Buah-BuahanYang Harus Diperhatikan Oleh Penderita Diabetes

November 21, 2016

7 Buah ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Diabetes – Diabetes atau yang disebut dengan kencing manis adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang dewasa. Diabetes adalah dimana tubuh tidak bisa mengkonversikan gula dan karbohidrat yang dihasilkan dari makanan menjadi glukosa dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas,

selain itu diabetes juga disebabkan karena insulin yang dihasilkan di pankreas tidak mencukupi untuk proses menyerap gula di dalam tubuh.

Itu sebabnya penderita diabetes harus mengurangi makan makanan yang manis dan juga mengatur kadar gula dalam darahnya. Tidak menutup kemungkinan bagi buah-buahan yang harus dihindari bagi penderita diabetes,walaupun buah-buahan memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa buah-buahan yang harus dihindari oleh penderita diabetes karena mengandung kandungan yang dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Buah-buahan yang harus dihindari bagi penderita diabetes antara lain.

7 Buah ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Diabetes

7 Buah Pantangan Diabetes

1. Buah Mangga

Buah mangga memang banyak mengandung serat dan berbagai macam vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi, tetapi buah mangga adalah buah yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Di dalam buah mangga terkandung banyak sekali gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Maka dari itu mangga tidak disarankan dikonsumsi secara terus menerus bagi penderita diabetes.

2. Buah Anggur

Buah anggur adalah buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah karena kandugan serat dan berbagai vitamin yang menambah kelengkapan nutrisinya,

tetapi ternyata buah anggur tidak baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Di setiap 3 ons anggur yang dimakan itu mengandung 15 gram karbohidrat yang ada di dalamnya.

3. Buah Nanas

Buah yang banyak kita jumpai ini sangat mudah untuk mengkonsumsinya bisa dengan dimakan langsung dan juga bisa di buat minuman seperti jus nanas.

Kandungan di dalam buah nanas banyak mengandung vitamin C yang bagus bagi antioksidan di dalam tubuh, tetapi nanas adalah buah pantangan bagi penderita diabetes karena di dalam secangkir buah nanas mengandung karbohidrat sebanyak 20 gram dan juga mengandung kadar gula yang tinggi dan tidak baik dikonsumsi penderita diabetes.

4. Buah Aprikot

Buah Aprikot adalah buah yang harus dihindari bagi penderita diabetes karena di dalamnya terkandung kadar gula yang tinggi sekitar 57 mg/dL,

selain itu jika buah aprikot ini dijadikan jus maka dalam setengah cangkir jus aprikot mengandung 8 gram karbohidrat.

5. Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh, jadi saat kita bepergian jauh kita bisa mengkonsumsi buah pisang guna menggantikan energi yang hilang.

Buah pisang adalah buah yang mudah kita temui dan bisa kita konsumsi sehari-hari, tetapi tidak bagi penderita diabetes yang tidak boleh mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

Baca Juga  Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

Dalam setengah cangkir pisang yang dibuat jus itu terkandung karbohidrat sebanyak 15 gram, selain itu di dalam buah pisang banyak mengandung kadar gula yag tinggi yaitu sebanyak 46 sampai 70 mg/dL.

Maka dari itu penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan jika tidak ingin kadar gula dalam darah meningkat.

6. Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang banyak mengandung air di dalamnya, selain itu di dalam buah semangka juga banyak mengandung kalori dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan C.

ternyata di dalam buah semangka terdapat kadar gula yang tinggi yaitu sekitar 71 mg/dL dan juga dalam setengah cangkir jus semangka mengandung 5 gram karbohidrat.

7. Buah Pepaya

Buah yang sangat baik bagi pencernaan ini ternyata harus dihindari bagi penderita diabetes karena di dalam buah semangka mengandung tinggi karbohidrat dan kalori, selain itu kadar gula di dalamnya sebesar 59 mg/dL.

10 Buah yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit diabetes? Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh semua kalangan saat ini,

biasanya kebanyakan diabetes menyerang orang dewasa dan orang yang sudah lanjut usia tetapi saat ini diabetes bisa menyerang semua kalangan seperti anak-anak, dan remaja juga bisa berpotensi diabetes.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan dari pola makan dan juga gaya hidup yang kurang sehat serta tidak mementingkan kesehatan seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, gemar mengkonsumsi makanan manis, junk food dan malas untuk olahraga.

Penyakit yang sering disebut dengan sebutan kencing manis ini berhubungan erat dengan kadar gula darah karena penyebab utama dari diabetes adalah dimana tubuh tidak bisa mengkonversikan gula dan karbohidrat di dalam darah yang dirubah menjadi glukosa dan berguna untuk membentuk energi karena gangguan metabolism yang terjadi di dalam tubuh.

Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Selain itu diabetes juga bisa disebabkan karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses penyerapan gula di dalam darah karena pankreas yang tidak bisa menghasilkan dengan maksimal.

Maka dari itu mengapa penderita diabetes harus mengatur pola makan dan juga gula yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang banyak mengandung fruktosa seperti dibuah-buahan,

walaupun buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh tetapi ada juga buah yang tidak boleh dan harus dihindari bagi penderita diabetes.

Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

1. Buah Beri
Berbagai buah yang berjenis beri seperti blueberi, raspberi adalah buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat menjadi antioksidan dan juga di dalam buah beri ini banyak mengandung vitamin,

Baca Juga  3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Lengkap

kaya akan serat dan juga rendah akan karbohidrat. Jadi dengan mengkonsumsi buah beri ini tidak akan membuat penderita diabetes menjadi was-was.

2. Buah Apel
Buah apel memang sangat baik bagi kesehatan karena berbagai macam kandungan yang adadi dalamnya. bagi penderita diabetes jika ingin mengkonsumsi buah apel dianjurkan untuk menghindari mengupas kulitnya karena dikulit apel sendiri banyak mengandung antioksidan yang baik bagi penderita diabetes serat banyak mengandung vitamin C dan serat.

3. Buah Jeruk
Di dalam buah jeruk banyak sekali mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan dan aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu buah jeruk ini memiliki kandungan yang rendah kalium dan juga karbohidrat.

4. Buah Ceri
Buah ceri ini adalah buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes karena di dalam buah ceri mengadung zat antioksidan dan juga buah ini rendah karbohidrat dan juga rendah akan zat glikemik.

5. Buah Pir
Penelitian mengatakan bahwa buah pir sangat bagus bagi penderita diabetes dan dianjurkan untuk menjadi dari bagian menu utama makan sehari-hari karena buah ini banyak mengandung serat dan rendah karbohidrat.

6. Melon dan Semangka
Buah ini adalah buah yang aman jika dikosumsi oleh penderita diabetes kerena kalium, likopen, vitamin B dan C serta Betakaroten.

7. Buah Kiwi
Buah kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C yang baik bagi penderita diabetes dan sangat aman jika dikonsumsi sehari-hari.

8. Jeruk Bali
Jeruk bali adalah buah yang sehat dengan rasanya yang manis dan asam. Ternyata buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

9. Buah Aprikot
Buah aprikot adalah buah yang rendah akan karbohidrat dan juga banyak mengandung vitamin A yang bagi bagi kolesterol.

10. Buah Persik
Buah yang rendah akan karbohidrat dan juga kaya akan vitamin A dan C serta kaya akan serat ini sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Itulah Pembahasan mengenai Buah yang baik dan tidak baiknya bagi penderita diabetes, semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , ,

Related to: Buah-BuahanYang Harus Diperhatikan Oleh Penderita Diabetes