8 Minuman dan Makanan yang Berguna Untuk Mengatasi Rasa Mual

February 5, 2016

Rasa mual adalah dimana kondisi tubuh yang hampir sama dengan muntah, tetapi mual tidak sampai mengeluarkan makanan yang kita makan seperti muntah.

Mual adalah kondisi tubuh yang dapat mengurangi nafsu makan. Kebanyakan mual dialami oleh ibu yang sedang hamil muda, saat kita masuk angin, mencium bau-bau yang dapat menyebabkan mual.

Mengatasi Rasa Mual

Mengatasi Rasa Mual

Makanan yang kita makan juga bisa menyebabkan timbulnya rasa mual itu muncul. Kebanyakan orang saat mual untuk mencegahnya adalah dengan makan permen tetapi masih banyak cara untuk mencegah mual.

Salah satunya adalah dengan cara makan dan minum yang dapat mencegah mual, antara lain.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan yang dipercaya bisa menghilangkan rasa mual sejak dahulu, karena rasa jahe yang hangat dan sedikit pedas dapat menghilangkan rasa mual dan membuat nafsu makan bertambah.

Saat mual sudah semakin parah dan ada rasa ingin muntah cepat-cepat untuk menggigit jahe sampai air yang ada di jahe keluar dan ditelan.

Jahe juga bisa diolah menjadi minuman atau campuran ke dalam minuman seperti teh atau juga bisa dengan memakan permen jahe.

Buah Apel

Sebuah penelitian membuat riset buah apel memang sangat bagus bagi kesehatan tubuh, karena di dalam kandungan yang ada seperti vitamin dan juga kaya akan serat.

Baca Juga  Manfaat Makan Telur Bagi Kesehatan

Buah ini juga salah satu buah yang bisa dijadikan untuk diet sehari-hari dengan mengolahnya menjadi salad. Ternyata buah apel juga dapat mengurangi rasa mual yang dirasakan karena kandungan air dan seratnya yang banyak.

Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang dapat menambah energi yang hilang. Saat kita dalam perjalanan jauh atau naik gunung sebaiknya memakan buah pisang guna menggantikan energi yang sudah hilang.

Buah pisang dapat menambah energi saat kita merasa mual, kerana saat mual kita akan merasa tidak bertenaga dan lemah. Mengkonsumsi buah pisang dapat mengembalikan energi saat mual dan menghilangkan rasa mual itu sendiri.

Buah Jeruk

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C yang dapat mencegah dari penyakit sariawan. Selain dapat menyembuhkan sariawan,

buah jeruk juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual karena antioksidan dari vitamin C yang ada di buah jeruk dan aroma serta rasa buah jeruk yang dominan masam sedikit manis.

Daun Mint

Kebanyakan mint menjadi campuran untuk pasta gigi dan permen yang dapat membuat sensasi dingin dan sejuk saat ada dimulut.

Khasiat daun mint yang bagus bagi pencernaan juga dapat menghilangkan rasa mual. Cukup dengan mengunyah daun mint atau juga bisa dengan memakan permaen mint.

Kacang-kacangan

Salah satu penyebab terjadinya rasa mual karena di dalam tubuh kekurangan sumber protein. Untuk mengatasi kekurangan protein dan mengurangi rasa mual adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang almond, selain itu dengan kita mengkonsumsi kacang-kacangan dapat mencegah rasa mual itu kembali lagi.

Baca Juga  Adakah Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan?

Jus Lemon

Seperti halnya dengan jeruk jus lemon juga bisa meningkatkan dan mengembalikan energi yang hilang akibat kelelahan saat merasakan rasa mual tersebut.

Dengan membuat jus lemon dan ditambah dengan sedikit gula maka akan menjadi minuman yang enak dan dapat mengurangi rasa mual.

Air Putih

Kebanyakan mual terjadi karena terlalu banyak minum air putih. Sebaiknya untuk menghindari rasa mual itu terjadi usahakan untuk minum air putih dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama jangan sekaligus meminum air putih yang banyak.

Itulah 8 Minuman dan Makanan yang Berguna Untuk Mengatasi Rasa Mual Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , ,

Related to: 8 Minuman dan Makanan yang Berguna Untuk Mengatasi Rasa Mual