Awas Kanker Getah Bening Mengancam Orang berpola Hidup Tidak Sehat!!

November 12, 2016

Kanker getah bening bisa menjangkit setiap orang tanpa melihat gender. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebabnya. Kenali dan hindari faktor-faktor tersebut sebelum kanker kelenjar getah bening bersarang di tubuh kita. Berikut ulasan lebih lanjutnya.

kanker getah bening

  • Apa itu kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening adalah suatu  organ yang merupakan bagian dari sistem imun (kekebalan) tubuh. Letaknya tersebar sepanjang pembuluh getah bening di sela-sela otot. Namun jumlahnya yang lebih banyak terutama terdapat pada bagian leher, ketiak dan selangkangan. Kelenjar ini berfungsi mensekresikan (mengeluarkan) cairan getah bening atau sering juga disebut cairan limfa yang berwarna putih kekuningan dan mengandung sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam membunuh bakteri serta kuman-kuman penyakit lain yang masuk ke dalam tubuh.

 

  • Apa penyebab terjadinya kanker kelenjar getah bening?

Terjadinya kanker getah bening berawal dari kebiasaan hidup yang tidak sehat dalam segi istirahat, konsumsi makanan, dan banyak sedikitnya tubuh bergerak. Kebiasaan begadang semalaman, tidak teraturnya waktu makan disertai jeleknya kualitas nilai gizi makanan yang masuk serta pekerjaan yang menuntut banyak duduk dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap bakteri dan virus yang masuk. Jika sudah demikian, yang terkena imbasnya adalah kelenjar getah bening. Kelenjar ini harus bekerja ekstra keras dalam menghasilkan cairan limfa yang jumlah produksinya harus ditingkatkan dalam rangka melindungi tubuh dari serangan zat-zat asing. Kerja berlebihan pada kelenjar ini menyebabkan sel-selnya tidak lagi fit dan membengkak. Sel-selnya sendiri menjadi rentan terkena serangan virus penyebab kanker.

Baca Juga  Kanker Serviks, Pencegahan, Cara Mengobati dan Obat Herbal

 

  • Cara mencegah dan mengobati kanker kelenjar getah bening

Berdasarkan uraian penyebab kanker getah bening, maka cara mencegahnya pun tidak jauh dari menghindari faktor penyebab penyakit tersebut yang diantaranya adalah

–    Tidak menjadikan tidur terlalu larut sebagai kebiasaan.

–    Menjaga pola makan dengan makan tepat waktu, disertai asupan makanan yang memperhatikan keseimbangan serta membiasakan cuci tangan sebelum makan untuk menghindari resiko virus.

–    Banyak gerak dengan membiasakan olahraga secara teratur.

Jika kanker getah bening terlanjur terjadi namun masih dalam stadium awal dimana pertumbuhannya masih bersifat lambat, cara pengobatannya bisa menempuh jalur dokter atau jalur pengobatan alternatif. Kesembuhan yang diperoleh dari pengobatan jalur alternatif memang tidak secepat jalur pengobatan dokter. Karena berbeda dengan pengobatan dokter yang menekankan pada penggunaan obat-obatan kimia, jalur alternatif lebih menekankan penggunaan obat-obatan herbal. Dua diantaranya adalah dengan mengunakan ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak. Namun Anda tidak perlu meragukan khasiat yang akan diperoleh dari tanaman-tanaman herbal tersebut. Penggunaan tanaman-tanaman herbal ini dalam mengobati kanker telah lulus uji laboratorium.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari pengobatan herbal yakni tidak akan terjadinya efek samping. Senyawa aktif yang terkandung pada kedua ekstrak tanaman ini dapat mengenali dan membunuh sel kanker tanpa merusak sel-sel lain yang sehat. Obat ini dapat Anda buat sendiri dengan cara merebus beberapa lembar daun sirsak kemudian diperas dan diminum airnya. Rasa kesat akan terasa ketika air rebusan daun sirsak mengaliri lidah. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membubuhkan madu secukupnya pada air rebusan tersebut. Sedangkan untuk mendapatkan ekstrak kulit manggis dapat ditempuh dengan cara memblender kulit manggis segar dan memeras airnya.

Baca Juga  Mengenal apa Penyebab Kanker Rahim sejak Dini

Faktor penentu keberhasilan pengobatan herbal terletak pada tekun dan rajinnya Anda dalam mengkonsumsi obat ini. Jika mudah bosan atau merasa putus asa karena tidak kunjungnya perubahan lalu memutuskan untuk menghentikan pengobatan herbal, alhasil penyakit ini tidak akan berhasil disembuhkan. Padahal jika Anda tidak mau dipersulit dengan proses pembuatan obat, kini telah tersedia ekstrak keduanya dalam bentuk kapsul di toko-toko obat terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga kanker getah bening yang kini sedang diderita orang-orang terkasih Anda dapat segera disembuhkan.

Tags: ,

Related to: Awas Kanker Getah Bening Mengancam Orang berpola Hidup Tidak Sehat!!