Ada Tengkorak Di Iklan Tengkorak BPJS Kesehatan Minta Maaf

August 2, 2016

Terkait mengenai iklan layanan masyarakat yang menampilkan sosok seorang dokter dalam bentuk tengkorak, pihak dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang biasa disingkat BPJS meminta maaf. Dilansir dari liputan6.com, penanyangan iklan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin itu menceritakan tentang seorang dokter yang menolak menolong pasien anak yang terkena petasan.

gambar tengkorak iklan bpjs

gambar tengkorak iklan bpjs

Pasalnya, kecelakaan yang disebabkan petasan dianggap tidak masuk ke dalam lingkup jaminan BPJS Kesehatan. Persoalan dari iklan layanan masyarakat yang ditampilkan dalam bentuk komik tersebut menjadi semakin runcing. Hal ini dikarenakan sang dokter yang seolah menjadi pusat untuk melakukan sosialisasi apa yang bisa menjadi tanggungan asuransi dan apa yang tidak ditanggung oleh asuransi. Di dalam iklan tersebut sang dokter mengatakan, bahwa sakit luka bakar yang diakibatkan dari hobi berbahaya maka biaya pengobatannya tidak dijamin oleh BPJS.

Jadi, iklan tersebut menceritakan datangnya seorang anak yang diantar oleh ayahnya ke rumah sakit. Anak tersebut mengalami luka bakar akibat bermain petasan. Lalu sang dokter mengatakan, bahwa anak ini bakal menjadi pasien umum dan akan dikenai biaya pengobatan sesuai dengan tarif pasien umum. Namun yang dipermasalahkan dari iklan layanan masyarakat tersebut bukan soal itu, melainkan dari karakter dokter yang ditampilkan dalam iklan tersebut yang berupa tengkorak.

Baca Juga  Jaga Kesehatan Sejak Dini! Karena Stroke Dapat Menyerang Pada Usia 30

“Kami klarifiksi, bahwa gambar dokter yang ditampilkan dalam iklan tersebut merupakan kealfaan BPJS cabang Banjarmasin. Tidak seyogyanya BPJS cabang menggunakan gambar yang bukan dari sumber resmi BPJS Kesehatan Pusat. Untuk itu kami mohon maaf, tidak ada mamsud lain yang mendiskreditkan salah satu pihak atau profesi atau organisasi apapun. Kami juga minta maaf atas ketidakanyamanan terkait karikatur yang ditampilkan,” ujar Irfan Humaidi Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Irfan juga menuturkan, bahwa BPJS Kesehatan Pusat sudah melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin untuk mengklarifikasi persoalan iklan tersebut dan menyampaikan permohonan maaf juga penyesalan yang mendalam.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Banjarmasin dalam hal ini menyatakan keberatan atas penggambaran sosok dokter dalam iklan layanan masyarakat BPJS Kesehatan yang dimuat di Harian Banjarmasin Post. Selain tidak sesuai dengan etika profesi kedokteran, yaitu menolak pasien, penggambaran sosok dokter yang ditampilkan dalam iklan tersebut sebagai sosok tengkorak adalah sosok yang menakutkan di tengah masyarakat.

Baca Juga  Indonesia Demam China, di sela Kasus Vaksin Palsu China Akan Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia

Iklan layanan masyarakat ini sebenarnya bertujuan baik, yakni mengingatkan bahwa ada sakit yang tidak mendapatkan jaminan BPJS Kesehatan. Namun sayangnya, pihak BPJS Kesehatan cabang Bajarmasin tidak memilah terlebih dahulu, apakah gambar dokter dalam iklan tersebut pantas atau tidak. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

 

Related to: Ada Tengkorak Di Iklan Tengkorak BPJS Kesehatan Minta Maaf