9 Makanan Pencegah Kanker Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

November 12, 2016

9 Makanan Pencegah KankerKanker merupakan jenis penyakit yang mematikan, yang telah membuat banyak orang di dunia ini meninggal. Sehingga, penyakit kanker menjadi sangat ditakuti oleh seluruh manusia di dunia ini.

Selain penyakit yang mematikan, penyakit kanker sangat sulit untuk disembuhkan dan proses penyembuhan penyakit kanker memakan waktu juga biaya yang tidak murah.

Sebenarnya, penyakit kanker dapat dicegah oleh pola hidup dan pola makan yang sehat. Sebagaimana yang telah kita ketahui, mengkosumsi makanan yang cepat saji dan makanan yang tidak sehat lainnya, atau minuman beralkohol maupun berkarbonasi dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

Oleh sebab itu, melakukan dan menerapkan pola hidup yang sehat perlu diterapkan untuk mencegah penyakit kanker.

Penyakit Kanker Berbahaya

Sel Kanker

Dan, salah satu pencegahan terjadinya penyakit kanker yaitu dapat dilakukan mulai dengan membiasakan mengkosumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh.

9 Jenis Makanan Pencegah Kanker

Pencegahan terjadinya penyakit kanker terdapat pada jenis makanan, seperti sayuran hijau dan juga pada buah-buahan yang bersifat obat pencegahan awal terjadinya penyakit kanker.

Berikut ini adalah 9 jenis makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker :

1. Bawang Putih

Baawang Putih

Baawang Putih

Bawang putih sebagai rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memberikan penyedap pada setiap jenis masakan.

Bawang putih juga memiliki manfaat sebagai senjata pelindung untuk tubuh, karena bawang putih mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Baca Juga  11 Fakta Tentang Donor ASI Yang Wajib Diketahu Muslim

Selain dapat membantu membunuh sel tumor, bawang putih juga dapat melindungi komponen-komponen pada tubuh yang rentan terserang oleh kanker.

2. Sayur Bayam
Sayur bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sering kita temukan dan juga kita kosumsi, ternyata memiliki fungsi dapat mencegah penyakit kanker.

Hal ini disebabkan karena pada bayam ada kandungan zat karetonoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, bayam juga memiliki sifat pengobatan dalam melawan sel-sel kanker.

3. Buah Berry

Buah Berry

Buah Berry

Yang termasuk dalam kategori keluarga buah berry, seperti blueberry, stroberry, dan juga buah ceri yang didalamnya terdapat kandungan anthocyanin.

Anthocyanian merupakan senyawa yang dapat membantu lambatnya proses terjadinya penuaan, dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan juga kanker.

4. Cokelat
Cokelat selain dapat menyebabkan terjadinya kegemukan pada tubuh, ternyata cokelat dapat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Dalam memilih cokelat, pilih yang berwarna gelap. Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat banyak, yang dapat mencegah terjadinya serangan kanker.

5. Jamur
Pada jamur memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan kekebalan pad tubuh. Dengan mengkosumsi jamur secara bercekupan dapat membantu terhindar dari serangan kanker. Selain itu, jamur juga dapat berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor ganas yang bekerja.

6. Buah Jeruk
Buah jeruk memiliki sifat dalam melawan kanker. Itu disebabkan karena buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, memiliki kandungan betakaroten, dan kandunga asam folat yang dapat membantu menghindari terjadinya kanker.

Baca Juga  Tanda-Tanda Dan Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

7. Kol
Kembang kol, brokoli, dan kubis adalah beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan indole 3 carbinol yang bermanfaat dapat membantu melawan kanker payudara. Jenis sayuran tersebut dapat mengubah hormon estrogen menjadi hormon pelindung.

8. Teh
Mengkosumsi minuman teh dapat membantu pencegahan awal terjadinya penyakit kanker. Khususnya teh hijau, karena berfungsi sebagai zat antioksidan pada tubuh yang dapat melawan serangan kanker.

Tidak hanya menghangatkan tubuh, teh hijau sangat baik dalam pencegahan kanker kantung kemih, kanker payudara, kanker kulit, dan jenis kanker lainnya.

9. Buah Tomat
Buah tomat juga salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Buah tomat juga memiliki kandungan zat anktioksidan yang berfungsi untuk pencegahan awal terhadap tumbuhnya penyakit kanker.

Untuk menikmati buah tomat sebagai obat awal pencegah kanker, dapat dikosumsi langsung, atau bisa juga mengkosumsi buah tomat dalam bentuk jus, yaitu jus tomat.

Selain itu, buah tomat pun memiliki khasiat lainnya, yaitu dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker.

Itulah 9 Jenis Makanan Pencegah Kanker, selamat mencoba semoga artikel ini membantu.

Tags: , , ,

Related to: 9 Makanan Pencegah Kanker Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh