Bahaya Pestisida bagi Ibu Hamil

March 1, 2015

Pestisida umumnya digunakan di rumah untuk mengusir serangga, kutu, nyamuk, semut dan kecoa. Pestisida, termasuk insektisida, mengandung bahan kimia yang digunakan untuk menyerang sistem saraf serangga. Meskipun kebanyakan pestisida dan insektisida tampak tidak berbahaya, apakah berarti paparan pestisida aman bagi ibu hamil? Berikut penjelasannya.

8. Bahaya Pestisida bagi Ibu Hamil

Paparan signifikan terhadap pestisida dapat menimbulkan masalah bagi orang dewasa, anak-anak dan terutama ibu hamil. Selama trimester pertama kehamilan, sistem saraf berkembang pesat pada bayi, pada periode ini Anda disarankan untuk menghindari paparan pestisida. Banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara paparan pestisida pertanian dengan cacat lahir, komplikasi kehamilan, dan keguguran.

Paparan bahan kimia lingkungan diduga berkontribusi mengakibatkan autisme pada anak. Wanita yang terpapar pestisida yang umum digunakan untuk pertanian selama masa kehamilan lebih berisiko melahirkan bayi dengan kelainan spektrum autisme, atau autism spectrum disorders (ASD).

Penelitian ini dilakukan pada 970 wanita, dan didapati bahwa mereka yang tinggal kurang lebih satu mil dari area sarat bahan pestisida dua pertiga kali lebih berisiko memiliki anak dengan kelainan spektrum autisme atau penundaan perkembangan. Area dengan pengaruh pestisida yang kuat ini seperti taman, lapangan golf, padang rumput dan jalan raya. Studi ini meneliti penggunaan tiga jenis pestisida: organofosfat, klorpirifos insektisida, serta pyrtheroids dan karbamat.

Selain itu, wanita yang terpapar pestisida selama trimester kedua atau ketiga mereka bahkan lebih mungkin untuk memiliki anak yang lahir dengan keterlambatan perkembangan atau autisme, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah gen ibu juga memengaruhi risiko komplikasi kehamilan yang diakibatkan paparan pestisida.

Baca Juga  5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Prematur

Tidak hanya itu, pestisida juga diduga bisa memperbesar risiko berkembangnya leukimia pada anak, terutama jika sang ibu terpapar pestisida pada trimester pertama dan akan lebih parah jika pestisida digunakan di rumah.

Bagaimana jika saya perlu menggunakan pestisida di rumah? Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

  • Jangan panik jika Anda sadar bahwa Anda telah terkena pestisida. Paparan pestisida sekali saja selama kehamilan tidak akan cukup berisiko mengakibatkan masalah kehamilan, namun paparan jangka panjang dan intens bisa menimbulkan masalah serius. Jika Anda hanya memerlukan pestisida untuk membasmi hewan kecil seperti kutu tidak terlalu sering, maka pestisida cukup aman untuk Anda dan bayi Anda.
  • Cara paling aman untuk menghindari dampak negatif pestisida terhadap kehamilan Anda adalah dengan menghentikan penggunaan pestisida yang tidak terlalu penting selama kehamilan, terutama untuk trimester pertama ketika sistem saraf bayi berkembang.
  • Jika Anda harus menggunakan pestisida di rumah untuk melindungi hewan peliharaan Anda, ikuti tips berikut untuk mengurangi efek negatif pestisida pada Anda dan bayi Anda.
Baca Juga  Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

a)      Minta orang lain untuk menyemprotkan pestisida, jangan dilakukan sendiri.

b)      Hindari daerah yang telah terpapar pestisida untuk jangka waktu yang panjang, seperti kawasan pertanian.

c)      Jauhkan makanan, piring, dan peralatan makan Anda sebelum menyemprotkan pestisida untuk menghindari kontaminasi.

d)     Cuci segala jenis makanan, seperti sayuran dan buah, yang didapat dari daerah pertanian yang biasanya menggunakan pestisida.

e)      Buka jendela dan biarkan ventilasi rumah Anda terbuka hingga perawatan menggunakan pestisida selesai.

f)       Kenakan pakaian pelindung saat berkebun untuk mencegah kontak dengan tanaman yang telah disemprotkan pestisida.

Nah, itu dia tips yang bisa Anda ikuti untuk menghindari Anda dan buah hati terhadap paparan berbahaya pestisida yang diduga bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan. Apakah Anda masih menggunakan pestisida atau insektisida di rumah? Segera kurangi, dan jika bisa hindari, agar bayi Anda tetap terjaga kesehatannya.

Tags:

Related to: Bahaya Pestisida bagi Ibu Hamil