Manfaat Kurma Bagi Manusia dan Kesehatan

November 21, 2016

Kurma merupakan salah satu makanan yang biasanya dikonsumsi di bulan puasa. Buah khas dari Timur Tengah ini memiliki rasa yang sangat manis. Manfaat kurma memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, manfaat kurma ini sudah tersirat dalam Al-Qur’an. Kurma memiliki nama ilmiah Phoenix dactylifera. Kurma termasuk dalam family palmae. Buah kurma ini mengandung glukosa yang tinggi. Sehingga, dengan mengkonsumsi kurma setiap hari, Anda akan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas. Dalam 100 gram kurma mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang terdapat di dalam kurma antara lain adalah kalsium, lemak, serat, dan lain-lain. Dengan begitu, manfaat kurma dapat dirasakan oleh segala usia.

Manfaat Kurma Untuk Bayi

Manfaat Kurma

Manfaat kurma untuk bayi yaitu untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh bayi. Sistem imun disebut juga daya tahan tubuh. Manfaat kurma ini hampir sama halnya dengan imunisasi yang dilakukan secara alami. Dengan sistem imun yang baik pada bayi, akan membuat bayi tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Sistem imun pada tubuh diperankan oleh sel darah putih. Sel darah putih inilah yang akan membunuh mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh bayi. Dalam satu butir kurma ini mengandung sebuah zat yang akan membuat sistem imun menjadi lebih baik.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Manfaat Buah Merah Papua Asli Indonesia

Manfaat kurma bagi kesehatan

Manfaat kurma bagi kesehatan sangatlah beragam. Manfaat kurma sangat mudah Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Manfaatnya bagi kesehatan antara lain untuk menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Banyak penyakit yang dapat menjangkit mata Anda. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangat penting untuk Anda lakukan. Mengkonsumsi satu butir kurma setiap hari dapat menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam sebutir kurma. Selain itu, manfaat kurma untuk kesehatan manusia yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Penyakit ini terjadi karena denyut jantung yang tidak normal.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil juga sangat baik. Untuk ibu hamil, kurma akan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini karena adanya kandungan zat besi dalam kurma. Zat besi merupakan zat yang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah atau eritrosit. Seorang ibu hamil membutuhkan zat besi dalam jumlah yang banyak. Jika zat besi tidak tercukupi, maka dapat membuat ibu hamil sedang mengalami anemia. Dengan mengkonsumsi kurma rutin, mampu merangsang hormon yang mampu meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga  Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kulit

Manfaat kurma tidak hanya untuk sang ibu, karena ternyata manfaat kurma untuk janin juga cukup banyak. Bagi janin, kurma akan membuat janin di dalam kandungan akan semakin sehat. Jika seorang ibu mengkonsumsi kurma, maka janin akan berkembang dengan baik. Selain itu, janin akan berkontraksi dengan baik ketika hendak keluar dari rahim ibu. Dengan manfaat tersebut, Anda dapat mengkonsumsi kurma secara rutin agar janin tetap dalam kondisi yang sehat.

Tags: , , , , , , , , , ,

Related to: Manfaat Kurma Bagi Manusia dan Kesehatan