannya adalah minum air kelapa agar dapat menetralkan kondisi lambung dan perut ditambah bisa memberikan hidrasi yang lebih untuk tubuh. penyebab muntah ada banyak seperti alergi, keracunan, terjadi kontraksi dalam lambung, atau hal lainnya.

Baca Juga  Gizi Buruk Anak Akibat Kelalaian Orang Tua Atau Pemerintah ?

Diabetes dan Amebiasis

Salah satu penyakit yang berbahaya yaitu diabetes dan amebiasis yang menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang tinggi. Biasanya hal ini akan terjadi setiap hari, bibir menjadi kering dan pecah dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menanggulanginya bisa langsung datang berobat ke dokter karena ada kemungkinan besar terjadi infeksi usus besar dan infeksi  hati. Perlu diwaspadai karena penyakit tersebut bukan penyakit biasa.

Sering Kencing

Air yang keluar dari tubuh secara terus menerus memang menyebabkan kekurangan cairan, maka dari itu saat sering kencing juga berlaku hal yang sama. Sering kencing ternyata bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah, maka dari itu perlu Anda waspadai dan melakukan berbagai cara untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Diare

Anda pasti sudah paham karena beberapa penyebab bibir pecah dan kering disebabkan karena masalah kekurangan cairan. Hal ini sama dengan diare karena ketika terserang diare tubuh akan merasakan cairan yang terbuang secara lebih sehingga menekan peredaran cairan ke tubuh lainnya, maka dari itu bibir akan terlihat pecah dan kering.

Baca Juga  Indonesia Demam China, di sela Kasus Vaksin Palsu China Akan Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia

Menjilat Bibir

Beberapa orang banyak yang tidak sadar karena pada kondisi yang panas sering sekali menjilat bibirnya agar tidak kering, cara ini justru akan membuat bibir menjadi lebih kering. Anda bisa menggunakan pelembab bibir atau madu untuk menjaga agar bibir tetap basah dan  mempesona.  Banyak orang yang mengatakan bahwa manfaat madu sangat besar sekali dalam memberikan nutrisi bibir yang kering dan pecah.

Penyebab bibir kering atau bibir pecah memang banyak sekali untuk itu Anda perlu lebih waspada dalam menghadapinya. Sebagian besar disebabkan karena kekurangan cairan tetapi sebagian yang lainnya disebabkan karena indikasi penyakit yang menyerang, untuk itu Anda perlu menjaga kesehatan lebih baik lagi. Kondisi bibir kering dan pecah bisa langsung reda jika Anda mengatur hidrasi pada tubuh Anda dengan menambahkan madu sebagai olesan pada bibir jika masih kering.

Tags:

Related to: 6 Penyebab Bibir Kering dan Pecah Berikut ini adalah Penjelasannya