Astagfirullahaladzim Ibu ini Gila Tinggalkan Bayinya di RS Selama Sebulan

August 13, 2016

Inisial VR seorang wanita 20 tahun yang tega menelantarkan bayinya di Rumah Sakit Umum Daerah Cr Abdul Rivai, Kalimantan Timur. Ibu tersebut tega meninggalkan bayinya yang baru lahir selama satu bulan. Nurmin Baso sebagai Pelaksana Tugas (Plt) RSUD dr Abdul Rivai mengatakan bahwa bayinya yang dilahirkan secara prematur karena itu ibunya mendapat ijin untuk dipulangkan setelah proses persalinan selesai.

Dari dokternya sendiri juga tidak masalah karena juga menyarankan setelah persalinan untuk bisa segera pulang karena dilahirkan secara normal. Namun tetap saja yang namanya bayi prematur harus menjalani proses inkubator terlebih dahulu. Awalnya VR masih sering datang untuk mengunjungi anaknya namun ketika satu bulan setelahnya tidak ada kabar bahwa VR datang lagi ke rumah sakit. Bayi yang malang tersebut akhirnya tidak mendapatkan perhatian yang lebih dari ibunya karena masih dalam perawatan dari perawat rumah sakit. Walau masih diberi makan dan diurus semuanya tetap saja belum ada batang hidung dari ibunya untuk datang.

Ibu gila tinggalkan bayi nya

Pada akhirnya pihak rumah sakit berinisiatif untuk menghubungi VR tetapi nomor yang tertera pada saat pendaftaran tidak bisa dihubungi. Pihak rumah sakit sendiri juga sudah mencari alamat orang tuanya yang tercatat di Jalan H Isa II tetapi saat sudah sampai di tempatnya orangnya ternyata sudah tidak ada. Ketua RT setempat juga mengatakan hal yang sama jika orang tuanya sudah tidak ada dan tidak begitu tahu tentang alamat yang dituju selanjutnya.

Baca Juga  Ratusan Warga Antri Untuk Memeriksakan Diri Demi Alat Bantu Dengar Gratis

Dari rumah sakit sendiri akhirnya memutuskan untuk melaporkan ke pihak kepolisian sekaligus bertanya tentang kejelasan hak asuh orang tua yang tidak datang untuk mengambilnya. Peristiwa ini sungguh disayangkan karena nasib bayi yang baru dilahirkan seharusnya mendapatkan banyak perhatian dari orang yang di sekitarnya namun tindakan VR ini sudah keji karena menelantarkan bayinya di rumah sakit. Kini dalam proses pelaporan tersebut ke kepolisian yang memiliki dua kemungkinan yaitu pindah hak asuh atau mencari ibu dari sang bayi tersebut.

Kejadian ini tidak sepatutnya harus terjadi karena pada proses melahirkan akan ada kebijakan tertentu jika dari pihak yang bersalin tidak menyanggupinya. Namun jika sudah diterlantarkan seperti ini akan mengganggu mobilitas rumah sakit dalam melayani bayi yang lainnya. Sebuah pelajaran yang berharga apabila melahirkan bayi memang seharusnya bertanggung jawab atas apa yang menjadi tanggungannya.

Nantinya jika polisi mengijinkan untuk memindahkan hak asuh maka akan dicarikan orang tua yang mau mengasuh bayi tersebut. Tentunya dengan prosedur yang tepat sesuai peraturan rumah sakit setempat. Dengan adanya kejadian ini membuat pihak rumah sakit sendiri akan tetap waspada dalam menghindari kejadian yang serupa untuk terjadi lagi. Beberapa antisipasi seperti mengajukan data orang di sekitar yang bersangkutan dan data keluarga besarnya. Dengan begitu tidak akan ada kendala lagi dalam proses persalinan.

Baca Juga  Wanita Ini Tidak Mandi Selama 30 Tahun, Apa Penyebabnya

Bayi tersebut sampai saat ini masih dalam perawatan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr Abdul Rivai. Sebetulnya dari posisi bayi sekarang masih aman karena dalam perawatan dan pemberian gizi yang cukup kepada bayi sehingga pertumbuhannya masih terlihat normal. Belum ada kabar dari pihak yang berwenang mengenai kejadian ini karena masih harus mengajukan beberapa data lain lagi. Untuk mencegah hal ini tidak terjadi lagi memang harus dilakukan pengawasan yang ketat terhadap orang tua dan keluarga yang bersangkutan.

Related to: Astagfirullahaladzim Ibu ini Gila Tinggalkan Bayinya di RS Selama Sebulan