Asupan Kalsium Bisa Membantu Menurunkan Resiko Obesitas

July 20, 2016

Di samping rutin melakukan olahraga, hal lain yang dapat membatu seseorang mampu menurunkan berat badan yaitu dengan dilakukannya melalui diet tinggi kalsium. Mungkin sudah banyak yang mengetahui informasi ini namun masih banyak juga yang belum mengetahuinya, untuk itu perlu diperhatikan bagi anda yang ingin menghindari obesitas.

Obesitas-alodokter

“Kaitan antara mengkonsumsi kalsium dengan obesitas adalah secara biologis. Kalsium mampu meningkatkan energi di dalam tubuh dengan cara mengoptimalkan fungsi otot melalui aktifitas fisik,” hal ini diungkapkan oleh Emilia E Achmadi, Ms, RD seorang pakar nutrisi, di sela acara halal bi halal Sunergy Worlwide Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta pada Selasa (19/7).

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang sangat berpengaruh dalam mengingkatkan risiko obesitas. Kalsium dapat menjadi perantara yang amat diperlukan tubuh. Apalagi kalsium bersifat karsinogen yang mampu mencegah kanker dan juga mencegah diabetes. Kalsium juga memiliki peran untuk meningkatkan metabolisme tubuh, hal inilah yang akhirnya membantu dalam proses pembakaran energi.

Lanjut Emilia mengungkapkan bahwa kekurangan asupan kalsium akan berakibat pada tingginya tingkat seseorang terkena resiko obesitas. Untuk itu betapa pentingkan kalsium bagi tubuh manusia. “Obesitas dapat mempercepat timbulnya berbagai macam penyakit degeneratif. Dengan mengatasi persoalan obesitas, berbagai penyakit seperti stroke, diabetes tentunya dapat dicegah,” ungkapnya.

Baca Juga  Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Kanker Payudara dan Kolesterol

Dari hasil penelitian di beberapa universitas, ternyata kalsium memiliki kemampuan untuk mempengaruhi tubuh. Banyak hal yang dipengaruhi dengan kalsium yang diasup oleh tubuh. “Setiap orang dewasa setiap harinya membutuhkan kalsium sebanyak 1000 miligram, sedangkan bagi anak-anak kaslium yang dibutuhkan yaitu sekitar 700 miligram pada setiap harinya.” Lanjut Emilia.

Selain Emilia, seorang konsultan Produk Synergy Worldwide Indonesia yaitu dr. Prapti Utami juga ikut berpendapat bahwa kalsium adalah salah satu mineral yang amat penting bagi tubuh sebagai pembantu proses metabolisme tubuh. Selain itu, fungsi kalsium juga dapat menekan produksi enzim sintatase.

“Apabila mengalami kekurangan kalsium, enzim sintatase akan menjadi lebih aktif. Hal itulah yang membuat setiap kalori yang masuk ke dalam tubuh akan secara langsung diproses menjadi lemak. Intinya, asupan kalsium harus selalu tercukupi untuk dapat menghindari penumpukan lemak dalam tubuh,” ucap dr. Prapti.

Jadi, kegemukan atau obesitas tidak selamanya disebabkan dan dikaitkan dengan konsumsi makanan yang berlebih dari angka kecukupan gizi pada setiap harinya. Karena kekurangan kalsium pada kahirnya dapat juga meningkatkan kegemukan atau obesitas pada seseorang. Untuk itu dianjurkan kepada siapapun yang ingin menghindari obesitas atau kegemukan agar mencukupi kebutuhan kalsium pada tubuh. Manfaat memiliki tubuh yang cukup tanpa obesitas tentunya akan mengurangi resiko terserangnya tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan, seperti stroke, serangan jantung, hipertensi dan juga diabetes.

Baca Juga  Sederet Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma
Tags:

Related to: Asupan Kalsium Bisa Membantu Menurunkan Resiko Obesitas