Bayi Kembar Siam Safira Dan Saqira Sedang Menjalani Operasi Pemisahaan Di RSCM

August 2, 2016

Safira dan Saqira adalah dua bayi yang dilahirkan dalam kondisi kembar siam, keduanya kini telah menjalani operasi pemisahan yang dilakukan di RSCM Jakarta Pusat. Pihak rumah sakit yaitu dokter Aryono Hendarto yang merupakan Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), menjelaskan kondisi terkini bayi kembar siam Safira dan Saqira setelah menjalani operasi.

Bayi kembar Safira dan Saqira tidak membutuhkan lagi obat khusus usai operasi pemisahan, menurut Aryono.

bayi-kembar_20160722_182700

“Sementara ini, tidak terdapat obat-obat khusus yang dipakai sistem di dilivernya. Nutrisinya pun terpantau baik dan masih diberikan nutrisi melalui pembuluh darah.” Ujar Aryono ketika ditemui saat konferensi pers di Gedung URJT Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2016).

Dirinya mengatakan masih terus memantau kondisi perkembangan bayi yang memiliki kasus penyatuan hati tersebut.

“Ya seperti pada umumnya pasien-pasien pasca operasi, apalagi ini adalah operasi bayi kembar, tentu saja pemantauan status inversinya menjadi suatu hal yang sangat penting” jelasnya.

Baca Juga  Metode Baru Gunting Molekuler Pengobatan HIV AIDS

Pihaknya pun turun memberikan antibiotic kepada bayi kembar perempuan tersebut.

“Hingga kini, alhamdulilah masih dapat terkontrol dan kami telah memberikan antibiotic,” katanya.

Sebelumnya, diketahui dari hasil pemeriksaan bayi Safira dan Saqira ditemukan dua hari yang menyatu serta terdapat beberapa pembuluh darah yang melintang, namun masing-masing hati tersebut masih dapat berfungsi.

Pihak dokter menjelaskan tidak ada masalah lain yang diderita pada kedua bayi ini, karena seluruh organ yang dimiliki si bayi kembar siam tersebut tanpa masalah, kecuali hati dan pembuluh darah yang melintang.

Kasus ini terbilang langka dari kasus-kasus sebelumnya yang pernah ditangani pihak rumah sakit. Biasanya hati itu hanya pembuluh darah kecil yang bersatu, dari kasus ini dijumpai 3 pasang pembuluh darah besar yang saling menyilang.

“Nah untuk pasien ini, pembuluh darahnya crossing atau melintang atau menyeberang ke bayi yang sebelahnya, dan kami menjumpai sekitar 3 pasang pembuluh darah besar saling menyilang,” ujar Sastiono dokter RSCM.

Dokter Sastiono menyebutkan masalah utama pada bayi ini adalah dua hati yang pada bagian tengahnya menyatu.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Komedo Inilah Cara Alami Dan Cepat
Tags:

Related to: Bayi Kembar Siam Safira Dan Saqira Sedang Menjalani Operasi Pemisahaan Di RSCM