Angin Duduk – Penyebab, Gejala, Mencegah & Mengobati

October 21, 2016

Angin Duduk – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang berperan penting bagi tubuh karena tugas dari jantung adalah untuk memompa darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh dan organ-organ di dalam tubuh.

Maka dari itu menjaga kesehatan jantung sangat penting bila tidak ingin mengalami gangguan terhadap pemasokan darah dan oksigen di dalam tubuh.

Angin Duduk

Angin Duduk Berdampak Pada Jantung

Jantung sangat mudah sekali mengalami gangguan mungkin karena gaya hidup dan juga pola makan yang kurang sehat. Salah satu gangguan yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah angin duduk atau yang sering disebut dengan angina.

Angin duduk ini adalah dimana kondisi tubuh yang mengalami rasa nyeri pada bagian dada karena pasokan darah dan oksigen ke jantung yang terhambat dan mengalami gangguan,

jika penyakit ini dibiarkan saja dan tanpa ada penanganan yang serius maka akan berakibat fatal seperti serangan jantung, jantung koroner, dan juga yang paling fatal adalah kematian.

Angin duduk atau angina ini disebabkan karena jantung tidak mendapatkan pasokan darah dan juga oksigen akibat dari terhambatnya dan penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan dan terhambatya pembuluh darah ini diakibatkan karena adanya timbunan lemak yang menutupi jalannya darah dan oksigen ke jantung, timbunan lemak ini diakibatkan karena kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh.

Penyempitan pembuluh darah ini juga bisa disebabkan karena kurangnya oksigen yang masuk ke jantung dan infeksi yang terjadi di pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan nyeri pada sekitar dada. Untuk dapat mengetahu penyakit angin duduk sebaiknya kenali dulu gejal-gejala yang ditimbulkan.

Angin Duduk (Angina) Berikut Gejala-gejala

1. Nyeri yang terasa di sekitar dada yang sangat sakit dan juga bisa menyebar ke lengan kiri, punggung, leher.
2. Sesak nafas yang diikuti dengan rasa sakit seperti jantung tertekan.
3. Ulu hati seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual disertai dengan pusing di kepala.
4. Tubuh terasa lebih lelah padahal tidak melakukan aktivitas yang berat.
5. Mengeluarkan keringat yang berlebihan dan sering mengeluarkan keringat dingin.

Baca Juga  Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh Untuk Dewasa

Biasanya angin duduk ini banyak menyerang orang tua yang sudah menginjak usia 40 tahun keatas tetapi tidak menutup kemungkinan kaum muda pun bisa mengidap penyakit ini.

Angin Duduk

Angin Duduk pada kakek-kakek

Penyakit angina ini bisa timbul karena pemicu dari gaya hidup yang malas berolahraga, gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, merokok, dan minumminuman beralkohol.

Diikuti dengan pola makan yang kurang seperti sering mengkonsumsi makan yang berlemak dan tidak diimbangi dengan sayuran dan juga buah-buahan, gemar mengkonsumsi junk food yang dapat memicu kolesterol dan berbagai macam penyakit datang.

Penyebab dari Angin Duduk (Angina)

Jantung salah satu oragn yang berperan penting bagi tubuh, jentung membutuhkan asupan darah yang cukup.

Darah yang dibutuhkan oleh jantung adalah darah yang kaya akan oksigen yang akan dialirkan ke dua pembuluh besar yang ada di jantung yang disebut dengan pembuluh koroner.

Penyebab utama angin duduk adalah penyumbatan atau penyempitan yang terjadi di pembuluh koroner dan membuat darah tidak mengalir dengan lancar.

Dari penyebab yang dapat memicu penyumbatannya pada pembuluh koroner, angin duduk dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Angin Duduk Stabil
Penyebab dari terjadinya angin duduk stabil ini adalah karena aktivitas fisik seperti olahraga. Dengan kita berolahraga maka jantung membutuhkan asupan darah yang kaya oksigen lebih banyak,

jika pembuluh koroner mengalami penyempitan maka asupan darah ini tidak akan tercukupi. Selain olahraga ada juga yang dapat memicu terjadinya angin duduk stabil yaitu merokok, udara dingin, dan juga stress.

2. Angin Duduk Tidak Stabil
Penyebab dari angin duduk tidak stabil ini adalah karena timbunan lemak yang sapat menutupi atau menghambat aliran darah menuju jantung. Penderita angin duduk tidak stabil ini jika dibiarkan terus-menerus dapat mengakibatkan serangan jantung.

Cara Mencegah Penyakit Angin Duduk (Angina)

1. Kurangi makanan berlemak
Makanan yang banyak mengandung lemak adalah faktor yang dapat beresiko meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat membuat penyempitan dan penyumbatan dipembuluh darah akibat timbunan lemak tersebut.

2. Hindari merokok
Merokok memang tidak baik bagi kesehatan karena merupakan racun yang dapat masuk ke dalam tubuh. Merokok memang tidak baik bagi kesehatan paru-paru, selain itu merokok juga tidak baik bagi jantung.

Baca Juga  Ciri-ciri Dan Penanganan Penderita Kanker Otak Stadium 4

3. Banyak mengkonsumsi serat
Serat memang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat memperlancar pencernaan tubuh, selain itu mengkonsumsi serat juga baik bagi kesehatan darah dan jantung karena darah akan mengalir dengan lancar dan jantung dapat bekerja dengan optimal.

4. Mengkonsumsi air putih
Air putih memang banyak sekali mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh karena dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari maka akan membantu membuang toksin dan racun yang ada dalam darah dan memperlancar aliran darah.

5. Olahraga teratur
Dengan kita olahraga secara teratur makan tubuh diajak untuk bergerak dan dapat membuat pembuluh darah dapat membuka dan aliran darah dan juga oksigen ke jantung dapat berjalan lancar.

Pengobatan Penyakit Angin Duduk (Angina)

Pengobatan untuk angin duduk ini bertujuan untuk meringankan atau mengurangi gejala penyakit ini dan juga menurunkan terjadinya serangan jantung.

Sebenarnya angin duduk dengan gejala yang ringan atau menengah dapat disembuhkan tanpa obat-obatan cukup dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat serta di imbangi dengan olahraga teratur.

  • Makan sesuai dengan yang sudah dianjurkan dan tidak melebihi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Perbanyak konsumsi serat dan kurangi makan makanan yang mengandung garam.
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman keras.
  • Atur kadar gula dalam darah jika mengalami diabetes, dan jika perlu lakukan diet untuk menurunkan berat badan agar kadar gula dapat turun dan mencegah obesitas.

Itulah pembahasan mengenai angin duduk lebih dalam, semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , ,

Related to: Angin Duduk – Penyebab, Gejala, Mencegah & Mengobati