ASI Agar Bayi Cerdas Berikut Tips Dari BJ Habibie

August 9, 2016

Bacharuddin Jusuf Habibie yang merukan Presiden RI ke-3 ikut berkomentar terkait pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi balita yang baru dilahirkan. Menurut Habibie, dengan pemberian ASI kepada buah hati ibu akan berperan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Habibie yang merupakan mantan Presiden RI ini pun mengimbau para ibu untuk memanfaatkan ASI sebaik mungkin untuk dapat diberikan kepada anak.

“ASI diberikan Allah kepada manusia. Maka manfaatkan hal itu dengan sempurna sesempurnanya, di mana pun anda berada,” ucap Habibie dalam acara peringatan Pekan ASI Sedunia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Sabtu (6/8/2016).

1339236780x390

Habibie berkata, ASI memiliki kandungan ramuan yang tidak ditemukan pada susu lain. Pria berumur 80 tahun ini pun mengingatkan keluarga atau kepada masyarakat untuk dapat memberikan energy dan kekuatan kepada para ibu. Termasuk dengan memberikan energy kepada bayi yang baru lahir dengan kondisi ibunya meninggal dunia.

Selain itu, Habibie melanjutkan, terapkanlah pola asuh dengan penuh kasih sayang. Habibie mengetahui tentang pentingnya kasih sayang seorang ibu, termasuk memberikan ASI dari Ainun kepada anaknya.

Baca Juga  Tips Kecantikan Cara Mengecilkan Paha Dan Betis

“Saya tidur berbaring 48 tahun dengan seorang dokter. Si sebelah saya selama 48 tahun telah berbarung seorang ibu. Dia pinter, berbakat, bijaksana, low profile,” ucap Habibie.

Habibie kembali mengenang ketika almarhumah istrinya melahirkan anak pertama mereka, Ilham Akbar Habibie. Ketika itu istrinya pun memberikan ASI untuk Ilham.

“Saya melihat sendiri bagaimana telatennya Ainun mengyusui Ilham. Meskipun awal-awalnya ASI-nya sulit keluar, Ainun tidak menyerah karena tahu betapa pentingnya fungsi ASI yang luar biasa dahsyatnya,” terang Habibie ketika menjadi keynote speech dalam seminar Pekan ASI Sedunia (PAS) di Kantor Kementerian Kesehatan.

Besarnya pengorbanan dari Ainun supaya Ilham memperoleh ASI terbaik, membuat Habibie tidak tega membiarkan istri tercintanya itu mengerjakan rumah tangga sendiri.

Meskipun saat itu dirinya sibuk menempuh pendidikan S3, Habibie selalu berusaha menyempatkan diri membantu Ainun ketika kerepotan mengurus Ilham. Habibie pun mengaku, terkadang membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau mengganti popok Ilham.

“Kalau saya baru pulang kantor, saya suruh Ainun istirahat. Saya yang cuci piring, ngepel, momong Ilham, dan membersihkan popoknya,” tutur Habibie.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

Pada kesempatan kali ini, Habibie ingin mengingatkan betapa pentingnya dukungan suami dalam menyukseskan ASI eksklusif.

Related to: ASI Agar Bayi Cerdas Berikut Tips Dari BJ Habibie