ASI Terasa Pedas Apabila Ibu Makan Makanan Pedas? Fakta Atau Mitos

August 13, 2016

Banyak ibu yang selama menyusui anaknya takut untuk mengkonsumsi makanan pedas. Mereka takut jika ASI yang mereka hasilkan pun turut memiliki rasa yang pedas. Mereka pun tak tahu kebenaran dari mitos ini dan hanya mengikuti anjuran yang telah banyak diucapkan oleh orang tua ini. Padahal, sebenarnya mengkonsumsi makanan pedas saat sedang menyusui bayi tidak serta merta akan membuat ASI menjadi terasa pedas. Rasa ASI tak semudah itu berubah hanya karena memakan makanan pedas. Sehingga bisa dipastikan bahwa hal ini hanya mitos. Namun, dibalik setiap mitos yang beredar pastilah ada penjelasa ilmiahnya. Berikut ini adalah penjelasan ilmiah dari sang pakar.

ASI Pedas

Ilustrasi Ibu menyusui

Menurut penjelasan dr Meta Hanindita, SpA, di dalam cabai terdapat sebuah zat yang bernama capsaicin. Zat ini adalah zat yang akan memberikan rasa pedas pada cabai. Jika ibu mengkonsumsi cabai atau makanan pedas pastilah ASI-nya akan mengandung capsaicin. Beberapa bayi memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap capsaicin. Karena terlalu sensitif maka bayi pun akan bereaksi dengan mencret. Jadi, bukan rasa ASI-nya yang pedas namun sensitivitas bayi terhadap capsaicinlah yang akan membuat bayi mencret jika ibu mengkonsumsi makanan pedas. Seperti inilah penjelasan singkat dari dokter spesialis anak yang biasa praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Baca Juga  Ciri Hamil Sehat yang baik Anda Tahu

Oleh karena itu, ibu haruslah mengetahui dengan baik kondisi si bayi. Cobalah untuk memakan makanan pedas, jika terjadi perubahan pola buang air besar pada bayi berarti ia memiliki sensitivitas pada capsaicin. Segera berhenti untuk mengkonsumsi makanan pedas agar kondisi bayi tak semakin memburuk. Namun, jika saat mengkonsumsi makanan pedas si bayi tidak menunjukkan pola perubahan buang air besar berarti bayi anda tidak sensitif terhadap capsaicin. Dengan begini anda bisa melanjutkan hobi anda untuk makan makanan pedas. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak makan makanan pedas terlalu berlebihan. Hal itu justru akan membuat anda sendiri yang sakit. Dan jika anda sakit maka ASI yang anda hasilkan pun akan buruk, dengan begitu bayi anda juga akan merasakan dampak buruknya.

Aturan ini juga berlaku untuk makanan lain yang memiliki rasa mencolok, seperti rasa asam misalnya. Selama ini juga banyak beredar mitos bahwa jika ibu makan makanan terlalu asam akan membuat si bayi mencret dan sakit perut. Dengan adanya fakta di atas maka mitos ini juga akan dipatahkan sekaligus. Namun, sekali lagi yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan. Untuk sekedar informasi bagi para ibu, di dalam ASI terdapat semua rasa kecuali rasa manis. Rasa manis yang terlalu manis seperti gula tak ada di dalam ASI. Namun untuk rasa lainnya ada dan rasanya dapat semakin diperkuat oleh pengaruh dari makanan yang dikonsumsi ibu.

Baca Juga  Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Yang paling penting dari semua ini adalah untuk tetap menjaga kebersihan dan nutrisi yang ada di dalam makanan ibu. Makanan yang bersih dan bernutrisi tinggi akan menjadi sumber penghasil ASI yang sangat baik dan sehat. Konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mendapatkan hasil ASI terbaik. Perbanyak buah-buahan dan sayuran hijau agar ASI yang dihasilkan berkualitas tinggi. Dengan begini bayi anda pun akan mendapatkan manfaatnya juga. Hindarilah minuman beralkohol dan rokok selama anda masih menyusui bayi anda.

Tags:

Related to: ASI Terasa Pedas Apabila Ibu Makan Makanan Pedas? Fakta Atau Mitos