Akibat Seringnya Terkena Sariawan Pada Lidah & Mulut

December 24, 2015

Masalah kesehatan yang ada pada organ mulut selain bau nafas tak sedap dan sakit gigi adalah sariawan. Sariawan ini biasanya menyerang rongga mulut seperti bibir bagian dalam , lidah, gusi, pipi bagian dalam bahkan sampai tenggorokan dan masalah sariawan ini sering dialami oleh banyak orang.

(Baaca Juga : Penyakit gigi dan Gusi akan berpengaruh pada Jantung ? )

penyebab sering terkena sariawan pada lidah dan mulut

penyebab sering terkena sariawan pada lidah dan mulut

Meski tergolong masalah kesehatan yang biasa namun membuat rasa perih pada mulut yang tentu saja sangat menganggu keseharian anda.

Bahasa medis sariawan istilahnya ialah stomatitis aphtous recurrent (SAR).penyebab muncul sariawan disebabkan adanya perubahan pada struktur dan sel-sel yang ada pada rongga mulut seseorang.

Ada juga faktor hormonal yang menyababkan adanya sariawan ini, seperti remaja yang pubertas, stress, menstruasi bahkan pada saat mengalami kehamilan. Bila tubuh mengalami stress maka akan bisa membuat asam lambung mengalami peningkatan pada akhrinya terkena tukak lambung.

Tetapi tak hanya lambuang yang akan terkena dampaknya akan juga berdampak pada daerah rongga mulut akan mengalami perubahan sel-sel lalu mengakibatkan sariawan.

Berikut ini daftar beberapa faktor penyebab sariawan

  1. Mulut tergigit, banyak orang yang mengalami mulut tergigit ini. Biasanya mulut yang tergigit disebabkan karena terlalu cepat bahkan sering juga ketika sesesorang berbicara tidak sengaja tergigit.
  2. Tubuh kurang berbagai nutrisi seperti kurang akan zat besi, vitamin B12 dan juga vitamin C dapat menyababkan sariawan anda.
  3. Ciri dari adanya masalah pencernaan anda.
  4. Kebersihan mulut anda yang kurang terjaga
  5. Melemahnya daya tahan tubuh anda
  6. Penggunaan pasta gigi yang tak cocok dengan mulut anda
  7. Mengkonsumsi banyak makanan yang menyebabkan sariawan
Baca Juga  Cara Mengatasi Jerawat Bernanah Dan Pencegahannya

(Baca Juga : Tips cara menyikat gigi yang baik dan benar )

Selain daripada tujuh penyebab sariawan diatas, munculnya sariawan juga bisa dapat terjadi akibat karena faktor dari genetik yang menjadi faktor pemicunya.

Biasanya untuk faktor genetik ini diturunkan dari orangtuanya yang menjadikan seseorang rutin terserang masalah sariawan dan faktor pemicu sariawan dapat di sebabkan oleh banyak faktor diantaranya stress, hormonal, alergi anemia dan pada saat mesntruasi untuk yang wanita.

Selain fakto-faktor itu sekarang sedang trennya penggunaan kawat gigi, bila pemasangan kawat gigi tak pas maka seseorang dapat mengalami alergi dan sariawan.

Selain itu faktor dari kekebalan tubuh juga menjadi faktor yang bisa jadi pemicu munculnya sariawan karena kuman dan jamur dapat menyerang dengan mudah bila tubuh memiliki sistem imun yang lemah.

Banyak orang mengira dan menganggap sariawan disebabkan karena kurangnya asupan vitamin C namun sebenarnya bukan hanya vitamin C saja, kekurangan vitamin lain seperti vitamin B juga dapat menyebabkan seseorang terserang dan terkena masalah sariawan.

Kebanyakan orang sejak dulu sampai sekarang menganggao bila penyakit yang membuat mulut menjadi tak enak disebut oleh mereka sebagai masalah sariawan,namun sebenarnya tidak.

Baca Juga  Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Beberapa jenis penyakit mulut dapat terjadi karena vitamin C namun bukan masalah sariawan. Pada umumnya masalah ini terjadi pada daerah bagian gusi yang menjadikan gusi menjadi berdarah.

Namun untuk jenis sariawan biasanya bukan dikarenakan vitamin C saja tetapi juga kekurangan jenis vitamin lain seperti vitamin B dan vitamin lainya.

Untuk itu, supaya sariawan tidak cepat untuk kambuh kembali lagi maka seseorang harus dapat mencari tahu apa yang menyebabkan dirinya menjadi terkena masalah sariawan tersebut agar dapat di obati dan sariawan tidak akan sering terulang lagi.

(Baca Juga : Vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh )

Contohnya , bila sariawan disebakan oleh faktor stress maka seseorang itu harus sebisa mungkin menghindari stress entah bagaimana cara untuk menghilangkan stress tersebut.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Related to: Akibat Seringnya Terkena Sariawan Pada Lidah & Mulut