7 Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur Terbukti Ampuh

August 19, 2016

7 Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur – Insomnia atau yang sering disebut dengan permasalahan sulit tidur memang disebabkan oleh beberapa faktor seperti tekanan pikiran atau kurangnya asupan gizi yang tepat. Maka dari itu kondisi ini menjadi masalah bagi beberapa orang. Sulit tidur akan berdampak pada aktivitas selanjutnya apalagi ketika masalah ini terus berlanjut selama beberapa hari, tentu akan sangat mengganggu aktivitas. Pada beberapa orang ada juga yang sudah biasa dengan masalah ini sehingga tidak berpengaruh pada aktivitas dirinya namun tetap saja jika dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini akan memberikan 7 cara jitu mengatasi insomnia dengan tepat.

ara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur

Ilustrasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Menggunakan Gula atau Madu

Bukan berarti Anda  harus mengkonsumsi makanan yang mengandung atau madu karena pada penggunaannya sangat sederhana. Anda  tinggal membuat larutan dari gula secukupnya atau bisa juga menggunakan madu. Setelah meminumnya pasti akan membuat kualitas tidur pada hari itu sangat terjamin. Beberapa penelitian mengatakan bahwa efek dari gula atau madu dapan menurunkan tingkat stress dan dapat menambah efek relaksasi pada tubuh pemakainya.

Satu Gelas Susu Sebelum Tidur

Segelas susu ditambah dengan makanan berkarbohidrat kecil bisa membantu Anda  mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain susu Anda  juga bisa memanfaatkan makanan lain yang memiliki kandungan yang sama seperti keju, tuna, atau kedelai karena pada bahan tersebut mengandung trytophan yang merupakan zat untuk menenangkan dan membantu untuk tidur lebih cepat. Beberapa orang yang memiliki insomnia berat akan mudah tidur dengan makanan tersebut.

Baca Juga  Mengatasi Susah Tidur 11 Cara ini Mudah untuk Mengatasinya

Teh Hijau

Tidak hanya memberikan kebaikan dalam tubuh Anda , teh hijau ternyata juga dapat membantu dalam memberikan efek relaksasi. Pada perkembangannya sekarang ini, teh hijau digunakan sebagai minuman kesehatan yang bisa untuk melangsingkan dan menghilangkan insomnia juga. Untuk itu sebelum tidur Anda  bisa mencoba meminum segelas teh hijau ini.

Aroma Relaksasi

Jika Anda  sedang diet atau menghindari makanan bisa dengan alternatif satu ini yaitu mencium aroma relaksasi. Aroma ini bisa dihasilkan dari bahan tertentu misalkan dari lilin atau udara segar di luar ruangan. Anda  juga bisa menggunakan aroma dari parfum tertentu yang Anda  suka sehingga tubuh menjadi lebih relaksasi dan mengurangi stress.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein dapat memberikan efek aktif pada jaringan syaraf Anda  sehingga ketika meminum minuman yang mengandung kafein akan berdampak pada sistem jaringan Anda . Biasanya kafein tersebut ditemukan pada minuman kopi, permen kopi, minuman energi, dan masih banyak lagi. Dengan menghindari kafein tersebut bisa mengurangi efek tegang pada sistem jaringan Anda .

Baca Juga  Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga

Kurangi Tidur Siang

Jika Anda  memiliki kebiasaan tidur siang sebaiknya menghindari hal ini karena jika tidur siang apalagi dengan rentang waktu yang cukup lama (3-4 jam) akan berdampak pada malam harinya. Kurangi tidur siang ini sehingga pada malam hari bisa membantu Anda  untuk tidur lebih nyenyak lagi.

Mandi Air Hangat

Beberapa cara alternatif yang sangat berdampak adalah mandi dengan air hangat karena cara ini juga membuat badan menjadi sangat nyaman dan mengurangi stress secara penuh terhadap kondisi luar. Biasanya orang luar negeri banyak yang menggunakan cara ini karena dinilai lebih mudah untuk membuat tidur.

Dari beberapa cara tersebut kini Anda  bisa tahu apa saja yang bisa membantu Anda  dalam menyelesaikan permasalahan insomnia tersebut. Beberapa cara lain biasanya menggunakan metode psikologi untuk menghadapi pikiran yang stress karena sebagian besar insomnia disebabkan oleh masalah tersebut.

Tags: , ,

Related to: 7 Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur Terbukti Ampuh