7 Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagus Untuk Kandungan Nutrisi

November 21, 2016

Manfaat buah pisang memiliki beberapa varian nama pisang, tetapi tidak menurutkan nafsu dari masyarakat untuk mengkonsumsi buah ini. Dari segi manfaat, masyarakat ada yang lebih menyukai pisang dengan diblender, dimakan langsung setelah makan bersama keluarga, atau menggilingnya

Melimpahnya berbagai macam buah pisang, seimbang dengan banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam buah pisang. Berikut ini adalah uraian mengenai 7 nutriai penting yang terdapat di dalam buah pisang yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatannya tetap terjaga.

Kandungan Di buah Pisang

Kalium

Kalium adalal mineral yang memiliki peran sebagai peminimalisir sekaligus untuk mengontrol tekanan darah manusia. Satu buah pisang yang berukuran sedang atau medium terdapat 467 mg kalium di dalam tubuh.

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang penting dalam menjaga kepadatan tulang serta untuk mencegah pengeroposan pada tulang (osteoporosis). Buah pisang kaya akan kandungan mineral kalsium, pada 100 gram buah pisang dapat memberikan kebutuhan kalsium untuk tubuh sebanyak 5 mg.

Karbohidrat

Buah pisang sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga, karena buah pisang dapat menyumbang energi tambahan setelah Anda menggunakannya untuk bergerak banyak. Kandungan karbohidrat yang tersimpan di dalam buah pisang yang memberikan manfaat ini sebanyak 22,84% pada 100 gram buah pisang.
Nutrisi penting lainnya yang membuat buah pisang ini menjadi semakin menakjubkan adalah gula sebanyak 12,23 gram dan kandungan serat sebanyak 2,6 gram pada 100 gram buah pisang. Serat pada buah pisang dapat melancarkan sistem pencernaan yang mengalami gangguan kesehatan.

Vitamin C

Pada 100 gram buah pisang terdapat vitamin C sebanyak 8,7 miligram. Vitamin C di dalam tubuh berfungsi sebagai pencegah terjadinya stres oksidatfi, kandungan antioksidan pada buah pisang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang rawan atau mungkin bisa terjadi.

Baca Juga  Manfaat Daun dan Sirih Merah Untuk Kesehatan

Vitamin B6

Piridoksin di dalam tubuh berfungsi untuk membantu proses asimilasi. Hal ini adalah alasan terpakainya piridoksin sebagai salah satu formulasi untuk membentuk vitamin B-kompleks
Pada 225 gram buah pisang tedapat kandungan vitamin B6 sebanyak 0,8 miligram yang siap ditampung oleh tubuh. Sumber vitamin B6 selain buah pisang adalah biji bunga matahari, kacang hijau, sawi, kembang kol, paprika, serta beberapa jenis ikan laut.

Manfaat buah pisang

Manfaat Buah Pisang

Jika Anda masih merasa ragu akan manfaat buat pisang karena belum pernah diiklankan di televisi, mungkin rangkuman pada artikel ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa penasaran akan khasiat buah pisang.

Dapat Mengontrol Berat Badan

Manfaat buah pisang yaitu dapat mengontrol berat badan, karena pisang sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet atau saat melakukan proses penambahan berat badan. Hal ini dikarenakan di dalam satu buah pisang yang berukuran sedang hanya menyimpan 110 kalori yang dapat mudah terbakar jika Anda memaksimalkannya dengan berolahraga yang rutin.

Memasok Energi Untuk Tubuh

Manfaat buah pisang sebagai pemasok energi untuk tubuh. Sehabis, cobalah untuk mengkonsumsi 2 buah pisang matang yang berukuran sedang. Hal ini bertujuan supaya energi yang diproduksi oleh tubuh bisa mendapatkan bantuan tambahan dari buah yang kulitnya berwarna kuning ini.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat buah pisang berikutnya adalah untuk memperlancar sistem pencernaan. Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi serta karbohidrat yang cukup, sehingga menjadikan buah pisang sebagai obat sembelit. Buah pisang tidak hanya berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan serta penyerapan nutrisi dalam usus saja, tetapi kandungan nutrisi di dalam buah pisang yang berupa serat juga dapar membantu mencegah obesitar, diabetes melitus, kanker usus besar, serta jantung koroner yang disebabkan karena kelebihan kolesterol.

Baca Juga  Tips Cepat Kurus Remaja Tanpa Olah Raga dan Obat

Membantu Pembentukan Sel

Manfaat buah pisang berikutnya adalah untuk membantu pembentukan sel. Lemak yang tersimpan di dalam buah pisang dapat membantu tubuh untuk membentuk jaringan serta sel seperti membran sel.

Melancarkan Buang Air Besar

Penggabungan antara lemak dan karbohidrat selain dapat mengatasi masalah sembelit juga dapat memudahkan proses BAB. Lemak di sini berfungsi dalam usus untuk melancarkan proses pencernaan sehingga membuat zat yang tersisa dapat dikeluarkan dalam bentuk feses.

Mengatur Suhu Tubuh

Manfaat buah pisang selanjutnya adalah untuk mengatur suhu tubuh. Jika Anda sedang berasa di dalam cuaca yang dingin, cobalah mengkonsumsi buah pisang agar suhu tubuh menjadi terasa lebih hangat.

Menjaga Organ Tubuh

Di dalam tubuh ada banyak organ vital yang kesehatannya harus dijaga baik-baik, karena jika rusak maka berbagai masalah kesehatan akan menghantui Anda. Agar proses penjagaan lebih mudah, Anda dapat mengawalinya dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang yang memiliki kadar lemak tidak terlalu berlebih, sehingga sangat baik untuk seluruh kesehatan organ tubuh.

Mengencangkan Kulit

Manfaat buah pisang yaitu untuk mengencangkan kulit. Kulit membutuhkan nutrisi yang cukup seperti vitamin C agar kesehatannya tetap terjaga. Buah pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Banyak ahli yang memberikan resep perawatan menggunakan buah pisang, contohnya dijadikan sebagai masker untuk memutihkan kulit juga untuk mengencangkannya.Selesai sudah pembahasan mengenai manfaat buah pisang. Semoga dengan membaca artikel ini, membuat Anda menjadi lebih suka mengkonsumi buah pisang. Pada dasarnya semua jenis buah-buahan memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi alangkah baiknya jika kita membuat jadwal waktu untuk mengkonsumsi buah-buahan tiap harinya.

Tags: , ,

Related to: 7 Manfaat Dan Khasiat Buah Pisang Bagus Untuk Kandungan Nutrisi