9 Cara Menghilangkan Stres Dan Penyebabnya yang Mudah Dilakukan

August 2, 2016

Stres adalah suatu kondisi tubuh yang tidak nyaman karena pikiran menampung banyak beban yang berlebih sehingga muncul rasa penat, jika berkepanjangan dapat membuat kesehetan dan kondisi mental seseorang menjadi terganggu. Walau bagaimanapun juga setiap orang tidak bisa hidup jauh dari hal yang menyebabkan stres, karena pasa dasarnya hidup ini adalah sebuah proses di mana ada saat senang dan ada saat sulit.

Seseorang yang mengalami stres dapat dilihat dari beberapa indikator, misalnya seseorang yang mengalami stres akan menjadi labil dalam melakuka  sesuatu, saat bekerja ia terburu-buru dan masih banyak lagi tanda lainnya yang timbul pada orang yang sedang mengalami stres.

penyebab strest

Ilustrasi Strest

Penyebab Stres

Banyak orang yang tidak mengetahui, bahwa hal yang ia lakukan secara terus menerus dengan kondisi otak dan keadaan yang tidak baik dapat memicu terjadinya stres. Berikut ini adalah beberapa penyebab stres yang harus Anda ketahui dengan seksama.

1. Ekonomi
Tidak semua orang dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan, seperti di Indonesia yang mayoritas penduduknya bisa dikatakan menyandang status sosial ekonomi menengah ke bawah.

Faktor ekonomi dapat menjadi pemicu utama seseorang mengalami stres. Seperti contoh dari seorang yang memikirkan bagaimana caranya bisa melunasi SPP sekolah anaknya yang sudah menunggak selama berbulan-bulan, terus menerus berpikir hal yang sama lama kelamaan otak pun akan stres karena hanya berpikir untuk menemukan solusi terbaik dari masalah ekonomi tersebut.

2. Kerja berlebihan
Segala sesuatu yang dilakukansecara berlebihan sangat tidak baik. Sebagai contoh, seseorang yang sedang sakit mengira bahwa minum obat dalam jumlah banyak dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, tetapi hal tersebut justru akan membuat kondisi kesehatan semakin memburuk, bisa mengalami overdosis bahkan dapat menyebabkan resiko kematian.

Begitu juga sama halnya dengan bekerja yang berlebihan. Jika terpaksa, sebaiknya di antara sela-sela waktu Anda bekerja, melakuka refresh otak dengan berjalan-jalan keluar kantor untuk sejenak atau Anda juga bisa mencuci muka dengan air dingin agar wajah Anda tetap sehat dan terlihat segar.

3. Percintaan
Para remaja bau kencung yang baru mengenal dan menikmati manisnya cinta atau mereka yang sudah berkeluarga akan mengalami stres, jika hubungannya dalam percintaan sedang mengalami konflik dan juga akan mengalami kepenatan dalam hidupnya karena masalah tersebut. Sebagai contoh, misalnya pasangan keluarga yang mengalami perselisihan dalam mengatur finansial, atau bertengkar karena masalah yang sepele, misalnya ada rasa ketidakpercayaan antara satu dengan yang lain jika pulang kerja hingga larut malam.

Baca Juga  Wajah Cantikan Wanita Indonesia Tidak Harus Putih Beginilah Penjelasanya

Dengan melihat dan menyimak ketiga faktor yang memicu stres di atas sepertinya sudah mewakili yang lainnya, seperti terobsesi pada kesempurnaan, kurang berminat dalam melakukan sesuatu, bingung akan sebuah kepastian, tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk berkumpul bersama teman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Menghilangkan Stres

Jika masalah tersebut dibiarkan terus mengganggu keseharia Anda, otomatis berbagai masalah pun akan timbul. Seperti salah satunya, rambut menjadi cepat beruban. Tetapi jika memang rambut Anda beruban atau ubanan, Anda dapat coba mengatasinya dengan membaca artikel mengenai cara menghilangkan uban.

Sedangkan untuk mengatasi masalah stres, Anda dapat mengaplikasikan sejumlah cara menghilangkan stres seperti yang dijelaskan di bawah ini :

4. Bernafas dalam-dalam
Jika Anda sedang mengalami stres, coba lakukan yoga. Karena salah satu teknik dari yoga adalah menarim nafas dalam-dalam seperti sedang melakukan meditasi.
Dengan menarik nafas dalam-dalam bisa memproduksi laju hormon endorfin yang membuat pikiran Anda menjadi tenang juga membuat hati Anda bahagia. Sebelum Anda mencobanya, pastikan bahwa Anda melakukannya diruangan yang sejuk dan tidak bising, misalnya di halaman rumah saat sore hari atau ketika pagi hari.

5. Dengarkan musik santai
Anda bisa mendengarkan musik yang melodinya slow sambil makan camilan, atau sebagai referensi coba cari musik klasik yang berjudul “Pachelbel’s Canon in D”. Karena jika didengarkan dengan baik, irama dari lagu tersebut akan membuat hati Anda tersentuh dan pada beberapa bagian melodi dari lagu tersebut mengekspresikan rasa gembira.

6. Positive thinking
Jika ada orang yang membicarakan Anda dari belakang, tetap positive thinking dan sabar. Mungkin mereka sedang membicarakan skill menonjol yang dimiliki oleh diri Anda, seperti ketekunan Anda dalam bekerja, kedisiplinan Anda datang ke kantor, cara Anda bertindak dan berpikir yang cepat, dan beberapa hal lainnya yang membuat diri Anda merasa termotivasi. Karena hal ini dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya stres.

Baca Juga  Bayi Kembar Siam Safira Dan Saqira Sedang Menjalani Operasi Pemisahaan Di RSCM

7. Tertawa atau teriak lepas
Jika Anda ingin tertawa, lakukanlah dengan lepas : “Ha, ha, ha…”. Untuk memancing keinginan tertawa, misalnya Anda bisa menonton video-video lucu atau membaca meme yang kocak.
Sedangkan opsi yang kedua adalah “berteriak lepas dengan suara yang lantang”. Sebaiknya lakukan ini di tempat yang luas dan sepi, seperti di tepi pantai atau di atas tebing yang menjulang tinggi, berteriaklah dengan sekencang-kencangnya. “Aaaaarrrghhhhh…”, lakukan cara ini beberapa kali dan rasakan reaksi yang akan timbul setelah itu.

8. Refreshing
Weekend merupakan pilihan waktu yang tepat untuk bersantai, di sini Anda bisa mengajak kerabat, sahabat, saudara , atau keluarga untuk berjalan-jalan ke pantai atau ke tempat yang menurut Anda asyik untuk dikunjungi. Intinya buat weekend Anda sebisa mungkin bahagia, dengan demikian stres yang menghantui diri Anda akan hilang dalam sekejap.

(Baca Juga : Penyakit Yang muncul akibat pikiran negatif )

9. Selesaikan pekerjaan, saat itu juga!
Ketika pekerjaan Anda sedang menumpuk, kerjakanlah sedikit demi sedikit tapi hari itu selesai juga pekerjaan tersebut. Jangan pernah mengatakan  “Ntar, ntar, dan nanti…”, kenapa begitu? Karena semakin menumpuk pekerjaan tersebut, rasa malas untuk mengerjakannya pun muncul.

Anda dapat mencoba serangkaian kegiatan yang dipercaya dapat mengusir stres, dan hari-hari Anda pun akan kembali bahagia. Jika beban hidup yang Anda pikul tidak ada habisnya, ada baiknya jika Anda pergi ke psikolog untuk menceritakan masalah kehidupan yang Anda alami, dengarkan solusi terbaik yang diberikan oleh psikolog dan lakukanlah.
Cara menghilangkan stres yang dijelaskan di atas adalah hasil survey yang telah dilakukan oleh salah satu lembaga kesehatan. Tentu setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengusir stres, jika Anda memiliki satu tips, jangan sungkan untuk membagikannya melakui kotak komentar yang tersedia di bawah ini.

Related to: 9 Cara Menghilangkan Stres Dan Penyebabnya yang Mudah Dilakukan