ABCDE: Cara Mudah Identifikasi Kanker Melanoma

November 12, 2016

Teriknya sinar matahari bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, dan berjerawat hingga kanker kulit.  Kulit kering dan jerawat mungkin bukanlah masalah kulit yang terlalu serius. Namun, bagaimana dengan kanker kulit? Nah, ini tentunya masalah serius.

Berada di bawah terik sinar matahari terlalu lama hingga membuat kulit terbakar adalah hal yang berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker, salah satunya kanker melanoma. Kanker melanoma merupakan kanker kulit yang paling ganas dan berbahaya. Pada kanker melanoma, sel kanker berkembang ketika DNA yang tidak diperbaiki menimbulkan kerusakan hingga ke sel-sel kulit memicu mutasi (cacat genetik) yang mengakibatkan sel-sel kulit tumbuh dengan sangat cepat dan kemudian membentuk tumor ganas.

 ABCDE, Cara Mudah Identifikasi Kanker Melanoma

Tumor ini umor ini berasal dari melanosit penghasil pigmen di lapisan basal epidermis. Melanoma sering menyerupai tahi lalat; beberapa berkembang dari tahi lalat. Mayoritas melanoma berwarna hitam atau coklat, tetapi juga bisa berwarna merah muda, merah, ungu, biru atau putih. Melanoma biasanya disebabkan oleh paparan intens sinar ultraviolet(UV), terutama pada mereka yang secara genetik berpotensi mengembangkan penyakit kanker kulit.

Untuk mendeteksi melanoma atau kanker kulit lainnya, gunakan panduan pemeriksaan  ABCDE ini:

  • A, berarti asymmetrical shape (bentuk asimetris). Bentuk tahi lalat tidak beraturan, atau dengan kata lain, satu bagiannya tampak tidak cocok dengan bagian lainnya.
  • B, berarti border (tepi). Tahi lalat berbentuk tidak teratur, berlekuk atau dengan keliling yang bergerigi.
  • C, berarti color (warna). Jika tahi lalat Anda berubah warna atau warnanya tidak merata, maka ini bisa menjadi indikasi melanoma.
  • D, berarti diameter (garis tengah). Tahi lalat memiliki diameter lebih dari 0,25 inchi atau (sekitar 6 milimeter).
  • E, berarti evolving (berkembang). Tahi lalat berubah warna, bentuk dan ukuran serta ketebalan, terutama jika sebagian atau seluruh tahi lalat berubah berwarna hitam.
Baca Juga  Penyebab Munculnya Gejala Kanker Usus Besar

Kanker melanoma ganas sangat bervariasi bentuknya. Sebagian besar memiliki ciri-ciri tersebut. Sedangkan sebagian lainnya mungkin hanya menunjukkan salah satu atau dua dari ciri-ciri yang disebutkan di atas. Apakah Anda memiliki tahi lalat dengan salah satu atau lebih ciri di atas? Jika iya, segera periksakan ke dokter.

Bagaimana cara mencegah kanker melanoma?

Lakukan langkah-langkah perawatan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) radiasi, seperti dari matahari atau tanning bed. Radiasi UV bisa meningkatkan risiko melanoma. Dan anak-anak yang belum terlindungi dari paparan sinar matahari cenderung memiliki tahi lalat lebih banyak.

  • Hindari keluar ruangan saat sinar matahari terik. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Jika Anda harus berada di luar ruangan, cobalah untuk tidak keluar pada pukul 10:00-16:00, ketika sinar UV sangat kuat.
  • Selalu gunakan tabir surya. Oleskan tabir surya sekitar 30 menit sebelum keluar rumah, bahkan pada saat cuaca berawan. Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15. Oleskan dengan lembut dan aplikasikan kembali setiap dua jam – atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat. The American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya spektrum luas, tabir surya tahan air dengan SPF minimal 30.
  • Tutupi kulit. Kacamata hitam, topi bertepi lebar, lengan panjang dan pakaian pelindung lainnya dapat membantu Anda menghindari sinar UV yang bersifat merusak. Anda juga bisa mengenakan pakaian yang khusus dirancang untuk memblokir radiasi UV.
  • Hindari tanning bed. Tanning bed memancarkan sinar UV dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.
Baca Juga  Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karna Flu Secara Alami
Tags: , ,

Related to: ABCDE: Cara Mudah Identifikasi Kanker Melanoma