Bayi Prematur Dapat Lebih Pintar Apabila Di Beri ASI Selama Sebulan

August 2, 2016

Pada sebuah penelitian baru-baru ini mengabarkan bahwa bayi yang lahir prematur yang diberikan ASI selama satu bulan pertama akan berpotensi memiliki IQ yang lebih tinggi dari bayi biasa. Memang kabar ini sungguh mencengangkan karena pada bayi yang prematur memiliki tingkat sensitif yang tinggi. Pada penelitian tersebut juga memberikan informasi bahwa volume otaknya memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran otak bayi biasanya. Dari sisi daya ingat, memori, dan fungsi motoriknya akan lebih baik dari bayi pada umumnya.

Bayi Prematur

Ilustrasi Bayi prematur

Penelitian tersebut yang masuk dalam The Journal of Pediatrics meneliti sekitar 180 bayi prematur yang dipantau sampai usia tujuh tahun. Dari penelitian tersebut mengidentifikasi bahwa bayi prematur yang sudah menerima ASI lebih dari 50 persen dan mendapatkan asupan lain sampai umur 28 hari. Informasi tersebut diteliti sangat rinci karena menggunakan perangkat MRI scan pada setiap bayi dan melakukannya lagi setelah umur 7 tahun. Masih ditambah lagi dengan melakukan ujian analisis yang lebih lanjut untuk kemampuan kognitif termasuk membaca, perhitungan, perhatian, memori pekerjaan,bahasa, persepsi visual sampai tingkat IQ pada bayi tersebut.

Saat berusia 7 tahun menunjukkan perkembangan yang meningkat tajam dalam tes kognitif, daya ingat yang besar, dan tingkat IQ yang lebih tinggi. Pada anak prematur tersebut pada usia 7 tahun memiliki tingkat pemahaman matematika yang lebih tinggi dari yang lainnya. Memang ketika pertumbuhannya banyak diperhitungkan juga dari sisi lingkungan tumbuh, isu sosial, dan studi yang sudah dilakukan. Dalam penelitian ini memang banyak yang membahas tentang bayi prematur dan tidak membahas bayi yang lainnya sehingga belum diketahui apakah ada perbedaan yang tajam dari bayi prematur dengan bayi lainnya.

Baca Juga  Gatal Pada Bayi Berikut ini Cara Mengatasinya

Banyak ibu yang melahirkan bayi prematur dan masih kesulitan dalam memberikan ASI yang maksimal sehingga para ahli gizi sedang kebingungan dalam memberikan cara yang efektif memberikan ASI yang maksimal pada bulan pertama perkembangan. Banyak upaya yang sudah dilakukan dalam tahap mencari cara yang paling efisien agar bayi prematur mendapatkan ASI secara maksimal. Sebetulnya memang ada banyak sekali faktor yang mendasari para ibu tersebut tidak memberikan ASI secara maksimal sehingga mempengaruhi perkembangannya juga.

Pada bayi prematur yang dirawat dalam unit perawatan khusus atau NICU pada rumah sakit memang harus diberikan ASI secara intensif, cara tersebut difokuskan tidak hanya dari ibu dari bayi tersebut tetapi juga dari pihak keluarga dan rumah sakit. Dari cara tersebut akan terus mendukung pemberian gizi yang paling maksimal untuk bayi prematur tersebut.

Dari sisi perkembangannya memang memiliki perbedaan yang mendasar tetapi seperti bayi pada umumnya, perkembangan akan ditentukan juga dengan pemberian gizi yang maksimal pada bulan pertamanya. Walau orang tua sekarang yang banyak menggunakan susu formula karena lebih ringkas dan waktunya tidak terbuang lebih banyak. Namun begitu karena pemberian susu formula tidak memberikan gizi yang terlalu maksimal untuk bayi tersebut.

Baca Juga  Cara Diet Sehat Ikuti 6 Langkah Agar Berhasil Menjalaninya

Pada penelitian tersebut sangat membantu karena dalam perkembangan baik dari bayi prematur atau bayi normal tetap harus mendapatkan asupan gizi yang maksimal agar perkembangannya tidak ada masalah. Sejak diberitakannya kabar tersebut sekarang ini banyak menjadi buah bibir dari masyarakat dunia akan pentingnya memberikan asupan gizi tersebut ditambah lagi pada bayi yang prematur diberikan perhatian khusus agar perkembangannya selalu terpantau dengan baik.

Tags:

Related to: Bayi Prematur Dapat Lebih Pintar Apabila Di Beri ASI Selama Sebulan