9 Cara Menghilangkan Penyakit Stretch Mark Secara Medis dan Alami

November 15, 2016

Cara Menghilangkan Stretch Mark  – Stretch mark adalah garia yang pada umumnya berwarna putih hingga merah dan memiliki panjang yang bervariasi dari hanya beberapa milimeter hingga sampai belasan centimeter. Stetch mark biasanya sering terjadi pada bagian perut wanita pasca melahirkan, hal ini karena pada masa kehamilan mengalami perubahan hormon. Selain itu, terjadi juga perubahan berat badan pada wanita hamil yang tidak teratur atau fluktuaktif sehingga terjadi peregangan pada bagian lapisan dermis secara berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Stretch mark sering terjadi pada bagian perut, lengan atas, bokong, payudara dan paha, karena tingkat fleksibelitas pada bagian tubuh tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain, dan ditambah dari beberapa bagian tersebut adalah tempat menumpuknya lemak.

stretch mark

Penyakit stretch mark

Tindakan utama yang bisa Anda lakukan yaitu menyamarkan stretch mark. Seperti yang dipaparkan oleh dr. Amanda Lalita, Sp. KK, dermatologist & venerologist, bahwa stretch mark dapat dipudarkan dengan dua metode, yaitu metode langsung dan tidak langsung.

Cara memudarkan stretch mark secara tidak langsung adalah dengan olah raga. Karena dengan olahraga, otomatis seluruh bagian tubuh melakukan pergerakan sehingga memiliki hasil yang berdampak positif pada sirkulasi darah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh, terutama ke bagian otak.

Sedangkan, cara langsung untuk memudarkan stretch mark yaitu dengan cara mengurangi konsumsi makanan tinggi seperti karbohidrat, mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat, menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok, serta memenuhi kecukupan gizi dengan mengatur dan menerapkan pola makan yang sehat.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Medis

Berikut ini beberapa cara untuk membantu mempercepat proses memudarkan stretch mark pada kulit dengan pengobatan medis.

  1. Krim dan salep

Di apotek terdapat banyak sekali produk krim dan salep dari berbagai merek terkenal, tentu mereka mengklaim bahwa produk yang mereka punya adalah yang paling efektif dalam menghilangkan stretch mark. Karena faktanya stretch mark tidak dapat hilang sepenuhnya, maka dari itu penggunaan krim atau salep ini ditujukan untuk mempercepat proses penyamaran atau memudarkan stretch mark.

  1. Terapi Laser
Cara menghilangkan stretch mark

Cara menghilangkan stretch mark dengan laser

Dengan menggunakan metode yang biasa disebut fractional laser resurfacing juga tidak sepenuhnya dapat menghilangkan stretch mark. Dari beberapa kasus yang terjadi, stretch mark yang ada pada kulit hanya bisa menghilang untuk sementara saja, seiring berjalannya waktu akan timbul lagi. Pengobatan dengan teknik laser ini membutuhkan banyak biaya, sedangkan hasil dari pengobatan tersebut belum terjamin sepenuhnya.

Baca Juga  Berbicara Lebih dari Satu Bahasa Ternyata Bisa Menunda Demensia!

Cara Mengobati Stretch Mark Alami

cara menghilangkan stretch mark

stretch mark di tangan

 

Dari pada membuang uang Anda untuk membeli produk atau melakukan perawatan untuk menghilangkan stretch mark yang hasilnya belum pasti, lebih baik Anda gunakan cara pengobatan stretch mark alami yang lebih aman dan jauh lebih murah.

Walaupun hasil dari pengobatan tradisional ini terbilang lama, selama Anda tekun dan sabar dalam menjalaninya pasti akan terlihat dampak positifnya. Berikut ini adalah cara alami menghilangkan stretch mark yang bisa Anda coba.

  1. Kentang

Satu buah kentang berukuran sedang diiris tebal-tebal, lalu tiap irisan kentang digunakan pada bagian kulit yang terdapat stretch mark dengan cara menggosoknya secara perlahan. Pastikan zat cair yang ada di dalam kentang mengenai kulit. Selang beberapa menit, ganti dengan irisan kentang lainnya hingga habis. Jika irisan kentang sudah habis, diamkan selama beberapa menit. Dan terakhir, basuh dengan menggunakan air hangat hingga tidak lengket.

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Siapkan satu buah ludah buaya yang sudah tua, lalu dibelah menjadi dua bagian, kemudian gel lidah buaya digosokan pada bagian kulit yang terdapat stretch mark. Biarkan selama lima menit, dan terakhir bersihkan dengan menggunakan air hangat.

  1. Air Putih
Baca Juga  Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Lidah

Cara ini yang paling mudah untuk Anda coba, dengan minum air putih sebanyak lebih dari 10 gelas dalam sehari, elastisitas kulit dapat terjaga dan dapat membantu mengeluarkan racun atau kotoran kulit dari dari dalam.

  1. Jus Lemon
  • Buah lemon dipotong menjadi dua bagian, lalu bagian daging digunakan untuk mengoles stretch mark dengan cara gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 10 menit agar cairan dari jus lemon dapat menyerap ke dalam kulit.
  • Terakhir, cuci dengan menggunakan kain yang lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  1. Minyak Zaitun (Olive Oil)
  • Tuangkan beberapa sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil.
  • Kemudian dioleskan ke bagian kulit yang terdapat guratan putih.
  • Lalu pijat secara perlahan selama beberapa menit.
  • Jika sudah, diamkan minimal selama 30 menit agar kandungan vitamin A, D dan E dari minyak zaitun dapat terserap.
  • Kemudian dibersihkan atau dapat juga didiamkan saja karena akan hilang dengan sendirinya.
  1. Bubuk Coklat

Bubuk coklat dibuat menjadi pasta, pastikan krim atau pastanya tidak cair. Lalu pasta tersebut dibalurkan dengan pekat pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark. Biarkan selama 15 menit, lalu dibersihkan. Lakukan cara ini sehari dua kali selama satu sampai dua bulan berturut-turut.

  1. Putih Telur
  • Sediakan dua butir telur, lalu pecahkan.
  • Ambil bagian putih telurnya saja.
  • Kemudian diaduk dengan menggunakan sendok atau garpu sebentar saja.
  • Lalu dioleskan dengan tangan pada bagian kulit yang terdapat stretch mark.
  • Biarkan selama 15 menit hingga menyerap.
  • Setelah itu dibersihkan dengan menggunakan air dan sabun agar bau amis dari telur hilang.

Saat Anda sedang melakukan perawatan dalam mengatasi stretch mark, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi setiap hari mengandung protein yang tinggi juga rendah karbohidrat seperti semangka beserta bijinya, kacang tanah, labu, yoghurt, almond dan putih telur yang direbus.

Tags: ,

Related to: 9 Cara Menghilangkan Penyakit Stretch Mark Secara Medis dan Alami