6 Penyebab Timbulnya Komedo di Wajah, Salah Satunya Karena Stress

October 31, 2016

Penyebab Timbulnya Komedo di Wajah – Banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo di hidung secara alami. Tidak hanya wanita saja yang mengalami masalah komedo, kaum pria juga mengalami hal yang sama.

Jenis kulit wajah yang berminyak cenderung sering mengalami masalah ini jika dibandingkan dengan jenis kulit yang normal atau kering. Komedo lebih sering muncul di hidung, pipi, dan area T-zone. Biasanya kulit wajah berminyak yang memiliki banyak komedo, sedangkan kulit wajah yang kering dan normal komedo hanya ada di hidung saja. Masalah komedo bisa mengganggu penampilan seseorang.

Komedo membuat kulit wajah seseorang menjadi tidak mulus juga membuat make up menjadi tidak menempel secara sempurna. Kesalahan dari mereka yaitu sering memencet komedo di wajah. Jika komedo dipencet, efeknya akan menimbulkan jerawat dan pori-pori akan menjadi besar. Jika hal ini terjadi, akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kecantikan yang lebih komplek lagi.

Penyebab Komedo

Penyebab Komedo

Sebelum dan sesudah komedo di bersihkan

Sebelum Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan komedo secara alami, alangkah baiknya jika Anda mengetahui lebih dulu penyebab komedo. Berikut ulasannya.

Produksi Minyak Yang Berlebih

Baik pria atau wanita memiliki minyak berlebih pada wajah. Meskipun kelebihan dari kulit berminyak dapat membuat awet muda, tetapi kulit berminyak memiliki banyak masalah. Timbunan lemak serta minyak pada pori-pori membuat wajah jadi memiliki banyak komedo. Jika Anda memiliki banyak komedo di wajah, saat Anda mengusap wajah sudah dipastikan akan terasa kasar.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami dan Permanen

Make Up Yang Berlebih

Penggunaan make up yang berlebih juga menyebabkan timbulnya banyak komedo pada wajah. Make up yang dapat menyebabkan komedo yaitu pelembab, alas bedak, milk cleanser, foundation, tabir surya serta kondisioner pun dapat menyebabkan komedo. Oleh karena itu, maka gunakan make up sewajarnya saja jangan berlebihan, setelah itu segera bersihkan make up dengan cara yang tepat.

Dalam hal ini memilih make up yang sesuai dengan jenis kulit dapat sangat membantu mencegah komedo. Contohnya, jika kulit Anda berminyak maka jangan menggunakan pelembab yang dapat menimbulkan kilap. Sedangkan untuk jenis kulit yang kering, dapat menggunakan jenis pelembab yang melembabkan tetapi setelah itu segera bersihkan dan cuci muka Anda dengan cara yang tepat.

Kotoran dan Debu

Penyebab komedo

masker komedo

Kotoran dan debu yang melekat pada wajah juga dapat menyebabkan timbulnya komedo yang berwarna hitam. Pada umumnya komedo ada dua jenis, yang pertama yaitu komedo hitam atau yang biasa disebut dengan komedo terbuka.

Baca Juga  Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya Dengan Air Hangat

Pada pori-pori yang terbuka membuat komedo menjadi mudah terlihat. Jenis komedo yang kedua yaitu komedo warna putih atau yang biasa disebut dengan komedo tertutup. Mengapa komedo ini disebut komedo tertutup? Karena komedo ini tertutup di bawah pori-pori. Dan diperlukan cara yang khusus untuk dapat menghilangkan komedo ini. Bukan dengan cara memencetnya, tetapi menggunakan bahan-bahan alami yang sudah disediakan oleh alam. Komedo tertutup membuat wajah menjadi terasa agak kasar.

Hidup Yang Tidak Sehat

Hidup yang tidak sehat seperti merokok yang berlebihan, mengkonsumi minuman yang mengandung kafein serta alkohol juga dapat menyebabkan timbulnya komedo. Orang yang memiliki kebiasaan tersebut, tidak hanya membutuhkan cara untuk menghilangkan komedo tetapi juga cara untuk menyehatkan tubuhnya sendiri.

Stres

Ketika sedang stres, hormon berlebihan akan timbul di wajah. Hormon tersebut dapat memicu tumbuhnya komedo dan jerawat.

Makanan

Jenis makanan seperti gorengan, junk food, dan berlemak juga merupakan salah satu penyebab munculnya komedo. Tidak hanya itu saja, jenis makanan yang manis dan yang kaya akan karbohidrat juga sebagai pemicu hadirnya komedo dan jerawat di kulit Anda.

Tags: , , ,

Related to: 6 Penyebab Timbulnya Komedo di Wajah, Salah Satunya Karena Stress