7 Obat Bahan Alami Menyembuhkan Sariawan dengan Aman

August 26, 2016

Apa itu Sariawan, Dalam bahasa medis sariawan dikenal dengan nama stomatitis. Sariawan yaitu adanya peradangan di bagian mukosa mulut atau pada pipi bagian dalam. Bentuk sariawan yaitu berupa bercak yang berwarna putih atau kekuningan. Munculnya sariawan bisa sendirian atau bisa juga berkelompok. Tidak hanya di mukosa mulut saja, sariawan dapat muncul di bagian rongga mulut yang lain seperti pada gusi, lidah, bibir bagian dalam, dangit-langit dalam. Rasa nyeri dari sariawan membuat Anda menjadi malas makan hingga enggan untuk beraktifitas.

Biasanya sariawan diawali dengan luka kecil yang berwarna putih yang muncul di daerah sekitar rongga mulut. Kemudian seiring berjalannya waktu luka tersebut akan membesar. Selain tanda awal tersebut, sariawan juga bisa ditandai dengan rasa sensasi terbakar di bagian lidah. Anda juga akan mengalami kesulitan untuk makan, minum, hingga berbicara karena rasa tidak nyaman yang muncul dari sariawan, dan jika Anda tidak sengaja menggigitnya maka akan menjadi lebih parah.

Metode Pengobatan Sariawan

sariawan

sariawan di bibir

Sebenarnya sariawan dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, jika kehadiran sariawan ini cukup mengganggu, Anda dapst menggunakan beberapa obat untuk menyembuhkan sariawan. Obat yang dapat Anda gunakan yaitu obat anti-jamur, obat tetes, obat kumur, atau tablet.

Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut, lebih baik Anda kosultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui tentang keamanannya.

Untuk Anda yang khawatir dengan efek samping dari obat-obatan, ada cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sariawan. Bahan yang digunakan pun cukup mudah dan Anda bisa memperolehnya di dapur atau di kebun sekitar rumah. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan rongga mulut dari sariawan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Gatal Setelah Digigit Nyamuk

Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk memasak, ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Tetapi, pastikan bahwa Anda menggunakan minyak kelapa yang murni. Sebelum mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terdapat sariawan, terlebih dahulu campurkan minyak kelapa dengan madu. Setelah itu, Anda oleskan minyak kelapa yang sudah dicampur madu ke bagian rongga mulut yang terdapat sariawan.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang memiliki kandungan antisepti yang mampu membasmi bakteri jahat yang ada di dalam rongga mulut. Untuk menghilangkan sariawan, Anda dapat menggunakan kunyit dalam bentuk pasta sebagai obat sariawan. Caranya yaitu gerus kunyit bersama dengan air hangat sampai teksturnya lembek, lalu oleskan secara perlahan pada bagian sariawan tersebut.

Daun Basil

Sama halnya dengan kunyit, daun basil adalah salah satu bumbu dapur yang dapat Anda gunakan untuk mengobati rongga mulut dari sariawan. Caranya yaitu rebus daun basil sesuai dengan kebutuhan Anda sampai mendidih, lalu gunakan air rebusan daun basil sebagai obat sariawan dengan cara dioleskan atau meminumnya.

Bawang Putih

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa bawang putih adalah obat tradisiona yang terkenal mujarab. Sama halnya dengan kunyit, bawang putih juga memiliki kandungan antiseptik di dalamnya yang mampu membunuh virus serta bakteri. Cukup dengan mengiris bawang putih, kemudian bagian dagingnya dioleskan ke permukaan sariawan. Lakukanlah metode pengobatan ini secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Air Garam Dan Es Batu

Air adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan. Selain itu, air yang sudah dalam bentuk es batu juga dapat Anda gunakan untuk meredakan rasa sakit juga bengkak yang disebabkan sariawan. Anda cukup mengompres bagian yang bengkak atau sakit dengan es batu secara teratur.

Baca Juga  Vitamin yang Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Minyak Peppermint

Peppermint selama ini mungkin dikenal sebagai salah rasa yang ada di permen. Namun, peppermint yang dalam bentuk minyak dapat berfungsi untuk mengobati sariawan. Caranya yaitu cukup oleskan minyak peppermint ke permukaan sariawan. Lalu diamkan selama 15 menit dan bersihkan menggunakan air bersih dengan berkumur. Lakukanlah cara ini sebanyam dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baking Soda

Pada umumnya baking soda digunakan untuk membuat kue atau pangan sejenisnya. Tapi tahukah Anda, bahwa baking soda dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sariawan. Cukup membuat baking soda menjadi pasta yang dicampur dengan air dan garam, lalu oleskan pada bagian yang terdapat sariawan selama 10 menit, kemudian berkumur dengan air bersih.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati sariawan, tentu Anda tidak bisa mendapatkan hasil secara instan. Tetapi metode pengobatan ini tidak ada efek samping. Terutama untuk Anda yang alergi pada obat-obatan medis. Selain itu, Anda juga harua menghindari stress dan istirahatlah yang cukup, agar sariawan bisa cepat hilang. Semoga tips ini bermanfaat.

 

Tags: , ,

Related to: 7 Obat Bahan Alami Menyembuhkan Sariawan dengan Aman